Ketahui Biaya Operasi Amandel, Berikut Estimasi dan Prosedurnya

Biaya operasi amandel merupakan informasi yang banyak dicari masyarakat. Pasalnya, siapa saja, terutama anak-anak bisa mengalami radang amandel atau tonsilitis. Pada kondisi peradangan yang cukup parah, biasanya dokter menyarankan untuk melakukan tindakan operasi agar tidak mengganggu kondisi pernafasan.

Selain gejala radang amandel, operasi juga disarankan berdasarkan intensitas peradangan dan ukuran amandel. Contohnya, jika peradangan amandel terjadi lebih dari 3 kali dalam satu tahun. Kemudian, ukuran amandel yang terus membesar juga mempengaruhi saluran pernafasan dan tenggorokan.

Perlu diketahui, amandel merupakan dua kelenjar kecil di tenggorokan yang terletak di sisi kanan dan kiri langit-langit mulut bagian belakang. Fungsinya adalah memproduksi sel darah putih yang membantu menjaga imunitas. Oleh karena itu, saat mengalami peradangan, sistem imun tubuh dapat menurun sehingga memberikan rasa sakit dan tidak nyaman di tenggorokan.

Nah, jika kamu dan keluarga berniat melakukan operasi amandel. Informasi seputar biaya operasi amandel, prosedur, serta lainnya mungkin sangat dibutuhkan. Informasi tersebut akan dibahas secara lebih jelas dalam artikel ini.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Amandel

loader

Sebelum jauh membahas terkait biaya operasi amandel. Kamu perlu mengetahui bahwa operasi amandel merupakan jenis operasi sederhana yang dilakukan dalam kurun waktu 30 sampai 60 menit. Bahkan, pascaoperasi pasien juga diperbolehkan pulang jika kondisinya memungkinkan.

Meski demikian, biaya operasi amandel sendiri bervariasi di setiap rumah sakit. Untuk tindakan operasinya sendiri biayanya sekitar Rp1 jutaan sampai puluhan juta rupiah. Penasaran dengan biaya operasi amandel di Indonesia? 

Berikut beberapa kisaran biaya operasi amandel yang dilansir dari Alodokter untuk bisa kamu ketahui.

  1. RS Umum Mitra Sehat Yogyakarta Rp1.200.000.
  2. RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo Rp2.000.000.
  3. RS Dinda Tangerang Rp2.880.000.
  4. RS Harapan Mulia Bekasi Rp3.780.000.
  5. RS Medirossa Cikarang Rp4.250.000.
  6. RS Indriati Boyolali Rp5.614.800.
  7. RS Immanuel Bandung Rp7.000.000.
  8. RS Budi Asih Cikarang Rp7.332.000.
  9. RS Umum YARSI Jakarta Rp7.500.000.
  10. RS Yadika Kebayoran Lama Jakarta Rp7.610.422.
  11. RS Brawijaya Duren Tiga Jakarta Rp9.000.000.
  12. RS Mayapada Surabaya Rp11.775.000.
  13. RS Hermina Pekanbaru Rp12.419.000.
  14. RS Premier Jatinegara Jakarta Rp15.000.000.
  15. RS Siloam TB Simatupang Jakarta Rp15.000.000.
  16. RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta Rp20.000.000.

Demikian kisaran biaya operasi amandel pada beberapa RS di Indonesia. Adapun harga tersebut tentu bisa berubah tergantung kebijakan rumah sakit.

Biaya Operasi Amandel dengan BPJS Kesehatan

Jika melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa biaya operasi amandel tidaklah murah. Meski termasuk dalam golongan operasi sederhana dan sudah banyak dilakukan saat ini, tetapi biaya tersebut mungkin cukup berat bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu atau anggota keluarga mengalami radang amandel yang cukup parah, tetapi tidak memiliki biaya operasi amandel. Kamu bisa memanfaatkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Saat ini, pemerintah Indonesia menanggung berbagai biaya kesehatan masyarakat melalui program JKN. Salah satunya, biaya operasi amandel BPJS yang sesuai Pedoman Pelaksanaan JKN dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 28 Tahun 2014 yang menyebut bahwa semua biaya operasi dapat ditanggung dengan BPJS Kesehatan.

