Alasan Bermain Golf Disebut Sebagai Olahraga Orang Kaya

Golf merupakan salah satu olahraga yang dikenal secara global dan cukup memiliki banyak penggemar. Olahraga ini membutuhkan konsentrasi dan keakuratan untuk bisa memasukan bola ke dalam lubang dengan jarak yang berbeda-beda. 

Olahraga ini juga sering disebut sebagai olahraga santai karena tidak membutuhkan banyak gerakan. Namun, untuk bisa mahir bermain golf pun tidak mudah sehingga memerlukan latihan yang terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. 

Di sisi lain, banyak orang yang menganggap bahwa golf merupakan olahraga yang hanya dilakukan oleh golongan tertentu, seperti pejabat dan pebisnis. Tak heran jika golf disebut sebagai “olahraga orang kaya”.

Baca Juga: Sehatkan Jantung dengan Jenis Olahraga Ini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Alasan Bermain Golf Disebut Sebagai Olahraga “Orang Kaya”

loader

Bermain Golf

Lantas, benarkah bermain golf membutuhkan biaya besar dibanding dengan olahraga lainnya? Apa saja alasannya? Berikut 8 hal yang membuat golf menjadi olahraga mahal. 

  1. Biaya sewa lapangan yang mahal

    Salah satu faktor yang menyebabkan golfing mahal adalah karena olahraga ini memerlukan lahan yang luas. Tentunya, kebutuhan lahan ini membutuhkan biaya yang juga besar.

    Harga sewa lapangan pun beragam, mulai Rp900.000 hingga Rp20.000.000. Perbedaannya tergantung pada fasilitas yang ditawarkan, semakin lengkap akan semakin memerlukan biaya yang besar.

    Desain lapangan juga harus diperhitungkan dengan baik agar sesuai dengan kebutuhan golf, mulai dari perbukitan hingga lubangnya. Belum lagi perawatan rumput yang harus dijaga dengan baik agar tidak cepat rusak.

  2. Adanya green fee

    Green fee merupakan biaya atau tarif yang harus dibayarkan jika kamu ingin bermain golf di lokasi tertentu. Biaya ini digunakan agar dapat menggunakan fasilitas yang ada di lapangan golf, seperti untuk perawatan lapangan, fasilitas klub, dan layanan lainnya.

    Besaran green fee tergantung pada popularitas lapangan, tingkat kesulitan area, dan lokasinya. Green fee berlaku untuk satu putaran pertandingan. Namun, beberapa golf club juga menawarkan green fee dengan paket khusus, seperti harian dengan fasilitas yang lebih lengkap.

  3. Perlengkapan yang tidak murah

    Untuk bisa bermain golf. Kamu memerlukan perlengkapan yang tidak sedikit. Mulai dari tongkat golf, sarung tangan khusus, tee, penanda bola, sepatu, golf, serta aksesoris lainya.

    Harga setiap item pun tidaklah murah. Biasanya, harga satu paket stik golf mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp12.000.000. Jika ingin menyewa, kamu harus membayar mulai dari Rp250.000 untuk sekali bermain per orang.

  4. Olahraga yang sulit

    Bermain golf bukanlah olahraga yang mudah untuk dikuasai. Oleh karenanya, dibutuhkan waktu yang tidak mudah untuk bisa disebut mahir melakukannya. Tak heran jika orang akan berkali-kali latihan di lapangan golf.

    Jika ingin course, setidaknya kamu membutuhkan biaya sebesar Rp205.000 per jam. Biayanya berbeda-beda, tergantung pada tarif pelatih dan jenis latihan yang diajarkan.

  5. Budaya dan citra

    Golf sudah terlanjur dikenal sebagai olahraga yang mahal. Hal ini pun membentuk persepsi masyarakat bahwa olahraga ini hanya dilakukan oleh orang yang punya uang banyak.

    Banyak juga anggapan bahwa golf hanya dilakukan oleh golongan tertentu, seperti pebisnis dan para pejabat petang. Padahal, jika berminat, golf bisa dicoba oleh siapa saja dan menjadi olahraga yang baik untuk kesehatan dan relaksasi tubuh.

  6. Fasilitas klub golf

    Sejumlah golf club menyediakan fasilitas yang lengkap demi menunjang pengalaman bermain golf. Fasilitasnya mulai dari club house, driving range, jasa caddy, golf cart, dan golf path.

    Beberapa golf club juga menyediakan fasilitas khusus, seperti ruang VIP, nursery atau tempat pembibitan, dan practise putting green. Golf club juga harus dilengkapi dengan sistem drainase, irigasi, dan jaringan listrik yang baik.

  7. Biaya turnamen dan kompetisi

    Jika untuk bermain golf saja mahal, tak heran jika turnamen golf termasuk dalam kategori perlombaan yang “mewah”. Tak hanya karena hadiahnya, tetapi pelaksanaan turnamen golf melibatkan banyak pihak profesional, termasuk juri dan para pemainnya.

  8. Biaya keanggotaan

    Biaya berlangganan atau keanggotan di golf club juga terbilang tidak murah. Sebab, anggota akan mendapatkan askes fasilitas yang lengkap.

    Dengan menjadi anggota, kamu juga berkesempatan mendapatkan eksklusivitas dan mendapat layanan khusus saat bermain. Jadi, biaya keanggotaan akan berbeda-beda setiap golf club, tergantung penawaran yang diberikan kepada anggotanya.

    Itulah 8 alasan yang menjadikan golf sebagai olahraga yang terbilang mahal. Meski begitu, tak ada salahnya untuk mencoba bermain golf demi menambah pengalaman. Kamu tertarik?

    Baca Juga: Mengenal Sim Racing, Balapan Virtual yang Makin Populer

Keuntungan Bermain Golf untuk Bisnis

loader

Keuntungan Bermain Golf untuk Bisnis

Sama seperti olahraga lain, golf sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Degan rutin bermain golf, aliran darah akan lebih lancar, membantu meningkatkan kerja otak, dan membakar kalori. 

Seiring dengan perkembangannya, pertandingan golf tidak hanya dilakukan sebagai hobi atau profesi. Kini, urusan bisnis pun dapat dilakukan sambil bermain golf. 

Tak hanya membangun relasi, ternyata bermain golf dengan rekan bisnis dapat memberikan manfaat untuk perusahaan. Berikut 8 alasannya. 

  1. Ciptakan target bisnis

    Ketika melakukan pertandingan bisnis dengan partner bisnis, kamu berkesempatan untuk membuka obrolan hingga tiba pada hole ke-18. Mulai momen ini dengan membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan golf dengan santai.

    Jika suasana semakin akrab, mulailah membahas tentang peluang bisnis. Kamu dapat membicarakan rencana bisnis, langkah yang akan dilakukan mencapainya, serta target bisnis yang ingin dicapai.

    Seiring dengan berlangsungnya pertandingan, kamu akan mendapatkan insight dan peluang yang mungkin sedang ditunggu. Hingga akhirnya pada hole ke-18, buatlah statement atau finalisasi yang mengadakan kerjasama dengan partner bisnis.

  2. Prediksi kondisi bisnis

    Bermain golf dapat mengasah kemampuan dalam membaca situasi dan kondisi dengan lebih cepat. Jika dikaitkan dengan dunia bisnis, hal ini sangat diperlukan, apalagi ketika bermain dengan partner bisnis yang potensial.

    Ketika bermain bersama, kamu akan menyadari kapan harus memelankan tempo pembicaraan, melakukan offering, dan menyadari bahwa adanya penolakan terhadap rencana bisnis yang diajukan.

  3. Menentukan strategi bisnis

    Jika sudah berhasil memahami situasi, untuk menentukan trik dan strategi bisnis pun akan lebih mudah. Hal ini dapat dilihat dari respons, emosi, dan ketertarikan dari partner bisnis.

    Pada momen itu, turunkan sedikit ego dan sisi negatif demi mendapatkan tanggapan dari partner bisnis. Coba cari celah untuk mengevaluasi rencana bisnis jika mendapatkan respons yang kurang baik.

    Sebaliknya, jika respons yang diterima memuaskan, fokus pada hal yang bisa menjadi kelebihan. Jangan sampai membuang kesempatan karena salah menentukan strategi bisnis yang tepat.

  4. Lebih dekat dengan partner bisnis

    Dengan melakukan pertandingan bersama, akan lebih mudah untuk mengenali karakter partner bisnis. Hal ini membantu dalam menentukan cara berbicara dan pendekatan yang sesuai dengan selera partner bisnis.

    Selain itu, bermain golf juga akan membangun kedekatan personal. Atmosfer yang dibangun pun akan lebih santai dan tidak kaku.

  5. Membangun networking

    Bermain golf juga membuka kesempatan untuk membangun networking dengan partner bisnis. Apalagi jika perusahaan partner memiliki anak usaha di berbagai bidang dan sangat potensial untuk menjalin kerja sama bisnis.

    Selain itu, peluang untuk bertemu dengan partner kerja baru juga terbuka sangat lebar. Hal ini karena banyak perusahaan yang melakukan “pertemuan bisnis” sambil bermain golf.

    Kamu bisa bertemu dengan pihak dari perusahaan lain sebelum atau sesudah pertandingan. Jadi, jangan lupa membawa kartu nama untuk berjaga-jaga jika bertemu klien atau partner bisnis potensial lainnya.

  6. Memiliki teman baru

    Setelah melakukan “pertandingan bisnis”, bukan berarti hubungan dengan rekan bisnis selesai begitu saja. Kamu bisa menjalin kedekatan personal dengan rekan bisnis meski pertandingan sudah selesai, terlepas dari apapun kesepakatan kerja sama yang dicapai.

    Meski tidak bisa menjalin kerja sama, misalnya, kamu tetap bisa menjalin hubungan pertemanan. Jangan ragu untuk meminta nomor telepon untuk membuka kesempatan mengadakan pertemuan lain selain di lapangan golf.

  7. Membangun kepercayaan

    Selain menjalin pertemanan, bermain golf dapat memperkuat rasa percaya rekan bisnis. Hal ini dapat terwujud karena lingkungan yang santai saat bermain golf sehingga dapat mengurangi ketegangan dan rasa canggung ketika membicarakan soal pekerjaan.

    Selain itu, dengan waktu pertandingan yang lama, interaksi yang terjadi akan semakin banyak, sehingga kesempatan untuk ngobrol semakin sering. Konsep pertandingan golf yan fair play juga dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang dapat dipercaya.

  8. Menghilangkan stres

    Seperti kebanyakan aktivitas fisik. bermain golf dapat membantu tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Selain itu, hamparan lapangan rumput yang hijau sudah pasti membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

    Itulah 8 kelebihan bermain golf dalam dunia bisnis. Manfaatkan “pertandingan bisnis” untuk membuka peluang dan menjalin kerjasama dengan rekan bisnis yang potensial.

Golf: Lebih dari Sekadar Olahraga

Sering dianggap sebagai olahraga yang mahal, sebenarnya golf merupakan olahraga yang bisa dicoba semua orang. Memang harus mempersiapkan dana yang lebih banyak, tapi manfaat yang bisa didapatkan sangat banyak, mulai untuk kesehatan hingga membangun relasi bisnis.

Dalam dunia kerja, bermain golf dapat dijadikan sebagai peluang untuk membicarakan bisnis. Jadi, tak ada salahnya mulai mempelajari basic golf mulai sekarang.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Ringan untuk Menjaga Tubuh Fit selama Puasa