Ajarkan Sejak Dini, Ini Manfaat dan Kisaran Biaya Kursus Coding untuk Masa Depan Anak

Sebagai orang tua, mengetahui minat dan bakat anak menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, hal tersebut berguna untuk menata dan mengarahkan kehidupannya agar memiliki masa depan yang lebih cerah. Tentunya, untuk bisa mengetahui minat dan juga bakat buah hatinya, orang tua perlu mengenalkan berbagai macam hal kepadanya.

Salah satu contohnya adalah mengenalkan tentang teknologi yang memiliki prospek karier tinggi dan menjanjikan di masa depan, seperti coding. Walaupun begitu, mungkin masih sedikit orang tua masa kini yang memahami betul tentang seluk beluk aktivitas tersebut dan bisa mengajarkannya sendiri pada anak. Solusinya, orang tua bisa mulai mengajarkan anak dengan dunia teknologi tersebut melalui kursus coding.

Tentunya, sebelum itu, sebagai orang tua kamu harus memahami lebih dulu berapa kisaran biaya kursus coding tersebut agar bisa menyesuaikannya dengan kondisi keuangan. Selain itu, cari tahu pula apa saja manfaat mengikuti kursus coding dan kegunaannya untuk masa depan anak. Nah, semua informasi tersebut bisa ditemukan di rangkuman berikut ini.

Baca juga: Biar Makin Mahir, Yuk Belajar Coding Online di 5 Website Pilihan ini

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Kenapa Perlu Mengenalkan Dunia Coding pada Anak?

loader

Biaya Kursus Coding

Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi saat ini begitu pesat dan banyak dipercayai merupakan masa depan dunia. Karenanya, mempelajari berbagai macam pengetahuan yang berhubungan dengan perkembangan teknologi tersebut menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Tidak hanya bagi orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Alasannya karena dengan mempelajari coding, orang tua telah membuka salah satu gembok penting terhadap pintu masa depan anak yang lebih cerah. Karena itu, orang tua perlu mempertimbangkan pentingnya menyediakan kursus coding pada guna menjamin jenjang kariernya di masa mendatang.

Manfaat Belajar Coding untuk Keterampilan Anak

Seiring berjalannya waktu, minat untuk mempelajari teknologi tidak hanya dimiliki oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Khususnya coding, mempelajari bahasa komputer tersebut nyatanya mampu memberi banyak manfaat terhadap keterampilan dan kemampuan anak. Apa saja?

  1. Memupuk Sifat Problem Solver

    Bagi yang belum tahu, inti dari aktivitas coding ialah memecahkan masalah. Dengan kata lain, kegiatan tersebut berusaha mencarikan solusi atau alternatif dari suatu masalah yang muncul dalam suatu program komputer melalui berbagai macam cara. Oleh karena itu, dengan mengajarkan anak dengan dunia tersebut, mereka akan secara otomatis melatih pula sifat problem solver atau pemecahan masalah, tak hanya dalam hal komputerisasi, tapi juga hal lainnya di kehidupan nyata.

  2. Meningkatkan Kreativitas

    Manfaat lainnya dari belajar coding adalah menjadikan anak lebih kreatif. Pasalnya, melalui kegiatan tersebut, anak diharuskan untuk terus mencoba berbagai alternatif dan cara, termasuk mengombinasikan berbagai macam hal agar mampu membuat kode yang terbaik untuk menyelesaikan sebuah masalah. Hal tersebut tentu mampu menjadi sarana yang optimal untuk memupuk kreativitas anak dan berpikir dari berbagai sudut pandang.

  3. Melatih Literasi Digital

    Tidak hanya itu, dengan belajar coding, anak juga mampu meningkatkan kemampuan literasi digitalnya. Dengan kemampuan tersebut, anak akan menjadi individu yang lebih bijak dalam mengakses maupun mencerna informasi digital sebab aktivitas coding sudah melatihnya untuk melakukan hal tersebut.

  4. Menumbuhkan Sikap Pantang Menyerah

    Tak kalah menariknya, mengajarkan anak tentang dunia bahasa pemrograman komputer juga mampu membiasakannya agar tak mudah menyerah. Penyebabnya tidak lain karena kegiatan tersebut dikenal memiliki banyak tantangan dan memerlukan kegigihan agar mampu berhasil menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. Karenanya, jika mengajarkan hal tersebut sejak dini, anak tidak akan mudah menyerah dan akan terus berjuang menghadapi apa pun masalah yang menghalanginya dengan lebih baik.

Kisaran Biaya Kursus Coding Anak

Melihat dari banyaknya manfaat yang mungkin diperoleh oleh anak, biaya kursus coding bisa dibilang cukup tinggi. Belum lagi kebutuhan akan perangkat komputer tertentu membuat pengeluaran untuk bisa memenuhi minat dan kegiatan tersebut tak boleh dipandang sebelah mata. Namun, dengan langkah dan strategi yang tepat, dijamin semua pengorbanan dan beban finansial yang ditanggung untuk belajar coding akan sepadan dengan hasil yang didapat.

Secara umum, tidak ada acuan pasti tentang berapa besar biaya kursus coding untuk anak yang harus dibayarkan oleh orang tua. Semuanya bergantung dari kebijakan tempat, aplikasi, atau jasa yang menyediakan layanan tersebut.

