Bercitarasa Lezat, Ternyata Buah Rambutan Menyimpan Segudang Manfaat

Tinggal di daerah tropis, masyarakat Indonesia tentu tidak kesulitan untuk menemukan buah dengan tampilan yang menarik ini. Ya, rambutan adalah salah satu jenis buah yang hanya dapat tumbuh dan berkembang di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Rambutan juga menjadi buah yang populer di kalangan masyarakat karena memiliki bentuk yang seperti rambut dan mampu memanjakan lidah.

Selain mempunyai rasa yang lezat, buah ini juga dikenal baik untuk dikonsumsi oleh pria dan juga wanita. Baik anak-anak maupun orang dewasa pun disarankan untuk rutin mengonsumsi buah rambutan. Alasannya karena rambutan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan yang jarang diketahui orang. 

Kandungan yang dimiliki meliputi serat, mineral, dan juga vitamin yang penting dibutuhkan oleh tubuh. Merangkum laporan dari Healthline, dalam 100 gram buah rambutan, setidaknya terkandung 1,3 hingga 2 gram serat di dalamnya. Seperti yang sudah banyak diketahui, serat mampu memberikan kesehatan bagi tubuh, khususnya untuk organ pencernaan.

Lantas, apa saja manfaat rambutan untuk kesehatan dan kecantikan? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Mengonsumsi Buah Apel Setiap Hari Dapat Menghindarkan Diri dari Bertemu Dokter!

9 Manfaat Rambutan

buah rambutan

  1. Menjaga Jantung agar Tetap Sehat

    Rambutan memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat asupan vitamin dalam tubuh tercukupi, sudah dapat dipastikan tubuh memiliki tingkat kesehatan yang tinggi. Salah satu kandungan vitamin yang banyak dimiliki adalah vitamin C.

    Karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi, buah rambutan dipercaya ampuh dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, vitamin C dalam tubuh dapat berperan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Dengan terjaganya kesehatan dari pembuluh darah, risiko munculnya penyakit jantung akan menjadi jauh lebih kecil. 

    Tidak hanya itu, kandungan vitamin C tersebut juga dipercaya mampu memperbaiki kerusakan yang telah terjadi pada dinding pembuluh darah. Dengan begitu, risiko seseorang dari ancaman serangan jantung juga dapat lebih diturunkan. 

  2. Menekan Risiko Penyakit Batu Ginjal

    Batu ginjal menjadi jenis penyakit yang dapat memberikan rasa sakit tak tertahankan pada bagian perut penderitanya. Proses penyembuhan penyakit ini juga seringkali hanya bisa dilakukan dengan cara operasi. Karenanya, bukankah lebih baik untuk mencegah terjadinya penyakit ini daripada mengobatinya?

    Nah, agar terhindar dari risiko penyakit batu ginjal, rutin mengonsumsi rambutan bisa jadi salah satu solusinya. Buah ini memiliki khasiat untuk menekan risiko terjadinya penyakit batu ginjal karena mengandung cukup banyak mineral. Fungsi mineral dalam buah rambutan tersebut adalah untuk mencegah kristal mineral untuk menggumpal.

    Penggumpalan kristal mineral itulah yang menjadi penyebab seseorang mengidap penyakit batu ginjal. Di sisi lain, rambutan juga memiliki kandungan fosfor yang berguna untuk menyaring racun yang ada di dalam tubuh.

  3. Menjamin Kesehatan Sistem Pencernaan

    Seperti yang telah sedikit dibahas sebelumnya, rambutan kaya akan kandungan serat yang penting untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi buah manis ini, sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar dan dapat mengeluarkan kalori dengan lebih mudah. 

    Hasilnya, buah ini juga ampuh dalam menurunkan berat badan berlebih. Rutin memakan buah rambutan juga membantu perut merasa kenyang lebih lama sehingga pola makan dapat lebih terjaga. Dengan begitu, bagi Anda yang berencana untuk melakukan diet, tidak ada salahnya untuk memasukkan rambutan ke dalam daftar konsumsi harian.

  4. Mencegah dan Mengobati Diabetes

    Cita rasa manis dan menyegarkan yang dimiliki oleh buah ini barangkali menjadi alasan utama mengapa buah tersebut banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Meski begitu, rasa manis dalam buah rambutan yang alami ternyata baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bagaimana bisa?

