Begini Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas, Dijamin Bisa Jadi Ide Bisnis Menjanjikan!

Kebanyakan orang pasti beranggapan bahwa barang bekas hanyalah sampah yang tidak memiliki nilai jual sama sekali. Alhasil, barang tak terpakai tersebut langsung dibuang di tempat sampah atau berserakan di gudang rumah. 

Padahal, jika mau berusaha dan sedikit menggunakan daya kreativitas, barang bekas tersebut dapat menjadi barang berharga dan laku di masyarakat. Bahkan, tak sedikit bukti yang menunjukkan bahwa membuat kerajinan dari barang tak terpakai dapat menjadi sumber rezeki yang menjanjikan. 

Selain banyak ditemui, modal yang diperlukan untuk menekuni usaha kerajinan tangan dari barang bekas ini juga sangat kecil. Namun, tergantung dari daya kreativitas dan kualitasnya, produk kerajinan tangan dari ‘sampah’ tersebut dapat laku dengan harga yang mahal. Tak hanya itu, dengan menggeluti dunia bisnis tersebut, pengrajin dari barang bekas juga turut membantu Bumi untuk memiliki masa depan yang lebih cerah. 

Nah, dengan banyaknya manfaat dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari mengolah barang bekas menjadi kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk mencoba terjun ke bidang bisnis tersebut. Tak perlu memulainya dari nol, berikut adalah bocoran cara kreatif membuat kerajinan tangan menarik berbahan dasar barang bekas.

Baca Juga: Hobi Crafting jadi Bisnis dengan Untung Jutaan Rupiah

Ide-Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

1. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

loader

Botol bekas menjadi salah satu jenis sampah yang sangat banyak berserakan di lingkungan. Bahkan, botol menjadi jenis sampah yang mungkin jumlahnya paling banyak di dunia saat ini. Oleh karena itu, tidak sulit untuk mencari botol bekas sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan yang menarik.

Karena bahannya yang terbuat dari plastik dan memiliki banyak ukuran, botol menjadi barang bekas yang cukup populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan. Pasalnya, botol bekas mudah untuk dibentuk dan dikreasikan menjadi karya seni atau barang praktis bernilai tinggi. Daripada penasaran, inilah tiga kerajinan tangan yang bisa diciptakan dari bahan botol bekas. 

  • Pot untuk Tanaman Hias

Melihat tanaman hias yang tertata apik di rumah memang dapat membuat penghuninya merasa betah. Namun, desain pot bunga yang terkesan monoton seringkali membuat taman menjadi kurang menarik. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkreasikan pot bunga dengan menggunakan botol bekas. 

Tak butuh modal banyak, membuat banyak pot bunga yang unik dari botol bekas bisa dilakukan dengan modal kurang dari 50 ribuan saja. Yang penting, pengrajin botol bekas harus memiliki cutter dan juga cat akrilik agar pot tanaman tersebut terlihat lebih menarik. 

Desain pot yang bisa dikreasikan juga beragam. Mulai dari bentuk kepala hewan, gambar kartun, ataupun bentuk menarik lainnya. Nah, tergantung dari seberapa menarik desain pot yang dibuat dari botol bekas, kerajinan tangan tersebut bisa dijual dengan harga mulai 5 ribu hingga 30 ribu Rupiah berbuahnya.

  • Tempat Penyangga Charger Ponsel

Beberapa orang pasti pernah kebingungan saat akan mencharge smartphone tapi stop kontak yang ada terlalu tinggi. Alhasil, ponsel pun bisa jadi lowbat dan tidak dapat digunakan untuk keperluan yang mungkin saja penting.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada solusi yakni dengan membuat sendiri penyangga charger ponsel menggunakan botol bekas ini. Sama dengan cara pembuatan pot bunga, tempat penyangga ini hanya membutuhkan alat berupa cutter dan juga cat akrilik yang membutuhkan modal kurang dari 50 ribu Rupiah saja.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan memotong botol bekas sesuai dengan ukuran smartphone yang diinginkan. Kemudian, buat lubang sesuai dengan ukuran dan lokasi lubang charger pada smartphone. Barulah tempat penyangga tersebut dihias dengan semenarik mungkin dan dijual dengan harga mulai dari 5 ribu sampai 20 ribu Rupiah per buahnya.

  • Wadah untuk Alat Tulis Kantor

Selain untuk pot bunga dan tempat penyangga charger, botol bekas juga bisa dikreasikan menjadi wadah untuk alat tulis kantor atau ATK. Kebutuhan akan wadah khusus untuk menempatkan alat tulis secara praktis ini tentu sangat membantu pekerja kantoran yang sibuk. Dengan desain yang menarik, rasa penat juga tidak akan rentan dirasakan.

Masih sama, alat yang dibutuhkan untuk membuat wadah ATK adalah cutter dan cat akrilik seharga 30 ribuan saja. Caranya pun mudah, yaitu dengan melubangi botol bekas pada bagian atas dan bawah dengan ukuran lubang yang bawah lebih besar. Kemudian, lapisi botol bekas tersebut dengan cat berwarna putih dan setelah kering bisa dibuat gambar-gambar menarik sesuai selera.

Pastinya, semakin bagus gambar pada wadah tersebut, semakin mahal pula harga jualnya. Bukan tidak mungkin satu kerajinan tangan tersebut bisa menghasilkan untung berkali-kali lipat dengan harga jual mulai dari 5 ribu sampai 15 ribuan saja. 

