Biar Tak Menyesal Kemudian Hari, Kenali Sejak Dini 4 Tanda Waktu Terbuang Percuma

Waktu adalah uang. Kalimat tersebut menyimpulkan bahwa waktu merupakan hal yang sangat berharga. Berbeda dengan harta atau hal lainnya, setiap manusia memiliki waktu yang sama besar. Hanya saja dalam penerapannya, tidak semua orang memanfaatkan waktu dengan benar sehingga ada sebagian orang yang waktunya terbuang sia-sia.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas waktu seseorang berbeda-beda karena pemanfaatannya yang berbeda-beda tersebut. Ada orang yang dapat mengatur waktu dengan baik sehingga waktu satu hari terasa singkat. Namun sebaliknya, ada juga yang gagal dalam mengatur waktu sehingga terbuang percuma karena hal tidak berguna.

Jika keburukan ini tak segera diubah, maka suatu hari nanti bisa timbul penyesalan karena selama masa muda tidak memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk membangun karir. Hal ini tentunya tidak ingin terjadi pada diri Anda, bukan?

Untuk itu, sangat penting bila Anda mengetahui sejak dini beberapa tanda seseorang membuang-buang waktu dengan percuma pada ulasan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gagal Mengatur Diri Sendiri

pekerja stres
Gagal mengatur diri sendiri

Hal pertama yang menjadi tanda bahwa waktu telah terbuang sia-sia adalah kegagalan dalam mengatur diri sendiri untuk meningkatkan produktivitas diri di tempat kerja. Jika diri sendiri saja tidak teratur, bagaimana mungkin bisa selalu bekerja pada kondisi terbaik? 

Untuk itu sangat penting mengatur diri sendiri, baik itu secara mental maupun secara fisik. Mengatur fisik bisa dimulai dengan merapikan meja kerja serta membuang barang-barang yang dirasa tidak penting. Dengan meja kerja yang rapi maka Anda akan lebih nyaman bekerja. Sementara secara mental yaitu dengan mendisiplinkan diri sendiri. 

Baca Juga: Tips Terbaik agar Tetap Produktif saat Mulai Bekerja di kantor Baru 

2. Terlalu Sering Berkomunikasi Lewat Gadget

chatting
Terlalu sering komunikasi lewat gadget

Kemudahan komunikasi dengan teknologi yang canggih seperti saat ini memberikan banyak dampak positif. Namun seiring dengan dampak positif tersebut tetap ada dampak negatif yang diterima oleh orang-orang yang tidak memanfaatkannya dengan benar. Pasalnya, bagi orang yang tidak bisa mengontrol diri, kemudahan komunikasi saat ini membuatnya terlalu sering berkomunikasi sehingga membuang-buang waktu.

Semua jenis media komunikasi baik messenger, SMS, maupun telepon sama-sama memungkinkan seseorang untuk terlalu banyak berkomunikasi. Jika mengalaminya maka harus segera mengatasinya agar waktu tidak terbuang lebih banyak lagi.

Caranya, ciptakan arus komunikasi yang lebih baik dengan mengadakan pertemuan tim untuk menjalin komunikasi yang baik tanpa perlu berlebihan dalam berkomunikasi. Anda bisa menentukan bersama-sama kapan waktu yang tepat untuk melakukan pertemuan tersebut. Dengan begitu tidak akan ada komunikasi berlebihan karena semua akan dibahas lebih jelas pada pertemuan yang dilakukan.

3. Memikirkan Sebuah Keputusan yang Sudah Diambil

pikir

Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada yang mampu membuat keputusan secara sempurna. Namun terkadang masih ada saja orang yang ingin sempurna serta tidak mau menerima sebuah kesalahan. Padahal sikap tersebut merupakan tanda bahwa waktu akan terbuang sia-sia. Bagaimana bisa?

Orang yang ingin segala sesuatunya terlihat sempurna biasanya akan mempertimbangkan kembali keputusan yang sudah diambil. Meskipun sebelumnya telah memikirkan keputusan tersebut, namun orang tersebut akan kembali memikirkan keputusannya untuk meyakinkan diri bahwa keputusan yang diambil tanpa cela. Disamping itu, seseorang yang takut dengan kesalahan maka akan selalu was-was dalam melakukan sesuatu, dengan begitu waktu akan terbuang percuma begitu saja. 

Lebih baik Anda mencobanya tanpa terlalu memikirkan dampak yang akan terjadi. Jika keputusan salah maka jadikan hal tersebut sebagai pelajaran untuk selanjutnya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Selain itu, Anda juga bisa membicarakan keputusan ini dengan satu tim, sehingga keputusan bisa lebih mudah ditemukan.

Baca Juga: Jam Jelang Kerja Kerap Padat, Pemerintah Rilis Aturan Jam Kerja se Jabodetabek

4. Kesulitan Mendelegasikan Diri Sendiri

stres kerja
Kesulitan mendelegasikan diri sendiri

Terlalu takut dengan tugas baru dan tidak mampu mendelegasikan diri akan membuat waktumu terbuang percuma. Maka dari itu, apapun posisi di kantor, Anda harus siap untuk didelegasikan dimanapun. Maksudnya yaitu ketika diberikan tugas maka harus siap untuk menyelesaikannya meskipun belum pernah menangani tugas yang sama. 

Memanfaatkan Waktu Membangun Karir

Jika hingga saat ini Anda masih memiliki tanda-tanda tersebut, maka jangan menunda waktu untuk mengubahnya. Tidak perlu terlalu terburu-buru, ubahlah diri secara perlahan dan mulai memanfaatkan waktu dengan maksimal dalam membangun karir. Dengan begitu, bila di kemudian hari Anda telah berhasil dan sukses, maka diri sendiri patut dibanggakan.

Baca Juga: Tips Agar Kerja Anda Menjadi Produktif