Berkenalan dengan Song Joong Ki, Bintang Hallyu yang Tampan, Tajir, dan Dermawan

Nama Song Joong-Ki telah menjadi salah satu hallyu star terkenal Korea Selatan. Tak hanya sukses sebagai aktor, pria kelahiran 19 September 1985 ini juga fasih berkiprah di dunia modeling. Multitalenta, Song Joong Ki bahkan dikenal andal menjadi presenter dan penulis buku. 

Piawai dalam seni peran, Song Joong Ki telah melakoni berbagai serial epic seperti A Werewolf Boy dan The Innocent Man di tahun 2012, hingga Arthdal Chronicles (2019). Meroketnya Descendants of the Sun (2016) yang ia lakoni membuat Song Joong Ki naik menempati posisi kedua dari daftar Korea Power Celebrity versi Forbes 2017. Sebelumnya, ia berada di peringkat ketujuh dalam list yang sama di tahun 2013.

Tak hanya populer, sang aktor juga tajir bukan main. Menurut wonderlist.com, nama Joong Ki termasuk ke dalam top ten aktor dengan income paling tinggi. Dikabarkan, ia dibayar lebih dari 50 ribu Dollar AS untuk syuting satu episode di drama yang dibintanginya.

Baca Juga: Song Song Couple, Pasangan Selebritis dengan Bayaran Termahal dan Aset Miliaran Rupiah

Skill Akting yang Menawan

Song Joong-Ki pertama muncul di layar kaca saat menjadi kontestan di KBS's Quiz Korea. Saat itu, acara TV tersebut memang tengah booming. Kemudian, pria yang pernah menjadi cover boy untuk majalah kampus bernama College ini bermain dalam Get Karl! Oh Soo Jung (2007) dan A Frozen Flower (2008).

Setahun kemudian, ia kembali membintangi Will It Snow for Christmas? dan Triple (2009). Di tahun 2010, namanya makin disorot ketika ia melakoni Sungkyunkwan Scandal. Aktingnya yang menawan kian terekspos publik.

Pada tahun yang sama, anak kedua dari tiga bersaudara ini juga menjadi salah satu member awal dari variety show terkenal, Running Man. Namanya pun kian melambung di industri perfilman Korea.

Menjadi Presenter Kawakan

Pada saat yang bersamaan, kariernya sebagai presenter pun ikut melaju. Pria dengan tinggi tubuh mencapai 178 cm ini rupanya terampil membawakan acara televisi.

Tercatat, kharismanya yang penuh pesona membuat Joong Ki Oppa menjadi host dan memandu sejumlah program acara. Salah satunya seperti KBS Music Bank periode tahun 2009-2010.

Makin sering wara-wiri di layar kaca, pria lulusan Bisnis Administrasi Universitas Sungkyunkwan tahun 2012 ini kian mendulang ketenaran. Apalagi waktu itu, ia juga bermain dalam sebuah drama medis berjudul OB & GY serta sekuel Hearty Paws 2.

Berhasil Mencapai Puncak Karier

Sejak debut perdananya sebagai aktor, Sunbaenim yang satu ini telah berhasil membintangi deretan serial drama keren. Ia dengan apik telah melakoni Five Senses of Eros, Where the Truth Lies, Triple, My Fair Lady dan Will It Snow For Christmas? di tahun 2009.

Ia juga bermain dalam My Precious Child (2008-2009). Memasuki 2010, ia melakoni Hearty Paws 2, Obstetrics and Gynecology Doctors, dan sageuk Sungkyunkwan Scandal yang tersohor. Pesonanya yang memikat kian jadi sorotan sewaktu adegan bromance Joong Ki dengan Yoo Ah-in mewarnai drama historical tersebut.

Karier Song Joong-Ki terus memuncak dengan kesuksesan drama romantic comedy Tree With Deep Roots dan Penny Pinchers yang dilakoninya tahun 2011. Di tahun 2012, ia pun membintangi dalam The Grand Heist, The Innocent Man, dan A Werewolf Boy.

Dengan jam terbang yang semakin banyak, akting Joong Ki kian terasah dan cemerlang dalam Descendants of the Sun (2016), The Sound of Your Heart (2016-2017), dan Man to Man (2017).

Menangkan Banyak Penghargaan

Song Joong-Ki terus menorehkan prestasi yang memukau di industri perfilman. Diapresiasi banyak pihak, segudang penghargaan telah berhasil dikoleksinya.

Penampilannya dalam The Innocent Man (2012) membuat ia meraih penghargaan Top Excellence Award, 1st K-Drama Star Award. Pada tahun 2016, sang aktor mendapat predikat Aktor Terpopuler untuk Kategori Televisi dari Penghargaan Seni Baeksang. Raihan ini dicapainya berkat performa fantastisnya dalam Descendants of the Sun.

Ia juga meraih penghargaan Pasangan Asia Terbaik dari KBS Drama Award 2016, Best Couple Award, serta KBS Grand Prize 2016. Tidak hanya itu, Penghargaan Seni Baeksang pun telah ia kantongi untuk Kategori Televisi: iQiyi Star 2016 hingga Asia-Pacific Star Award 2016 pun berhasil diraihnya.

