Biar Imlek Makin Seru, Yuk Nonton 12 Film Imlek Pilihan ini Bareng Keluarga

Selamat Hari Raya Imlek! Biasanya, bagi masyarakat yang Tridharma seperti Konghucu, Taoisme, dan Buddha akan mengawali imlek dengan sembahyang bersama keluarga sekaligus menyajikan makanan untuk diberikan kepada Tuhan yang disebut sebagai Thien (Tian).

Sementara masyarakat keturunan Tionghoa dan sudah berpindah keyakinan, mereka hanya akan merayakan hari raya imlek untuk bersenang-senang, ngumpul bersama keluarga, berkunjung ke rumah saudara, kerabat, hingga ada yang liburan.

Berhubung di tahun ini imlek masih diselimuti wabah virus corona atau Covid-19, masyarakat tidak bisa merencanakan bepergian dan lebih memilih untuk di rumah saja. Tak perlu khawatir membosankan, imlek di tahun kerbau logam ini bisa tetap seru.

Setelah sembahyang, menyapa keluarga jauh, kerabat dan lainnya lewat video call, Anda dan keluarga bisa menonton film-film lokal dan internasional yang bertemakan imlek. Meski hanya kegiatan sederhana ini, tapi menonton bareng keluarga juga bisa mempererat tali persaudaran satu dengan yang lainnya. Biar makin seru, jangan lupa hidangkan beberapa camilan dan minuman untuk menemani nonton film.

Cermati.com telah menyiapkan ada beberapa film imlek pilihan yang bisa kamu tonton bareng keluarga pada ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. A Chinesse Odyssey

loader

Film ini adalah film yang menceritakan mengenai cerita klasik mengenai makhluk mitos atau juga bisa disebut sebagai dewa dari negara bambu. Dimana raja kera yang direinkarnasi kembali menjadi ketua dari sebuah kelompok pencuri. Film dari Hongkong ini ditaburi oleh berbagai aktor legendaris seperti Stephen Chow dan Jeffrey Lau.

Film ini bertema fantasy, komedi dan action. Cerita ini juga menyimpan banyak pesan moral didalamnya. Film ini cocok untuk ditonton saat kumpul keluarga di malam imlek. 

2. The Karate Kid

loader

Ketika karir ibunya mengakibatkan pindah ke Cina, Dre Parker (Jaden Smith) yang berusia 12 tahun menemukan bahwa dia adalah orang asing di negeri asing dan mendapatkan perlakuan rasis dan pembullyan.

Meskipun dia tahu sedikit karate, keterampilan bertarungnya tidak sebanding dengan Cheng, pengganggu sekolah. Dre menemukan seorang teman di Mr Han (Jackie Chan), seorang pria pemeliharaan yang juga master seni bela diri.

Tuan Han mengajari Dre semua tentang kung fu dengan harapan Dre bisa mengalahkan Cheng dan mungkin memenangkan hati teman sekelasnya yang cantik bernama Mei Ying.

3. Crazy Rich Asians

loader

Film yang diangkat dari novel best seller ini sangat cocok ditonton bersama dengan keluarga besar. Crazy Rich Asians memiliki alur menarik yang menyoroti kehidupan mewah para keluarga Asia di Singapura. Film ini menciptakan gebrakan dengan semua pemerannya yang merupakan keturunan asia.

Crazy Rich Asians menceritakan Rachel Chu (Constance Wu) dan pacarnya Nick Young (Henry Goulding) yang melakukan perjalanan ke Singapura untuk menghadiri pernikahan temannya. Rachel kemudian menyadari keluarga pacarnya merupakan salah satu keluarga terkaya di Singapura.

4. IP Man 4: The Finale

loader

Ip Man secara garis menceritakan tentang kehidupan master beladiri Wing Chun yang diperankan oleh Donnie Yen. Ip Man 4: The Finale mengambil latar tahun 1960-an yang menceritakan sebuah kisah Ip Man yang menderita kanker tenggorokan yang memutuskan pergi ke San Francisco, Amerika Serikat dan mencarikan sekolah untuk anaknya, Ip Ching.

Ip Ching pindah sekolah di Amerika Serikat usai dikeluarkan dari sekolah karena melawan seorang perundung. Pada saat tiba di San Francisco, Ip Man mendengar kabar bahwa muridnya, Bruce Lee membuat komunitas bela diri dan membuka sekolah kung fu dan mengajari orang-orang menulis buku seni bela diri dengan bahasa Inggris.

5. Cek Toko Sebelah

View this post on Instagram

A post shared by HOOQ Indonesia (@hooq.id) on

Film Indonesia yang di sutradai Ernest Prakasa ini merupakan film drama komedi yang patut ditonton. Bukan hanya karena latar belakang keluarga pada cerita film berdarah Tionghoa saja, tapi Cek Toko Sebelah yang di produksi Starvision Plus juga mencerita kisah pemuda yang bernama Erwin yang diperankan oleh Ernest harus memilih meninggalkan karir cemerlangnya di perusahaan demi meneruskan toko orang tuanya sendiri.

