Biar Lancar, Siapkan Anggaran ini Saat Hamil

Setiap pasangan yang telah berstatus menikah pasti merasakan bahagia ketika mendapatkan kabar kehamilan. Memasuki masa-masa tersebut, biasanya calon orangtua akan mulai menyusun persiapan kehadiran si buah hati hingga mencari nama-nama yang hendak diberikan.

Meski tengah berbahagia, jangan sampai rencana untuk masa depan si kecil menjadi sedikit terabaikan. Jika Anda sedang menunggu kelahiran sang buah hati, mulailah membuat rencana yang berhubungan dengan finansial agar masa depan buah hati semakin terjamin.

Lalu, apa saja rencana yang berkaitan dengan keuangan ketika memasuki masa kehamilan? Biar segala urusan lancar, siapkan anggaran ini saat hamil.

1. Anggaran untuk Rencanakan Kebutuhan Anak secara Rinci

Sejak memasuki masa kehamilan, mulailah membuat daftar kebutuhan calon momongan Anda. Seperti saat mengelola pengeluaran rutin, membuat daftar keperluan anak pun harus sesuai dengan urutan prioritas kebutuhan Anda.

Tujuannya tentu agar kebutuhan penting tidak sampai terlewatkan, sekaligus menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan. Di samping membuat daftar kebutuhan berdasarkan tingkat prioritasnya, Anda juga dapat menyusunnya kebutuhan anak sesuai usianya.

Hal ini bisa Anda lakukan agar pemenuhannya dapat dilakukan di waktu yang tepat. Sebagai contoh, Anda dapat mengelompokkan kebutuhan ketika anak baru lahir, berusia enam bulan, satu tahun, dan seterusnya.

Pemenuhan kebutuhan sesuai usia seperti ini tentu harus didasarkan pada hal-hal apa saja yang diperlukan di tahap tumbuh kembang si anak.