Sukses Sebagai Hallyu Star

Descendants of the Sun yang ia bintangi di tahun 2016 lalu telah mencetak sukses besar di wilayah Asia. Kesuksesan tersebut membawa nama Song Joong-Ki melejit.

Dengan fans mancanegara yang bertambah banyak, sang pemeran utama pun menjadi salah satu bintang Hallyu papan atas Negeri Ginseng. Hallyu atau Korean Wave sendiri merupakan term penyebaran kultur pop Korea dalam skala global di berbagai negara internasional.

Sejak dekade 90-an, Demam Korea ini membuat banyak orang jadi tertarik kepada negeri tersebut. Tak hanya tertarik untuk mengadopsi budayanya yang meliputi kuliner, fashion, makeup, lifestyle, dan kebiasaannya, tapi juga mempelajari dan menguasai bahasanya.

Menyadari daya jual dramanya sangat tinggi di negara lain, para sineas film dan drama korea pun menjadikan karya produksi mereka sebagai komoditas ekspor. Tak pelak, Hallyu pun menjadi fenomena sosial yang kini umum dijumpai di Indonesia.

Baca Juga: Deretan Drama Korea yang Bisa Dijadikan Inspirasi Temukan Karir Impian

Kisah Cinta Song Song Couple

Pada 31 Oktober 2017, Song Joong Ki mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi aktris cantik Song Hye Kyo. Diketahui sebelumnya, Song Song Couple sempat beradu akting dalam Descendants of the Sun. Pernikahan ini pun menghebohkan fans kedua belah pihak.

Sayangnya, rumah tangga Song Joong Ki Song Hye Kyo hanya berlangsung singkat. Alih-alih langgeng sampai akhir hayat, keduanya bercerai pada 22 Juli 2019. Perkawinan tersebut hanya bertahan sekitar 1,5 tahun. 

Sebelumnya, Song Song Couple diketahui sudah saling menyukai sejak lama, hingga akhirnya syuting bersama, berpacaran, dan menikah. Belakangan, aksi Joong Ki yang nekad merobohkan hunian mewahnya sempat menghebohkan massa. 

Diketahui, bangunan mewah senilai Rp132 miliar itu dibuat untuk dihuni oleh Song Joong Ki Song Hye Kyo. Hingga pada Maret lalu, sang aktor memutuskan untuk merombak total tempat tinggal yang harganya selangit tersebut.

Kabar yang beredar menyebutkan, Joong Ki melakukan hal itu karena ingin move on. Ia ingin terbebas dari bayangan mantan istri yang menghantui benaknya.

Berhati Malaikat Meski Dihujat

Punya fans segudang, penampilan Joong Ki tak pernah luput dari perhatian. Sudah bukan rahasia lagi jika publik Korea cenderung lebih mementingkan tampilan fisik idol mereka. Termasuk kepada Joong Ki, ia pun pernah dihujat haters perihal wajahnya.

Bintang film The Battleship Island (2017) dan Spaceship Victory (2020) ini pernah dituding telah lakukan operasi plastik. Bahkan, tampilan yang kini sudah tak sesuai lagi dengan julukannya, Baby Face itu dicibir habis-habisan. Beberapa pihak juga menudingnya telah melakukan filler di sejumlah bagian wajahnya. 

Haters seolah lupa bahwa Song Joong-Ki punya hati malaikat yang dermawan. Tak hanya tampan, sukses dan tenar, penulis buku Beautiful Skin Project (2010) ini kerap mengamalkan harta kekayaannya bagi yang membutuhkan.

Di tahun 2017 lalu, ia menjadi tenaga sukarela di Rumah Sakit Universitas Seoul dan menyumbangkan 87 ribu Dollar AS. Kemudian di tahun 2016, dana senilai 82 ribu Dollar AS disumbangkannya kepada Korea Childhood Leukemia Foundation.

Ia juga memberikan 100 juta Won (sekitar Rp1,1 miliar) kepada UNICEF. Sedangkan uang senilai 17 ribu Dollar AS pernah digelontorkannya untuk House of Sharing. Lalu di tahun 2015, ia lagi-lagi mengamalkan 10 juta Won (kurang lebih Rp1,2 miliar) sebagai sumbangan melalui UNICEF.

Terus Berkarya dan Bersinar

Setiap manusia tak lepas dari ketidaksempurnaan. Menjadi selebritas pun tak lantas membuat hidup seseorang kebal dari ujian. 

Meski pernah patah hati dan kerap dihujat, namun Song Joong Ki terus berbuat baik serta produktif dalam berkarya. Alih-alih menghiraukan kerikil kecil yang merintanginya, ditunjukkannya kualitas sang bintang dengan terus bersinar.

Baca Juga: Bikin Baper, 10 Drakor Paling Romantis Sepanjang Masa Ini Wajib Ditonton