Akan tetapi, jika mengacu dari sejumlah sumber, biaya kursus coding yang harus disiapkan oleh orang tua adalah sekitar 7,1 juta rupiah untuk anak di usia PAUD atau SD. Biaya tersebut sudah mencakup pembelajaran ilmu dan praktik coding selama 1 tahun. Tentunya, biaya tersebut bisa dibayar dengan cara mencicil agar meringankan beban finansial orang tua peserta kursus.

Karena biaya kursus coding tidaklah murah, maka kamu membutuhkan wadah tertentu untuk bisa mengumpulkan uang tersebut dan bahkan memberikan keuntungan. Misalnya, dengan menggunakan reksa dana. Reksa dana merupakan wadah investasi yang minim risiko sehingga kemungkinan untuk mengalami kerugian pun kecil.

Tergantung pada tujuannya, terdapat beberapa produk reksa dana yang dapat dipilih untuk mengumpulkan biaya kursus coding. Misalnya, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang

Baca juga: Reksa Dana: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Keuntungan, dan Tips Menjalankannya

Beragam Keuntungan Belajar Coding bagi Masa Depan Anak

Mengacu dari survei yang dilakukan oleh Microsoft di tahun 2015 lalu, tidak sedikit siswa Indonesia yang tertarik dan mulai menyadari beragam manfaat dari coding untuk masa depannya. Kebanyakan dari mereka menganggap jika menjadi programmer atau orang yang ahli dalam aktivitas coding merupakan hal yang relevan pada hampir semua bidang karier masa depan.

Tidak hanya itu, terdapat beragam keuntungan dan keunggulan lain yang bisa didapatkan dari belajar coding untuk masa depan anak, antara lain:

  1. Mengasah Kemampuan Memecahkan Masalah

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat utama dari mempelajari ilmu coding adalah mampu mengasah kemampuan memecahkan masalah. Dengan menjadi programmer, seseorang diharuskan untuk bisa mengatasi berbagai masalah dengan beragam cara yang baru dan paling optimal.

    Oleh karena itu, dengan memberikan akses terhadap keahlian tersebut sejak dini pada anak, mereka akan lebih terbiasa untuk memikirkan bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah. Sebab, mereka juga akan selalu dituntut untuk bisa berpikir secara kreatif saat belajar tentang coding. Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa membuat anak memiliki pola pikir yang lebih terstruktur, efisien, dan juga sistematis.

  2. Prospek Karier Menjanjikan di Masa Depan

    Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh anak saat mempelajari dunia coding sejak dini adalah memiliki prospek karier yang lebih menjanjikan di masa depan. Hal ini karena coding erat kaitannya dengan industri teknologi yang tengah bertumbuh pesat beberapa tahun belakang.

    Bahkan, menyikapi kehadiran industri 4.0, demand akan profesi programmer juga pasti tidak akan surut selama beberapa dekade ke depan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika prospek karier dari seseorang yang ahli dan memiliki kemampuan dalam dunia programmer ini bisa dibilang menjanjikan dan cerah di masa mendatang.

  3. Kesempatan untuk Bekerja secara Remote

    Selain prospek kariernya yang lebih cerah, seseorang dengan kemampuan ini juga memiliki kesempatan untuk bisa bekerja dengan metode remote working atau work from anywhere. Dengan kata lain, kesempatan kerja dari profesi tersebut bisa dibilang sangat luas dan tak terbatasi oleh jarak ataupun waktu.

    Bahkan, tergantung dari pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, bukan tidak mungkin tawaran kerja menjadi programmer ini datang dari luar negeri. Tentunya, pekerjaan tersebut masih bisa dikerjakan dari dalam negeri sehingga memudahkan aktivitas kerja dan meringankan pengeluaran untuk kebutuhan hidup.

  4. Peluang Menciptakan Inovasi yang Mengubah Dunia

    Berhubungan dengan teknologi, coding merupakan jembatan terhadap berbagai hal dan inovasi baru pada hampir semua industri. Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa saja mengubah ide sederhana menjadi suatu hal yang mampu mengubah dunia dan berguna bagi orang lain.

  5. Potensi Penghasilan yang Lebih Tinggi

    Dengan peluang kerja yang begitu luas dan tanpa batas, potensi mendapatkan penghasilan tinggi dari profesi menjadi programmer tersebut pun lebih besar. Industri yang terus berkembang seiring waktu dan adanya peluang bekerja untuk perusahaan kelas dunia menjadi daya tarik utama mengapa coding wajib diajarkan pada anak sejak dini.

  6. Akses Komunitas Sesama Programmer

    Menjadi programmer, kamu tidak akan pernah bekerja sendiri. Pasalnya, komunitas terhadap keahlian tersebut sangat besar dan memiliki jaringan berbasis open source yang bisa digunakan untuk saling berbagi kode maupun belajar bersama. Maka, relasi dan koneksi yang dimiliki oleh anak ketika telah tumbuh dewasa nanti juga menjadi sangat luas.

Baca juga: Begini Tips Mendukung dan Atur Budget untuk Anak yang Doyan Game

Jamin Masa Depan Anak dengan Mengajarkannya tentang Dunia Coding

Itulah penjelasan tentang kisaran biaya kursus coding dan beragam alasan mengapa kemampuan tersebut perlu diasah sejak dini. Siapkan finansial agar anak mampu mendapatkan kursus coding di tempat yang terbaik. Dengan pemahaman tentang dunia coding, anak secara tidak langsung akan memiliki prospek karier dan penghasilan yang menjanjikan di masa depan.