6. The Last Barongsai

View this post on Instagram

A post shared by The Last Barongsai (@filmthelastbarongsai) on

The Last Barongsai menceritakan tentang Kho Huan (Tio Pakusadewo) yang merupakan pemilik sanggar Barongsai. Kho Huan tengah dilanda keresahan karena anaknya Aguan (Dion Wiyoko) yang merupakan pemain barongsai andalan disanggar tersebut akan ke Singapore. Namun, Aguan juga dilanda masalah mengingat dirinya mendapatkan beasiswa di Nanyang University Singapore.

Yang membuat Aguan semakin bingung, karena ia memilikirkan biaya, sang ayah, adik serta sanggar barongsai yang merupakan warisan berharga baginya. Sementara itu, undangan kejuaran Barongsai terus berdatangan dan Kho Huan tak mempedulikan surat-surat undangan tersebut. Hal ini karena sang ayah, Kho Huan berpikir keras agar anak laki-laki satu-satunya bisa sekolah di Singapore.

Baca Juga: Rayakan Imlek 2021: Cek Peruntungan Shio di Tahun Kerbau Logam

7. Karma

loader
Film Karma via wikipedia.org

Karma merupakan film horor Indonesia yang sudah tayang cukup lama. Film ini menceritakan tentang kisah seorang wanita yang masuk ke keluarga Tionghoa dan disana dikenal akan Karma bagi wanita yang berada di keluarga itu akan meninggal setelah melahirkan.

Film yang diproduksi oleh Credo Pictures dan Starvision Plus ini diangkat dari cerita seorang eksekutif produser yang mendapatkan surat elektronik dari seseorang yang menceritakan tentang sosok keturunan Tionghoa bergentayangan.

8. The Grandmasters

loader
Film The Grandmasters via bonjourstristesse.net

The Grandmasters menceritakan Orang-orang Cina saat itu beramai-ramai menimba ilmu bela diri di berbagai institusi seni bela diri di berbagai penjuru Cina, orang tersebut salah satunya Ip Man. Meski Ip Man adalah seorang pemuda yang kaya raya dan jago bela diri, tapi ia tidak sombong dengan keahlian yang dimilikinya. Bahkan, ia menjadi salah satu pemuda yang sangat rendah hati.

9. Kung Fu Hustle

loader
Film Kung Fu Hustle via layar.id

Kung Fu Hustle merupakan film komedi yang dipadukan dengan film aksi dengan efek ciamik yang sesuai dengan perkembangan teknologi animasi saat ini. Film yang melatar belakangkan tahun 1930 kehidupan di Cina ini mengisahkan tentang seorang pengangguran yang bernama Sing yang berniat untuk bergabung dengan Geng Kapak yang ditakuti polisi. Sementara itu, rakyat hanya bisa hidup di perkampungan miskin atau Rumah Susun.

10. Kungfu Panda

View this post on Instagram

A post shared by KFP Official Fan Page! (@kung.fu.panda.official) on

Siapa yang tak gemas jika melihat seekor Panda bertubuh besar dan bulat tapi bisa Kungfu? Ya, ini bisa kamu lihat hanya di film Kungfu Panda. Awalnya film ini mengisahkan tentang Po, seekor panda sebagai anak seorang pengusaha Mie turun temurun yang cukup laris. Meski demikian, Po memiliki cita-cita sendiri yakni menjadi seorang pendekar Kungfu.

11. CJ7

loader
Film CJ7 via wikipedia.org

CJ7 merupakan film komedi keluarga yang mampu menguras emosi, mulai dari haru tangis hingga tertawa. Film ini menceritakan tentang seorang buruh miskin (Stephen Chow) yang hidup bersama putra semata wayangnya. Saat seekor binatang peliharaan aneh dari luar angkasa hadir dalam kehidupan mereka, mereka mendapatkan pelajaran berharga tentang arti sebuah keluarga dan hal-hal yang tak dapat dibeli dengan uang.

12. CZ12

loader

Yang rindu dengan aksi Jackie Chan saat bertarung, saatnya nonton Chinese Zodiac atau CZ12. Film ini bercerita tentang sebuah misi Chan yang ditugaskan perusahaan untuk mencuri simbol 12 zodiak Cina dari tangan Pemerintah Inggris. Meski dengan pengawasan yang ketat, tapi keahlian Chan dalam melawan setiap musuh tentu tak lagi diragukan.

Baca Juga: Perayaan Imlek dari Berbagai Negara di Tengah Pandemi Corona

Layanan Streaming Film Legal

Kamu masih bisa menikmati film-film bertemakan imlek di layanan streaming legal berikut ini:

  1. Netflix
  2. HOOQ
  3. IFLIX
  4. GoPlay
  5. Catchplay
  6. Google Play Movie

Pilih Film Sesuai Usianya

Film bukan hanya sebagai penghibur disaat kumpul keluarga, tapi juga dijadikan sebagai media pembelajaran yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan. Untuk itu, pilihlah film yang sesuai dengan usianya, agar pembelajaran yang didapat juga sesuai.

Baca Juga: 11 Tradisi-Tradisi Unik Saat Imlek