Dengan menggunakan BPJS Kesehatan, kamu bisa mendapatkan bebas biaya operasi amandel di rumah sakit serta perawatannya. Untuk mendapatkan biaya operasi amandel dengan BPJS Kesehatan, pihak rumah sakit akan meminta kamu melengkapi syarat. Contohnya, kartu peserta BPJS Kesehatan aktif, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Akte Kelahiran, rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan lain sebagainya.

Prosedur Operasi Amandel

loader

Perlu diketahui, operasi amandel terbagi dalam dua jenis, yakni operasi amandel total dan parsial. Operasi amandel total berarti mengangkat amandel sepenuhnya. Sementara, operasi parsial hanya mengangkat sebagian amandel. Namun, dokter biasanya lebih sering menyarankan tindakan operasi amandel total.

Ada tiga teknik operasi amandel yang biasa dilakukan oleh dokter. Pertama, Diathermy atau teknik menggunakan energi panas yang dikonsentrasikan di sekitar amandel. Energi ini menghancurkan jaringan amandel dan menutup pembuluh darah sehingga pendarahan pun berhenti. 

Kedua, Coblation atau ablasi yang menggunakan energi dari suhu dingin. Ketiga, Laser yaitu teknik operasi amandel yang menggunakan gelombang energi tinggi untuk memotong jaringan.

Jenis dan teknik operasi amandel tentu akan mempengaruhi biaya operasi amandel di rumah sakit. Jenis dan teknik tindakan yang berbeda akan memberikan biaya yang juga berbeda, baik teknik diathermy, coblation, maupun biaya operasi amandel dengan laser.

Adapun sebelum melakukan tindakan operasi amandel, kamu perlu mengetahui beberapa prosedurnya. Baik, orang dewasa maupun anak-anak diminta berpuasa selama 6 jam sebelum operasi. Jika operasi dilakukan pada anak, terus dampingi dan membiarkan anak membawa barang kesukaannya ke ruang operasi untuk mengurangi rasa cemas.

Efek Samping dan Perawatan Pasca Operasi Amandel

Setiap tindakan operasi akan memberikan beberapa efek samping. Antara lain, rasa kantuk dan pusing pasca operasi akibat pengaruh obat anestesi yang diberikan. Kemudian, pada operasi amandel biasanya akan menimbulkan efek sakit di tenggorokan dan telinga. 

Selain itu, tidak menutup kemungkinan efek samping lainnya juga bisa terjadi, seperti infeksi di bekas luka operasi, pendarahan, perubahan suara, serta kerusakan gigi dan rahang akibat penggunaan alat bedah saat operasi.

Sementara, untuk perawatan pasca operasi amandel tetap perlu dilakukan meskipun pasien dibolehkan langsung pulang. Beberapa perawatan, antara lain sebagai berikut.

  1. Bed rest selama beberapa hari pasca operasi.
  2. Mengkonsumsi rutin obat-obatan yang diresepkan dokter.
  3. Mengkonsumsi makanan dan/atau minuman yang mudah ditelan, seperti  puding, es krim, atau yogurt. 
  4. Hindari memakan makanan dengan tekstur kasar dan bersifat pedas dan/atau asam.
  5. Minum air putih yang banyak agar terhindar dari dehidrasi.
  6. Menghindari aktivitas ataupun olahraga berat dua minggu setelah operasi.

Cari Informasi Lengkap Prosedur dan Biaya Operasi Amandel

Demikianlah informasi seputar prosedur, perawatan, serta biaya operasi amandel yang bisa kamu ketahui. Adapun dengan penjelasan di atas, sedikit banyak bisa membantu kamu mengetahui tentang operasi amandel.

Meskipun begitu, biaya operasi amandel yang tertera di atas merupakan kisaran yang tentu bisa berbeda dan berubah. Untuk lebih lengkap, kamu bisa menghubungi kontak rumah sakit yang dituju agar mendapat informasi terbaru. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui syarat dan ketentuan penggunaan BPJS Kesehatan. Semoga informasi tersebut bermanfaat, ya!