Biaya Operasi Kalazion Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ketahui Syaratnya

Operasi merupakan salah satu tindakan medis yang memiliki biaya cukup besar. Meskipun begitu, tindakan ini menjadi rekomendasi banyak kondisi penyakit, termasuk kalazion. Biaya operasi kalazion sendiri beragam pada setiap Rumah Sakit (RS), mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sebelum jauh membahas biaya operasi kalazion. Perlu diketahui, kalazion adalah penyakit berupa timbulnya benjolan di sekitar mata. Hal ini disebabkan adanya sumbatan meibom yang berfungsi melembabkan dan melindungi mata.

Nah, untuk kamu yang mengalami kalazion. Artikel ini akan membahas terkait biaya operasi kalazion dengan dan tanpa BPJS Kesehatan.

Biaya Operasi Kalazion secara Mandiri

loader

Ada banyak penyebab timbulnya kalazion. Akan tetapi, jika tidak kunjung membaik setelah dilakukan beberapa tindakan perawatan, dokter akan menyarankan operasi. Untuk biaya operasi kalazion sendiri beragam pada setiap RS. Berikut beberapa informasi estimasi biaya operasi kalazion di Indonesia.

  1. Rumah Sakit Siloam Tb Simatupang, Jakarta Rp503.000.
  2. Ciputra SMG Eye Clinic Rp1,5 jutaan.
  3. Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Rp5,6 juta.
  4. Rumah Sakit Harapan Sehati, Bogor Rp276.000.
  5. Rumah Sakit Eka Hospital Cibubur, Bogor Rp750.000.
  6. Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok Rp835.000.
  7. Rumah Sakit Permata Depok Rp4,5 jutaan.
  8. Rumah Sakit Mitra Keluarga Bintaro Rp935.000.
  9. Rumah Sakit Graha Juanda, Bekasi Rp 660.000.
  10. Klinik Utama Bandung Eye Center Rp565.000.
  11. Rumah Sakit Umum Mitra Sehat, Yogyakarta Rp650.000.
  12. Rumah Sakit Siloam Surabaya Rp750.000.
  13. Rumah Sakit Banyumanik 2 Semarang Rp250.000.
  14. Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar, Bali Rp2,5 juta.
  15. Rumah Sakit Khusus Mata Medan Baru Rp200.000

Demikian beberapa estimasi biaya operasi kalazion pada berbagai RS di Indonesia. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, kamu perlu konfirmasi ke pihak RS untuk mengetahui informasi terbaru.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Biaya Operasi Kalazion dengan BPJS Kesehatan

loader

Nah, jika sudah tau biaya operasi kalazion di beberapa RS di Indonesia. Kabar baiknya, tindakan operasi kalazion masuk ke dalam salah satu daftar yang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan. Dengan demikian, bagi peserta BPJS Kesehatan bisa menggunakannya untuk operasi kalazion tanpa biaya.

Adapun pertanggungan BPJS Kesehatan dalam tindakan operasi kalazion cukup membantu masyarakat, terutama untuk ekonomi kelas bawah. Dengan BPJS Kesehatan, kamu bisa mendapatkan bebas biaya pemeriksaan sebelum operasi, biaya tindakan operasi, hingga perawatan dan obat pasca operasi.

Namun, jika ingin menggunakan BPJS Kesehatan agar bebas biaya operasi kalazion, pastikan kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan. Salah satu diantaranya adalah terdaftar sebagai peserta aktif, yaitu tidak memiliki tunggakan iuran.

Baca Juga: Ketahui Biaya Operasi Varikokel, Pakai BPJS dan Tanpa BPJS

Syarat Bebas Biaya Operasi Kalazion dengan BPJS Kesehatan

Untuk bisa mendapat pertanggungan kan biaya operasi kalazion dengan BPJS Kesehatan, kamu harus memenuhi beberapa syarat yang diminta. Pertama, kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS yang aktif. Kedua, surat rujukan dari Puskesmas atau Faskes Tingkat Pertama. Ketiga, kartu pasien dari rumah sakit rujukan.

Setelah memiliki ketiga syarat tersebut,  kamu bisa membawanya ke RS yang ditunjuk. Nantinya, pihak RS akan melakukan tindakan, meliputi konsultasi dokter, pemeriksaan, operasi, dan obat-obatan. Semua tindakan dan pelayanan kesehatan ini bisa didapatkan secara gratis.

Baca Juga: Jenis Operasi Apa yang Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Daftarnya

Memanfaatkan Biaya Operasi Kalazion Gratis dengan BPJS kesehatan

Demikian adalah informasi seputar biaya operasi kalazion, baik secara mandiri maupun menggunakan BPJS Kesehatan. Adapun jika terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, sebaiknya kamu memanfaatkan untuk operasi kalazion.

Pasalnya, kamu bisa bebas dari berbagai biaya. Tidak hanya biaya operasi kalazion yang ditanggung secara gratis, BPJS Kesehatan juga akan menanggung biaya-biaya lainnya, sebelum dan sesudah operasi. Penggunaan BPJS Kesehatan ini sangat jauh menghemat dibandingkan memilih operasi dengan biaya mandiri. 

Akan tetapi, jangan sampai kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki sedang berstatus tidak aktif. Sebab, kamu tidak bisa mendapatkan biaya operasi kalazion gratis nantinya. 

Baca Juga: Tanya-Jawab BPJS Kesehatan, Ini Fakta Penting Layanan BPJS yang Perlu Diketahui