Biar Makin Terasa, Pastikan ada 4 Unsur ini di Dekorasi Melayu Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan merupakan momen terindah yang hanya dilakukan satu kali dalam seumur hidup. Untuk itu, ada beberapa hal yang biasanya menjadi perhatian khusus saat akan menggelar pesta pernikahan. Selain aturan agama yang dianut dan catering, adat istiadat pasangan pengantin berasal pasti juga turut menjadi pertimbangan dalam merencanakan pernikahan.  

Sekarang ini sudah banyak wedding organizer atau vendor-vendor pernikahan yang menyediakan konsep pernikahan sesuai dengan adat istiadat keluarga pasangan pengantin, salah satunya adat istiadat Melayu dari Sumatera.

Biasanya yang bikin pesta pernikahan kental dengan adat istiadat melayu, selain baju pengantin ternyata dekorasi juga harus mendukung konsep melayu.

Agar dekorasi melayu di pesta pernikahan makin terasa di hati pengantin, kedua keluarga dan para tamu undangan yang hadir, berikut beberapa unsur melayu yang harus ada di dekorasi pernikahan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Warna Keemasan

dekorasi wedding
Warna keemasan via maqi.co

Dulu kebanyakan orang bilang kalau warna emas adalah warna ngejreng dipandang mata. Tapi kian kemari, warna emas semakin digemari banyak orang, baik kaum muda hingga tua. Sebab, pandangan orang terhadap warna emas sudah berubah.

Kini warna emas terlihat elegan, anggun, menyiratkan kemakmuran seperti halnya jaman kerajaan terdahulu. Bukan hanya itu saja, pemilihan warna emas juga terkesan mewah. Hal inilah yang membuat adat Sumatera banyak mengambil warna emas ini pada dekorasi di pesta pernikahan

2. Ukiran-ukiran Khas

Bukan hanya Jepara saja yang terkenal dengan ukirannya. Tapi Melayu juga memiliki ciri khas ukirannya. Pola ukir yang khas dengan Sumatera dan sekitarnya adalah identik dengan pola yang simetrik dengan sulur-sulur atau rangkaian garis abstrak yang membentuk pola organik.

Biasanya, pola ukiran ini melekat pada dekorasi di bagian tertentu, misal papan pelaminan pengantin, tiang-tiang di sepanjang karpet, hingga di background untuk foto para tamu yang hadir. 

Baca Juga: 5 Tips Rencanakan Pesta Pernikahan Meriah dengan Budget Minim

3. Perpaduan Warna Hangat

dekorasi bunga
Perpaduan warna hangat via weddingku.com

Hanya menggunakan warna emas saja pada dekorasi, hanya akan membuat konsep melayu menjadi hambar seperti masakan tanpa garam. Untuk itu sangat perlu penambahan warna-warna senada yang hangat lainnya. 

Misalnya warna kuning, orange, maroon, merah muda, serta ditemani daun-daun hijau segar akan menyemarakkan suasana melayu menjadi terasa di hati. Setiap tamu yang hadir pasti akan langsung tertarik dan merasa nyaman serta disambut dengan penuh suka cita.

Perpaduan warna ini biasanya terletak pada rangkaian bunga-bunga yang dipajang di berbagai sudut hingga dekorasi pelaminan serta kain-kain yang digunakan pada meja-meja tamu atau buffet.

Baca Juga: 5 Konsep Pernikahan Unik dan Kekinian Ini Bisa Kamu Lirik Jadi Ide Pesta Weddingmu

4. Pelaminan yang Megah 

Pengantin di pelaminan harus benar-benar mencolok perhatian dan memikat para keluarga dan tamu yang hadir. Ini dimaksudkan untuk menghormati pengantain dan mengistimewakannya. 

Selain baju pengantin yang dikenakan, tentunya pelaminan khas melayu yang megah juga sangat mendukung. Mulai dari papan pelaminan dengan nuansa bronze yang dibalut warna keemasan serta ukiran-ukiran cantik, kemudian ada tambahan rangkain bunga-bunga berwarna orange, kuning, merah dan hijau daun yang ditata sedemikian rupa di beberapa titik pelaminan.

Tak berhenti disitu saja, latar pelaminan juga bisa ditambahkan kerlap-kerlip cantik dari chandelier, disertai bunga-bunga warna hangat yang menempel atau menggantung di pelaminan. Jangan lupakan juga hiasan di depan pelaminan yang menyiratkan sebuah taman rimbun yang dipenuhi hijau dedaunan subur nan segar. 

Sentuhan Modern yang Tak Melupakan Tradisi

Dekorasi melayu yang sudah dijabarkan di atas bisa menjadi pilihan inspirasi dekorasi pesta pernikahan Anda dan pasangan. Meski dekorasi tersebut di sentuh dengan modern namun tak melupakan unsur tradisi yang ingin dipertahankan dan dilestarikan sebagai warisan budaya.

Tak hanya Anda dan pasangan yang terlihat puas, pastikan gurat kepuasan juga hadir di wajah dua keluarga besar serta para tamu undangan yang hadir di pesta pernikahan.

Baca Juga: Tradisi Pernikahan Adat Termahal di Indonesia