Infeksi Pada Kuku, Ini Estimasi Biaya Operasi Cantengan

Masalah kesehatan pada kuku, yakni cantengan seringkali dianggap sepele. Penyakit yang disebabkan oleh jamur atau bakteri di bagian kuku yang menyebabkan infeksi. Meski bisa ditangani dengan perawatan sederhana di rumah, pada kondisi cukup parah cantengan perlu dioperasi. Lalu, berapakah biaya operasi cantengan?

Rasanya memang kita jarang mendengar penyakit cantengan berujung operasi. Namun, pada sebagian kasus infeksi cantengan bisa makin parah jika tidak segera dilakukan operasi. Namun, biaya operasi cantengan ternyata tidak semahal yang dibayangkan seperti jenis operasi lainnya.

Pada artikel ini kita akan membahas biaya operasi cantengan serta prosedur yang bisa jadi informasi penting untukmu. Yuk, simak informasinya secara lengkap!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Cantengan

loader

Biaya operasi cantengan pada setiap fasilitas kesehatan (faskes) tentu berbeda-beda. Tindakan ini memang bisa dilakukan di banyak faskes, mulai dari puskesmas hingga Rumah Sakit (RS). Akan tetapi, bagi yang ingin mendapatkan biaya operasi cantengan lebih terjangkau maka bisa melakukannya di puskesmas.

Di puskesmas, kamu bisa melakukan tindakan operasi cantengan hanya dengan biaya sekitar Rp50.000. Biaya ini mencakup pendaftar sekitar Rp15.000 dan obat antibiotik Rp35.000 untuk pereda nyeri yang dikonsumsi pasca operasi. Namun, biaya operasi cantengan tersebut tentu berbeda dengan biaya di klinik swasta maupun RS. Biayanya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. 

Baca Juga: Ketahui Prosedur hingga Biaya Operasi Patah Tulang

Biaya Operasi Cantengan dengan BPJS Kesehatan

Biaya operasi cantengan merupakan salah satu yang masuk dalam daftar tertanggung BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkannya BPJS Kesehatan sehingga bebas biaya operasi cantengan.

Namun, sebelum memanfaatkan layanan tersebut pastikan kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif dengan rutin membayar iuran.

Selain itu, kamu juga harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan pada masing-masing puskesmas.

Prosedur Operasi Cantengan di Puskesmas

loader

Perlu diketahui, salah satu cara untuk mengatasi cantengan adalah operasi cabut kuku. Tindakan ini bisa dilakukan di puskesmas. Berikut adalah beberapa prosedur tindakan operasi cantengan di puskesmas.

  1. Lakukan pendaftaran di loket administrasi puskesmas dan ambil nomor antrean.
  2. Jika tiba giliran, kamu akan diminta melakukan pemeriksaan dan tindakan operasi cantengan dengan dokter.
  3. Dokter akan memulai tindakan dengan menyuntikan bius ke tiga bagian jari sehingga tidak merasa sakit saat proses operasi cabut kuku.
  4. Kemudian, dokter selanjutnya mencabut atau mencopot seluruh kuku penyebab cantengan dengan cepat.
  5. Selesai tindakan, bagian luka ditutup perban dan pasien diperbolehkan menunggu obat pereda nyeri yang diresepkan.

Itulah beberapa prosedur tindakan operasi cantengan di puskesmas. Tindakan tersebut terbilang cukup sederhana. Namun, manfaatnya cukup besar dalam mencegah infeksi berkelanjutan pada masalah cantengan. Oleh karena itu, meskipun terlihat sepele jangan biarkan cantengan parah dan mengganggu aktivitas.

Baca Juga: Definisi, Langkah, dan Rincian Biaya Operasi Hidung di Indonesia

Cara Merawat Luka Pasca Operasi Cantengan

Sebagai informasi, setiap operasi tentu membutuhkan perawatan pasca tindakan. Termasuk, operasi cabut kuku pada cantengan yang juga perlu kamu rawat secara mandiri di rumah. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan infeksi baru dan kondisi lain yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips merawat luka pasca operasi cantengan.

  1. Pastikan kamu menghindari atau menjaga luka operasi tetap kering dan tidak terkena air.
  2. Bersihkan luka dengan steril menggunakan kain kasa.
  3. Oleskan secara rutin salep antibiotik pada bagian bekas operasi.
  4. Lakukan penggantian perban berkala pada pagi dan sore setiap hari.
  5. Terus lakukan berbagai perawatan di atas hingga luka mengering dan sembuh.

Itulah beberapa tips merawat luka bekas operasi cantengan yang perlu dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan demikian, luka bekas operasi dapat membaik dan kembali pulih seperti sedia kala.

Jangan Lagi Khawatir Biaya Operasi Cantengan Mahal

Demikian informasi seputar biaya operasi cantengan sekaligus prosedur tindakan dan perawatannya. Kini, jika mengalami cantengan, jangan lagi khawatir untuk memeriksakan ke faskes terdekat bahkan melakukan operasi jika disarankan.

Kamu tidak perlu khawatir lagi soal biaya operasi cantengan. Pasalnya, kini puskesmas sudah menyediakan layanan tindakan operasi cantengan dengan biaya sangat terjangkau. 

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan BPJS Kesehatan agar bisa mendapatkan bebas biaya, mulai dari pemeriksaan, tindakan operasi, dan obat-obatan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Jenis Operasi Apa yang Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Daftarnya