Belum Punya Budget tapi Ingin Berlibur? Ini Tipsnya

Berlibur menjadi salah satu cara untuk mengembalikan semangat kerja dan juga kualitas hidup. Liburan akan membuat Anda berhenti sejenak dari rutinitas kerja yang melelahkan. 

Anda bisa beristirahat dan membuat pikiran dan tubuh fresh kembali. Idealnya liburan ini Anda nikmati secara berkala, sesuai dengan kesibukan yang dimiliki. Namun, bagaimana jika ternyata Anda tidak memiliki budget untuk kebutuhan yang satu ini?

Ingin berlibur namun belum memiliki uang, hal ini tentu akan membuat perjalanan terhambat. Namun tidak usah kecewa dulu, Anda tetap bisa menikmati liburan meski belum memiliki budget untuk kebutuhan ini. 

Jika sudah merasa sangat penat dan membutuhkan liburan, maka jangan selalu menundanya. Segera rencanakan perjalanan liburan dengan baik, sehingga bisa melakukan perjalanan ini secepatnya. 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan meski belum memiliki uang: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan lokasi yang tepat

loader

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi liburan nantinya. Lokasi liburan ini akan sangat menentukan kualitas liburan itu sendiri, maka pilihlah lokasi yang tepat sejak awal. 

Pada dasarnya, liburan tidak harus pergi jauh-jauh hingga keluar pulau, sebab Anda bahkan bisa saja menikmati liburan yang berkualitas di kota-kota terdekat. 

Liburan seperti apa yang diinginkan dan berapa lama waktu yang dimiliki untuk berlibur? Kedua pertanyaan di atas tentu akan membantu Anda menentukan lokasi liburan yang paling tepat dan tentunya sesuai dengan waktu libur yang Anda miliki. 

Selain itu, pemilihan lokasi liburan ini juga tentu akan sangat berkaitan dengan jumlah biaya yang dibutuhkan. 

Jika memilih perjalanan liburan yang jauh, maka sudah tentu Anda akan membutuhkan budget yang besar. Hal ini tentu tidak akan sesuai dengan kondisi keuangan. 

Pastikan memilih lokasi liburan yang paling tepat dan sesuai dengan waktu dan perkiraan budget yang akan digunakan selama perjalanan tersebut. 

2. Tentukan transportasi yang akan digunakan

Jika telah memilih lokasi yang tepat, maka Anda sudah bisa memilih moda transportasi yang akan Anda gunakan nanti. 

Hal ini juga berkaitan dengan waktu liburan yang dimiliki, termasuk budget yang akan digunakan selama liburan nanti. Jika hanya memiliki waktu yang terbatas untuk berlibur, maka bepergian menggunakan pesawat tentu menjadi pilihan tepat.

Namun jika ternyata tujuan terbilang dekat, maka menggunakan kereta juga bisa menjadi pilihan. Misalnya, Anda akan berlibur dari Jakarta menuju Jogja selama 3 hari, maka bisa menggunakan kereta malam yang hanya membutuhkan perjalanan sekitar 7 jam saja. 

Ini tentu akan lebih hemat, jika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan pesawat. Pilih transportasi yang tepat sejak awal, agar perjalanan Anda lancar dan nyaman. 

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

3. Pilih penginapan

loader

Saat Anda telah menentukan tujuan dan juga moda transportasi yang akan digunakan, maka dilanjutkan dengan memilih penginapan selama liburan. Jika akan bepergian ke destinasi liburan yang populer seperti Jogja atau Bali, maka tentu akan menemukan banyak sekali pilihan. Anda bisa menginap di hotel atau bahkan di homestay yang biayanya begitu terjangkau. 

Untuk mendapatkan harga terbaik, Anda bisa memanfaatkan promo maupun diskon yang banyak ditawarkan saat ini. Temukan berbagai penawaran menarik ini dengan mudah secara online, baik itu melalui situs perjalanan maupun berbagai fasilitas pembayaran yang digunakan. 

Selain menghemat biaya, penawaran ini juga akan memungkinkan Anda mendapatkan penginapan yang nyaman selama liburan. 

4. Manfaatkan Pay Later

Setelah melakukan ketiga langkah di atas, maka Anda tentu sudah memiliki gambaran biaya liburan. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menyiapkannya. Namun selain ketiga poin diatas, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya makan dan yang lainnya juga dengan cermat. 

Jika semua biaya sudah dihitung dengan baik, maka waktunya untuk menyiapkan dananya. Manfaatkan paylater untuk membiayai perjalanan liburan. 

Saat ini ada banyak agen perjalanan dan juga marketplace yang menyediakan layanan yang satu ini. Caranya mudah, Anda bisa mengakses layanan yang satu ini dengan mudah melalui situs resmi mereka. 

Ajukan pay later Anda dan manfaatkan layanan tersebut untuk membiaya liburan. Namun jangan lupa, rencanakan dan bayar seluruh tagihan pay later ini dengan baik dan tepat waktu. 

Baca Juga: Ini Rahasia Waktu Terbaik Dapatkan Tiket Pesawat Murah

Rencanakan dan Nikmati Liburan Berkualitas dengan Pay Later 

Bagi yang ingin berlibur namun belum memiliki budget, Anda bisa memanfaatkan pay later. Segera rencanakan liburan dan hitung budgetnya dengan tepat. Hal ini akan memudahkan Anda menikmati liburan yang berkualitas dan bisa membuat pikiran serta tubuh kembali fresh untuk menjalani rutinitas. 

Baca Juga: Apa Saja Untung Rugi Pakai Kartu Kredit untuk Liburan?