2. Kerajinan Tangan dari Tutup Botol

loader

Tak hanya botol bekas, ternyata tutup botolnya saja juga dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang bisa dijual. Salah satu contoh kerajinan dari tutup botol adalah kalender yang estetik. Untuk bisa membuat kalender dari barang bekas ini dibutuhkan setidaknya 50 tutup botol, stik es krim, dan kaleng bekas.

Selain itu, magnet, lem atau double tape, cat air, serta spidol yang kesemuanya seharga kurang dari 40 ribu juga dibutuhkan untuk mempercantik kalender dari barang bekas ini. Tidak ribet, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat kalender ini adalah mewarnai tutup botol dengan cat air. 

Setelah itu, tulis nomor 1 hingga 31, Senin hingga Minggu, serta Januari hingga Desember dengan spidol warna agar tampak menarik. Kemudian, tempelkan tutup botol dengan angka 1, 8, 15, serta 22 ke batang es krim dan seterusnya dengan kelipatan yang sama hingga terdapat tujuh batang es krim. Pasang magnet pada masing-masing stik es krim tersebut 

Lakukan hal yang sama pada tutup botol dengan tulisan hari dan bulan dan susun tiap batang es krim tanggal dan hari sesuai dengan kalender tahun yang dibuat. Sedangkan untuk yang bertuliskan bulan, susun salah satu batang es krim pada pinggir kaleng dan masukkan pada kaleng nama bulan yang tidak terpakai.

Pasang pula magnet pada permukaan kaleng agar magnet pada batang es krim dapat menempel. Terakhir, hias kaleng dan beri gambar bila perlu agar kerajinan tangan tersebut memiliki harga jual yang lebih tinggi. Bukan tidak mungkin hasil kerajinan tangan tersebut dapat laku terjual dengan harga hingga 80 ribu sampai 100 ribu Rupiah. 

3. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

loader

Sumber: furniturerumahtop.blogspot.com

Sama halnya dengan botol bekas, kardus juga barang bekas yang cukup mudah ditemukan. Kebanyakan memang diloakkan untuk menghasilkan Rupiah. Namun, ada kesempatan meraup untuk lebih besar jika menyulap barang bekas tersebut sebagai karya menarik. 

Salah satu yang unik adalah membuat rumah atau tempat bermain bagi kucing peliharaan. Hanya dengan modal sekitar 40 ribu untuk membeli jarum pentul dan selotip, serta kardus dan baju bekas, impian memberikan taman bermain kucing ala-ala bukan jadi isapan jempol belaka.  

Cukup gampang, rumah kucing dari kardus bisa dibuat dengan merekatkan sisi kardus yang tertutup menjadi satu menggunakan selotip. Kemudian, gunakan baju bekas sebagai penutup sisi kardus yang terbuka dan menjadi pintu masuk pagi kucing. Rekatkan bagian baju yang menempel kardus dengan jarum pentul dan rapikan bagian baju yang mencuat keluar agar kucing bisa masuk dengan mudah. 

Meski biasanya rumah kucing dari kardus bekas ini hanya untuk peliharaan sendiri, bukan berarti tidak memiliki potensi untuk dijual. Karena jika rumah kucing hasil kerajinan tangan dari kardus bisa dibuat dengan menarik, harga jualnya juga akan mencapai ratusan ribu Rupiah. Jadi, cukup menguntungkan, bukan?

4. Kerajinan Tangan dari Sedotan 

loader

Sedotan juga menjadi barang bekas yang banyak berserakan dan dibuang begitu saja setelah dipakai. Jumlahnya yang banyak serta mudah untuk diolah membuat sedotan bekas menjadi salah satu bahan populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan dan laku di pasaran.

Dengan menggunakan sedotan bekas, Anda bisa membuat bunga plastik yang terlihat berwarna seperti kembang api. Cuma butuh modal kurang dari 5 ribu untuk membeli kertas krep dan isi lem tembak, kerajinan tangan tersebut bisa dijual dengan harga paling murah 10 ribu Rupiah.

Cara pembuatannya pun sederhana, yaitu dengan menyayat salah satu ujung sedotan sehingga berbentuk runcing. Gulung dan rekatkan ujung sedotan tersebut menggunakan lidi dan jadikan lidi tersebut sebagai tangkai yang menyerupai bunga mawar. Agar tampilan bunga lebih menarik dan realistis, buat juga dedaunan kecil menggunakan sedotan berwarna hijau. 

Ulangi langkah diatas hingga sedotan menyerupai rangkaian atau bahkan buket bunga. Tergantung dari banyaknya bunga dan kreativitas yang dimiliki, kerajinan tangan dari sedotan bekas tersebut tentu dapat laku terjual dengan harga yang lebih tinggi. Jadi, maksimalkan daya kreativitas yang dimiliki.

Baca Juga:  Cara Mengajari Anak Berbisnis Sejak Kecil

Modal Kecil Untung Besar dengan Mengkreasikan Barang Bekas Jadi Kerajinan Tangan

Banyaknya barang bekas yang bisa didapatkan secara cuma-cuma membuat bisnis kerajinan dari barang tersebut memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Asalkan memiliki kreativitas yang mumpuni, siapapun tentu dapat meraup pundi-pundi Rupiah berlimbah dari menggeluti bisnis tersebut. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja coba merintis bisnis membuat kerajinan tangan dari barang bekas seperti contoh di atas.

Baca Juga:  10 Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga