Beli Reksa Dana ‘Online’ Gampang, Pilih di Sini biar Cuan

Reksa dana merupakan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat (investor) dan akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. Reksa dana didesain untuk memudahkan para investor lokal melakukan investasi dengan modal terbatas.

Namun, ada satu hal yang harus ditekankan bahwa membeli reksa dana tidak akan membuat investor mendapat keuntungan dalam waktu singkat, karena pada dasarnya prinsip investasi adalah jangka panjang. Jika keuntungan yang diharapkan hanya untuk jangka pendek, maka sebutannya perdagangan (trading) saham.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Modal Investasi Reksa Dana Kecil

Jangka Waktu Investasi Reksa Dana
Modal kecil investasi reksa dana

Investasi pada reksa dana bahkan bisa dimulai dengan Rp10.000. Pembelian reksa dana seharga itu bisa dilakukan secara daring (online). Biar makin yakin dan cuan dalam berinvestasi reksa dana, pahami hal berikut ini.

1. Mudah karena Setiap Aktivitas Dilakukan secara Online

Di era teknologi internet yang berkembang pesat sangat memudahkan manusia dalam mengakses berbagai hal. Begitu juga dengan membeli reksa dana yang bisa dilakukan melalui ponsel pintar (smartphone) semua orang.

Tanpa perlu mengantre dan mengisi berkas-berkas serta membeli materai, cukup melakukan verifikasi data yang terdiri dari nomor KTP, nama serta nomor rekening, dan ada beberapa platform pembelian reksa dana yang menambahkan persyaratan dengan mengunggugah foto selfie sambil memegang KTP.

2. Lebih Simpel Dibanding Trading’ Saham secara Mandiri

Banyak yang bilang jika trading saham memberikan keuntungan sangat besar. Namun, jangan lupakan juga jika akan ada risiko besar pula dalam dunia trading saham.

Maka dibutuhkan ilmu yang mumpuni dalam melakukan trading agar terhindar dari risiko kerugian besar. Reksa Dana bisa dijadikan sebagai solusi untuk investor pemula agar terhindar dari risiko investasi.

Investor pemula bisa memanfaatkan keahlian manajer investasi untuk mengelola keuangan yang dimiliki. Oleh karena itu, pilihlah manajer investasi yang memiliki performa baik.

3. Gampang Mendapatkan Informasi

Apabila sudah terdaftar dalam platform jual beli reksa dana, kamu akan mendapatkan beragam informasi yang akan dikirimkan melalui inbox email terdaftar. Informasi yang dikirimkan biasanya tidak hanya tentang perkembangan investasi, tapi juga tentang update perkembangan ekonomi yang wajib diketahui investor.

4. Reksa Dana Memiliki Likuiditas Tinggi

Jika dibandingkan dengan investasi properti, likuiditas reksadana jauh lebih tinggi. Investor bisa melakukan pencairan dana sewaktu-waktu jika ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Biasanya proses pencairan dana dilakukan selama 2 hari kerja, namun ada beberapa platform yang melakukan proses pencairan dalam hitungan jam.

Baca Juga: Ini 8 Alasan Investasi Reksa Dana Lebih Baik dari Emas

Di Mana Beli Reksa Dana 'Online'?

Investasi Reksa Dana
Ilustrasi investasi secara daring

Sekarang, tinggal pilih mau beli reksa dana secara daring di mana saja. Berikut adalah pilihan beli reksa dana ‘online’ yang bisa jadi pilihan untuk raup untung dari investasi.

1. Beli Reksa Dana ‘Online’ di IpotFund

IpotFund didirikan oleh PT Indo Premier Sekuritas. Platform ini banyak dipilih karena tidak terlalu ribet dan sangat ramah jika digunakan untuk investor pemula.

Modal awal yang digunakan dalam Ipot sama seperti Bareksa, yaitu sebesar Rp100.000. Ipot memiliki komitmen “sepenuhnya berada di sisi client”, sehingga bebas biaya transaksi pembelian dan penjualan reksadana.

2. Beli Reksa Dana ‘Online’ di Invisee

Invisee merupakan platform yang diciptakan oleh PT Nusantara Sejahtera Investama. Invisee mengantongi izin APERD dari OJK sejak 25 November 2016.

Goal Planner merupakan salah satu fitur unggulan dari Invisee. Goal Planner secara otomatis akan menggolongkan karakteristik investor sesuai targetnya. Pembelian reksa dana di platform ini dimulai dengan modal Rp10.000 dan waktu proses hanya berkisar 2-7 hari.

3. Beli Reksa Dana 'Online' di Bareksa

Bareksa merupakan platform reksa dana pertama di Indonesia, didirikan oleh PT Bareksa Portal Investasi pada tahun 2013. Nilai investasi minimal yang bisa dilakukan mulai dari Rp.100.000.

Reksa dana yang disediakan sangat beragam mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, penyertaan terbatas, indeks dan ETF, terproteksi, DPLK, serta DIRE. Info reksa dana yang disediakan juga lengkap, mulai dari kategori reksa dana, dana yang dikelola, mata uang yang digunakan serta performa reksa dana.

4. Beli Reksa Dana ‘Online’ di Poems ProFound

Platform ini merupakan inisiasi dari Phillip Sekuritas Indonesia. Platform ini menyediakan 122 produk reksadana. Investasi minimal pada platform ini sebesar Rp.50.000.

Platform ini termasuk sebagai platform yang ramah bagi investor pemula. Setiap informasi mengenai biaya komisi, return, dan nilai aktiva bersih disampaikan secara gamblang dan mudah dipahami.

5. Beli Reksa Dana ‘Online’ di TanamDuit

Platform ini diluncurkan oleh PT Star Mercato Capitale dengan target pasar generasi milenial sebagai penggunanya. Sejak mendapat lisensi APERD (Agen Penjual Reksadana) dari OJK pada September 2017, TanamDuit menambah produk reksa dananya secara berkala.

Modal awal yang diperlukan untuk investasi sebesar Rp50.000. Waktu yang diperlukan untuk proses jual-beli ini hanya 2 hari (reksa dana pasar uang) dan 7 hari (reksa dana pendapatan tetap, campuran dan saham). Selain produk reksa dana, TanamDuit juga menyediakan investasi Saving Bond Ritel (investasi SBR) yang dinaungi oleh Minna Padi Sekuritas.

6. Beli Reksa Dana ‘Online’ di BukaReksa

BukaLapak sebagai platform e-commerce karya anak bangsa tidak hanya menjadi fasilitator dalam pemenuhan kebutuhan konsumtif, tetapi juga sebagai penyedia fasilitas untuk investasi.

Melalui fitur BukaReksa, BukaLapak menyediakan layanan pembelian reksadana dengan modal awal sebesar Rp10.000. BukaReksa menyediakan 20 produk reksadana yang terdiri dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan juga saham.

7. Beli Reksa Dana ‘Online’ di Tokopedia

Hampir serupa dengan BukaReksa, Tokopedia juga menyediakan fasilitas pembelian reksa dana yang dimulai dengan modal Rp.10.000. Tapi Tokopedia lebih fokus pada reksa dana pasar uang dari Syailendra Dana Kas. Pada tahun 2017, Syailendra Dana Kas meraih predikat reksa dana pasar uang terbaik di bawah 1 tahun versi APRDI.

Baca Juga: Tips Jitu Investasi Reksa Dana bagi Pemula

Kenali Platformnya Sebelum Beli Produk Reksa Dananya

Investasi Untung
Ilustrasi ambil untung dari investasi

Meskipun investasi dalam bentuk reksa dana sedang marak selama beberapa tahun ini, tapi tetaplah berhati-hati membeli reksa dana secara online. Apalagi di zaman yang serba teknologi ini, penipuan juga bisa dilakukan dengan mudah.

Tips paling efektif untuk mengetahui keamanan platform adalah dengan memerhatikan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan jika izin tersebut benar-benar asli dan platform jual beli reksa dana secara resmi terdaftar di OJK.

Baca Juga: Punya Investasi Reksa Dana? Ini Cara Lapor Reksa Dana dalam SPT Pajak