Begini Cara Menolak Tawaran Kerja Agar Citramu Tetap Baik

menolak pekerjaan  

Salah satu hal yang sering dilakukan fresh graduate adalah mengirimkan lamaran sebanyak mungkin pada lowongan kerja yang memenuhi kriteria. Semakin banyak mengirim lamaran, semakin besar pula peluang kamu terjaring seleksi. 

Setelah proses rekruitmen yang panjang dan cukup lama, akhirnya kamu diterima di sebuah perusahaan. Tapi bagaimana jika perusahaan lainnya juga memberikan kesempatan untuk kamu bergabung dengan mereka? 

Bisa saja kamu ditawari pekerjaan yang sesuai passion, tapi gaji yang ditawarkan tidak sesuai ekspektasi. Atau mungkin kamu ditawari posisi yang berlainan dengan yang kamu lamar tapi dengan pertimbangan gaji yang lebih dari ekspektasimu.  

Banyak pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk menerima tawaran bergabung dengan suatu perusahaan. Setelah mempertimbangkan banyak hal, barulah kamu bisa memutuskan untuk bergabung dengan salah satu perusahaan.

Bagaimana dengan tawaran dari perusahaan lainnya? Meskipun kamu menolak tawaran tersebut, kamu harus tetap menjaga nama baikmu. Kamu bisa menolak tawaran perusahaan secara sopan dengan memperhatikan hal berikut:

1. Beri Kepastian Secepatnya

Sebelum menentukan untuk menerima tawaran pekerjaan, kamu memang butuh mempertimbangkan beberapa hal. Tidak hanya sekali, kamu perlu berulang kali pertimbangan untuk memastikan hal ini. 

Jika kamu sudah yakin untuk menolak, sampaikan segera pada perusahaan. Kamu bisa menghubungi orang dari pihak perusahaan yang pernah mengundangmu untuk interview.

Jangan membuang-buang waktu perusahaan, usahakan untuk menyampaikan kabar tersebut sebelum waktu kerja yang sudah disetujui. Dengan begitu, perusahaan bisa secepatnya mencari kandidat lain. 

2. Tunjukkan Penghargaan dengan Mengatakan Terima Kasih

Bagi perusahaan, proses rekruitmen juga tidak mudah. Mereka menghabiskan waktu berhari-hari agar bisa membaca CV-mu dan pelamar lainnya. Lebih dari itu, tim HRD perusahaan bisa saja mencari tahu informasi lebih jauh melalui akun media sosialmu.

Belum selesai sampai di situ, setelah dirasa memenuhi syarat, kamu dan kandidat lain akan dipanggil untuk interview. Proses yang panjang dan cukup melelahkan bukan?

Walaupun kamu menolak, sebaiknya sampaikan rasa terima kasih atas waktu dan kesempatan yang mereka berikan.  Kamu juga perlu menambahkan bahwa kamu sangat terbuka untuk kesempatan lain di masa yang akan datang. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Jujur, Berikan Alasan yang Jelas

Ketika menolak tawaran pekerjaan, berikan alasan yang jelas. Jangan pernah anda melakukan penolakan tanpa disertai adanya alasan. 

Sampaikan alasan yang jelas dan jujur. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan cara penyampaian yang tepat. Walaupun kamu menolak, jangan pernah memberi pernyataan yang  menjelekkan citra perusahaan. 

Jika menurut kamu pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai, beri penjelasan pada mereka bahwa pekerjaan tersebut belum sesuai dengan minat dan tujuan karirmu.

Jika kamu tertarik dengan posisi tersebut tapi gaji yang diberikan tidak sesuai ekspektasi, sampaikan secara singkat dan jelas. Bisa jadi mereka akan membuka negosiasi denganmu.

4. Pahami Perjanjiannya

Jika kamu sudah menandatangani dokumen perjanjian kerja, semakin kecil peluangmu untuk mundur. Sebaiknya, perhatikan kembali isi perjanjiannya. Pastikan tidak ada sanksi yang timbul jika kamu membatalkan perjanjian kerja dengan perusahaan tersebut.

Baca Juga: 8 Tips Mengurangi Gangguan Kerja Saat Berada di Kantor 

5. Jika Memungkinkan, Lakukan Negosiasi

Sebelum mundur dari suatu pekerjaan, pastikan kamu memahami apa tujuanmu lebih memilih mundur dan memilih pekerjaan pada perusahaan. Lakukan negosiasi dengan perusahaan. 

Apakah kamu bersedia jika perusahaan menawarkan gaji yang lebih tinggi atau menawarkan fasilitas yang yang lebih banyak? Jika kamu tetap memilih untuk mundur dari pekerjaan saat ini, sesegera mungkin katakan hal tersebut. 

6. Pastikan Kamu Menolak dengan Sopan

Ketika kamu menolak pekerjaan dari suatu perusahaan, bukan berarti kamu putus hubungan dengan perusahaan tersebut.  Ada kemungkinan perusahaan tempatmu bekerja sekarang akan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang kamu tolak. Atau mungkin perusahaan tersebut membuka pekerjaan yang sangat kamu impikan dimasa mendatang. 

Dunia kerja sangat dinamis dan cepat berkembang. Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Jadi pastikan kamu menolak dengan sopan, sehingga kamu akan tetap punya reputasi yang baik jika masih ingin bergabung di lain kesempatan 

7. Sampaikan Langsung Keputusanmu

Menyampaikan keputusanmu secara langsung, menunjukkan bahwa kamu bersikap profesional dan mengapresiasi perusahaan. Kamu bisa mendatangi langsung dan menyampaikan keputusanmu pada mereka yang melakukan interview denganmu.

Jika sekiranya bicara langsung tidak mungkin, coba sampaikan hal tersebut melalui telepon. Gunakan Bahasa yang baik, santun dan jelas. 

Jika masih tidak mungkin, kamu bisa menyampaikannya melalui email. Sampaikan maksud dan tujuanmu dengan baik dan jangan lupa mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kantuk Saat Bekerja

 

Tidak Ada Salahnya Menolak Tawaran Kerja Untuk Citramu

Nah, itu tadi cara menolak tawaran pekerjaan dengan sopan. Jangan sampai kamu menolak pekerjaan dengan menyinggung peruhaan yang bersangkutan. Jangan diam saja jika ditawari pekerjaan tapi belum bisa bilang iya.

Baca Juga:  Selain Belajar, Lakukan 3 Hal ini Saat Kuliah Agar Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus