Biar Happy Terus dengan Pekerjaan Saat ini, Coba Lakukan ini

Apakah hari-hari Anda sering dihabiskan untuk bekerja di kantor? Bahkan tak jarang hal ini membuat jenuh dan bikin suasana hati buruk. Terlebih jika ternyata pekerjaan yang dilakukan saat ini bukanlah pekerjaan yang bisa dikatakan sebagai ‘passion’.

Pun demikian, namanya juga sebagai pekerja, apapun yang terjadi haruslah tetap profesional. Nah, biar Anda tetap bersemangat dan happy dengan pekerjaan saat ini, cobalah lakukan hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Carilah Sumber Motivasi

mencari sumber motivasi

Anda perlu mencari motivasi yang hanya bisa didapatkan oleh diri sendiri jika ingin mulai belajar untuk menikmati pekerjaan. Ada cukup banyak hal yang bisa Anda jadikan motivasi. 

Anda hanya perlu mencari dan menggali apa motivasi yang membuat Anda harus bertahan pada pekerjaan saat ini. Sebagai contoh, pekerjaan yang dilakukan saat ini merupakan batu loncatan untuk mendapatkan posisi lain yang diinginkan.

Anda bisa banyak belajar dan mendapatkan pengetahuan dengan terus berada di pekerjaan saat ini. Dengan motivasi tersebut, Anda akan merasa mulai menyukai pekerjaan tersebut dan bersungguh-sungguh mengerjakannya karena ingin banyak belajar.

Hal lainnya yang bisa membuat Anda lebih termotivasi dalam bekerja adalah link atau relasi. Dengan pekerjaan saat ini, Anda mungkin akan lebih mudah berhubungan dengan orang lain sehingga mampu menjalin relasi. Banyak relasi atau link akan cukup baik untuk karier kedepannya.

Baca Juga: Atasan Semena-mena? Hadapi dengan Cara Ini agar Tak Ditindas Terus

2. Selalu Pandang Pekerjaan dari Sisi Positifnya

bekerja

Bekerja di antara berbagai macam lingkungan pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Anda perlu beradaptasi dengan lingkungan maupun dengan rekan kerja agar pekerjaan berjalan lancar.

Salah satu cara agar Anda bisa menikmati pekerjaan adalah selalu memandang segi positif dari pekerjaan saat ini. Jangan hanya berpikir mengenai sisi negatif pekerjaan saja namun Anda harus lebih sering berpikir mengenai sisi positifnya.

Cari sisi positif pekerjaan Anda, misalnya rekan kerja yang kooperatif, tempat kerja yang nyaman, atasan yang baik, dan lain sebagainya. Melihat sisi positif pekerjaan Anda saat ini dan berpikir bahwa belum tentu sisi positif tersebut bisa di dapatkan di perusahaan lain dapat membantu Anda menikmati pekerjaan.

Anda juga bisa memandang pekerjaan dari segi positif, misalnya seperti manfaat apa saja yang dapat diberikan untuk kemajuan perusahaan. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih terbiasa dalam menangani pekerjaan yang diberikan sehingga bisa lebih nyaman dan menikmatinya.

3. Lakukan Sesuatu yang Bikin ‘Fresh’ di Tempat Kerja

rekan kerja

Kebosanan seringkali datang apalagi jika Anda sudah bekerja di satu perusahaan selama bertahun-tahun. Pekerjaan dan ruangan yang sama setiap harinya dapat memberikan efek jenuh sehingga merasa bosan dengan suasana maupun pekerjaannya.

Karena kebosanan dan kejenuhan yang dirasakan, bisa saja pekerjaan yang dihasilkan menjadi menurun. Untuk menghindari hal tersebut maka Anda perlu melakukan sesuatu yang berbeda setiap harinya sehingga terasa lebih fresh dan tidak membosankan.

Ada beberapa hal yang bisa membuatmu kehilangan rasa bosan meskipun masih di dalam pekerjaan dan ruangan yang sama. Misalnya yaitu seperti menata meja kerja dengan konsep baru secara berkala atau memanfaatkan waktu tertentu untuk hal yang menyenangkan.

Contohnya ketika jam istirahat, Anda bisa melakukan hal menyenangkan dan tidak membahas pekerjaan sedikitpun. Selain itu saat makan siang, akan lebih baik jika Anda memilih makanan yang berbeda setiap harinya agar tidak merasa bosan.

Kegiatan-kegiatan tersebut dapat menyegarkan otak sehingga mood kerja bisa kembali baik dan tidak mengalami kebosanan. Lakukan, dan nikmati pekerjaan dengan suasana segar.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini Tips Jelaskan Alasan Resign Saat Wawancara Kerja

4. Lakukan Pekerjaan dengan Cara Terbaik Menurut Anda

bekerja

Meski melakukan pekerjaan dengan caramu sendiri, namun bukan berarti Anda bisa seenaknya sendiri dalam melakukan pekerjaan. Anda harus memahami apa yang diinginkan oleh atasan, setelah itu Anda bisa mengerjakan tanggung jawab tersebut sesuai cara Anda sendiri.

Maksud dari cara Anda sendiri tersebut, merupakan sistem kerjanya saja namun hasil tetap harus sesuai dengan keinginan atasan. Anda hanya perlu membuat dirimu nyaman dengan cara yang akan dilakukan.

Terkadang melakukan pekerjaan dengan cara sendiri malah bisa membuat hasil pekerjaan menjadi lebih baik. Namun satu hal yang harus Anda pastikan adalah bahwa cara yang digunakan tersebut tidak akan merugikan siapapun termasuk rekan kerja, atasan, atau bahkan perusahaan.

Meski melakukan caramu sendiri namun cara tersebut harus tetap sesuai dengan aturan yang ada. Dengan begitu, Anda bisa menikmati pekerjaan sekaligus memberikan hasil sesuai dengan keinginan atasan.

Belajarlah Menikmati Pekerjaan agar Tidak Terasa Berat

Itulah empat tips menikmati pekerjaan Anda saat ini yang bisa diikuti. Belajar menikmati pekerjaan dapat membantu membuat pekerjaan yang ada menjadi lebih ringan. Selalu berikan yang terbaik dalam setiap jenis pekerjaan yang Anda lakukan, maka hasilnya juga pasti akan memuaskan.

Baca Juga: Tak Perlu Jadi Kutu Loncat untuk Naik Gaji, Begini Tipsnya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!