    Menurut sebuah studi yang dilakukan di China, rambutan terbukti memiliki kandungan fenolik. Kandungan fenolik tersebut diketahui dapat menekan kadar glukosa dalam darah. Sehingga, kadar gula dalam darah dapat terkontrol dan mencegah penyakit diabetes untuk kambuh kembali. 

  5. Dapat Menjadikan Tulang Lebih Kuat

    Khasiat rambutan dalam membuat tulang menjadi lebih kuat nyatanya tidak kalah dengan susu. Pasalnya, buah ini juga mempunyai kandungan yang dapat menyehatkan tulang seperti yang terkandung dalam susu. Dalam kata lain, rajin mengonsumsi buah rambutan mampu menjadikan tulang lebih kuat dan terhindar dari risiko osteoporosis.

    Tidak hanya itu, rambutan juga diketahui mengandung banyak zat fosfor. Di dalam tubuh, zat fosfor berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Jadi, agar tulang menjadi lebih kuat dan sehat, Anda dapat mengonsumsi buah ini sebagai selingan saat rutin meminum susu. 

  6. Mampu Menyehatkan Kulit

    Buah rambutan tidak hanya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun juga untuk meningkatkan kecantikan. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah berambut ini bermanfaat dalam membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda. Sebab, dalam buah tersebut terkandung banyak vitamin C yang mampu menjadikan kulit lebih lembab dan meningkatkan kadar kolagennya. 

    Manfaat rambutan untuk menyehatkan kulit tidak hanya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi daging buahnya saja. Melainkan, Anda juga dapat menghaluskan biji rambutan dan menggunakannya sebagai masker pada kulit. Dengan begitu, khasiat dari buah rambutan ini lebih cepat dirasakan oleh kulit.

  7. Membuat Rambut Nampak Sehat dan Kuat

    Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah rambutan tidak hanya berguna untuk menyehatkan kulit saja. Namun, kandungan nutrisi tersebut juga dapat digunakan untuk menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Saat kulit kepala terjaga kesehatannya, rambut juga akan menjadi lebih sehat dan kuat. 

    Selain itu, buah ini juga dapat mencegah terjadinya masalah kebotakan akibat rambut yang mudah rontok. 

  8. Menjadi Rahasia Kesuburan Kaum Pria

    Selanjutnya ada manfaat rambutan yang mungkin dicari oleh kebanyakan kaum pria. Ya, buah ini ternyata memiliki khasiat tersembunyi lain untuk menjaga kesuburan vitalitas dari kaum pria. Lagi-lagi berasal dari kandungan vitamin C, nutrisi tersebut dapat berguna untuk memengaruhi peningkatan banyaknya serta kualitas dari sperma.

    Khasiat yang satu ini barangkali dapat menjadi kabar gembira bagi pasangan suami istri yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Untuk itu, agar impian untuk bisa memiliki buah hati segera terwujud, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba menjadikan konsumsi sehari-hari agar kualitas sperma menjadi lebih baik. 

  9. Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

    Manfaat terakhir adalah mengatasi masalah morning sickness yang seringkali dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Morning sickness sendiri adalah sebuah gejala awam yang terjadi pada ibu hamil. Gejala morning sickness tersebut meliputi rasa pusing dan mual, serta tubuh menjadi lemas. 

    Ketika mengalami masalah tersebut, ibu hamil dapat mengatasinya dengan cara mengonsumsi buah rambutan. Sebab, buah berambut ini mengandung zat besi yang dapat meredakan rasa pusing dan mual, serta letih yang dirasakan oleh ibu hamil di pagi hari. 

    Selain itu, zat besi juga dapat bermanfaat untuk memberikan asupan hemoglobin yang amat penting dibutuhkan oleh ibu hamil. 

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Jangan Sia-Siakan Manfaat Rambutan agar Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Terjaga

Sama halnya dengan kebanyakan jenis buah lainnya, rambutan juga menyimpan segudang nutrisi penting untuk menjaga kesehatan. Baik pria dan wanita, dewasa maupun anak-anak, semuanya membutuhkan manfaat kesehatan dan kecantikan yang diberikan buah rambutan. Bahkan, rutin mengonsumsi buah ini mampu mencegah dan mengatasi beragam jenis penyakit kronis yang berisiko tinggi dalam mengancam nyawa seseorang. 

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan dan rasanya yang juga lezat, buah rambutan seakan tidak ada ruginya untuk dikonsumsi. Untuk itu, bagi Anda yang masih jarang mengonsumsi rambutan, mulai bangun kebiasaan untuk menyantap buah tersebut secara rutin.

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan