Ingin Mengubah Bentuk Tubuh? Ini Biaya Operasi Plastik yang Harus Dikeluarkan

Untuk menjaga penampilan, terkadang kita menginginkan terjadinya perubahan tertentu pada tubuh sesuai keinginan. Perubahan itu bisa diwujudkan melalui operasi plastik. Operasi plastik adalah tindakan klinis untuk mengubah atau memperbaiki bagian tubuh tertentu.

Karena merupakan tindakan klinis, operasi plastik harus dilakukan oleh dokter profesional yang berpengalaman di bidang tersebut. Sebelum melakukan operasi plastik, pasien juga harus melewati pemeriksaan-pemeriksaan tertentu.

Sebenarnya, operasi plastik berhubungan dengan jaringan kulit dan otot manusia. Oleh karena itu, umumnya bagian yang dioperasi pun hanya pada bagian tubuh tersebut saja.

Penasaran dengan operasi plastik? Berikut informasi dan penjelasan mengenai definisi, langkah yang harus ditempuh, dan biaya operasi plastik itu sendiri. Simak penjelasannya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Apa Itu Operasi Plastik?

loader

Apa Itu Operasi Plastik?

Banyak orang mengetahui tindakan operasi plastik sebagai bentuk upaya dalam mempercantik diri. Padahal, operasi plastik tak melulu soal kecantikan. Operasi plastik bisa ditujukan untuk dua hal, yakni estetika dan rekonstruksi bagian tubuh.

Estetika Rekonstruksi Bagian Tubuh

Tindakan yang dilakukan pada operasi ini sesuai dengan keinginan pasien. Contohnya, apabila pasien merasa kurang percaya diri dengan bentuk mata yang tidak memiliki kelopak, operasi penambahan lipatan mata pun akan dilakukan.

Walaupun berdasarkan keinginan pasien, operasi ini tetap berjalan sesuai prosedur dan keamanan yang ditentukan oleh dokter bedah plastik. Sebab, terdapat sejumlah risiko dan tata laksana yang harus dipertimbangkan.

Tindakan ini bisa dilakukan untuk memperbaiki bagian tubuh tertentu sehingga bisa berfungsi normal kembali. Contohnya, kerusakan jaringan kulit akibat luka bakar.

Pada operasi plastik untuk rekonstruksi, tindakan yang dilakukan berfokus pada pengembalian fungsi bagian tubuh yang rusak menjadi seperti sedia kala. Tindakan ini juga harus dilakukan sesuai prosedur dan keamanan yang dipertimbangkan oleh dokter bedah plastik.

Meski tak bisa sesuai keinginan, dokter bedah plastik untuk rekonstruksi akan berusaha memperbaiki fungsi dengan mempertimbangkan estetika pula. Jadi, selain menjadi lebih sehat, kamu juga bisa mendapatkan kembali kepercayaan diri.

Langkah Operasi Plastik

loader

Langkah Operasi Plastik

  1. Pilihlah klinik yang terpercaya. Pertimbangkan pula harga serta ulasan dari orang lain yang sudah pernah operasi di klinik tersebut.
  2. Setelah memilih klinik, segera lakukan konsultasi dengan dokter kecantikan di klinik tersebut. Sebab, untuk memutuskan ingin operasi plastik, dokter harus mempertimbangkan kondisi medis tertentu, tergantung kondisi tubuh.
  3. Setelah berkonsultasi dan mendapatkan pertimbangan dokter, kamu akan dijelaskan tentang tata laksana operasi. Kamu juga akan diberi tahu aktivitas yang harus atau tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah operasi.
  4. Memasuki hari operasi, pastikan kamu berada dalam kondisi prima, baik fisik maupun mental. Sebab, kondisi yang kurang prima bisa berpengaruh terhadap operasi. Jangan sampai, karena kurang menjaga kondisi tubuh, operasi menjadi tertunda.
  5. Setelah operasi, kamu akan melewati masa pemulihan. Biasanya, pada masa pemulihan, terdapat obat-obatan tertentu yang harus dikonsumsi. Kamu juga harus melaksanakan prosedur tertentu, seperti menghindari sejumlah aktivitas dan merawat luka bekas operasi. Tak sampai di situ, kamu juga harus rutin memeriksakan diri pascaoperasi plastik. Sebab, ada penyesuaian tertentu yang harus ditempuh untuk membiasakan diri dengan bentuk baru tubuh.

Kamu harus mengingat bahwa hal terpenting dari pelaksanaan operasi plastik adalah mengikuti seluruh tata laksana yang sudah diarahkan oleh dokter bedah plastik yang menanganimu. Apabila tidak diikuti, dampaknya bisa fatal dan membahayakan.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Biaya Operasi Plastik

Sebelum melakukan operasi plastik, kamu harus mengetahui bahwa tidak semua biaya operasi ditanggung oleh asuransi. Sebab, operasi plastik tidak hanya berhubungan dengan fungsi tubuh, tetapi juga estetika.

Kamu harus mengetahui bahwa biaya yang dikeluarkan pun berbeda. Apabila operasi plastik bertujuan untuk rekonstruksi fungsi tubuh, asuransi kesehatan milikmu bisa menanggung biaya ini.

Akan tetapi, apabila operasi plastik yang diinginkan bertujuan untuk kecantikan, kamu tidak bisa menggunakan asuransi apa pun. Sebab, kondisi ini bukanlah kondisi klinis yang dapat membahayakan jika tidak dilakukan tindakan. Jadi, kamu harus membayar sendiri biaya tindakan dan pengobatannya.

  • Untuk Rekonstruksi

    Bagi yang ingin melakukan operasi plastik karena kebutuhan fungsi, biaya yang dikeluarkan beragam. Hal ini terjadi karena biaya tergantung pada bagian tubuh yang akan dioperasi, alat operasi, dan tingkatan jaminan kesehatan. Tingkat kesulitan operasi pun dipertimbangkan karena bertujuan untuk fungsi organ tubuh.

    Mengacu pada biaya dengan tanggungan BPJS kelas 2 Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 73/PMK.05/2013, terdapat beberapa tingkatan operasi plastik rekonstruksi dengan biaya yang berbeda.

    Untuk bedah plastik kecil, biaya yang harus dikeluarkan oleh pasien adalah Rp850.000. Lalu, untuk bedah plastik sedang, biayanya berkisar pada Rp2.320.000 per tindakan. Kemudian, bedah plastik besar dibanderol mulai dari Rp4.080.000 per tindakan.

    Selain ketiga tingkatan tersebut, ada pula bedah plastik canggih yang memakan biaya Rp4.740.000 per tindakan. Lalu, bedah plastik khusus atau khusus tingkat III memakan biaya sebesar Rp5.445.000 untuk setiap tindakan.

    Terakhir, ada bedah plastik khusus tingkat II dan bedah plastik khusus tingkat I. Masing-masing tindakan memakan biaya Rp7.030.000 dan Rp9.455.000.

    Seluruh tingkatan akan dijelaskan oleh pihak rumah sakit. Jadi, kamu tidak bisa memilih tingkatan sendiri. Konsultasikan dengan dokter yang menanganimu.

    Apabila memiliki asuransi kesehatan, kamu juga dapat mengonsultasikan biaya operasi dengan pihak rumah sakit. Sebab, pada asuransi tertentu, biaya operasi plastik, mulai dari konsultasi hingga pemulihan, bisa ditanggung seluruhnya.

  • Untuk Kecantikan

    Seperti sudah dijelaskan, operasi plastik untuk kecantikan dibayar secara pribadi oleh kamu. Harga tindakannya pun berbeda, tergantung klinik dan area jenis operasi yang diinginkan.

    Konsultasi untuk operasi plastik berkisar dari rentang harga Rp350.000 hingga Rp500.000. Sementara, untuk tindakan, terdapat perbedaan harga.

    Untuk biaya implan payudara, biaya yang dikeluarkan berkisar antara Rp50.000.000 hingga Rp60.000.000. Untuk biaya sedot lemak, biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp20.000.000 hingga Rp35.000.000. Lalu, untuk operasi rhinoplasty atau bedah hidung, kamu bisa dikenai sekitar Rp20.000.000.

    Kemudian, untuk operasi bedah tummy tuck atau tindakan meratakan perut, kamu bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp55.000.000. Untuk biaya tindakan gynecomastia atau peningkatan jumlah kelenjar payudara berkisar antara Rp60.000.000 hingga Rp75.000.000.

    Lalu, apabila ingin melakukan tindakan eyelid surgery atau operasi lipatan mata, kamu bisa mengeluarkan biaya sebesar Rp20.000.000.

    Terdapat tindakan-tindakan lain yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, jika ingin melakukan tindakan lain yang tidak tertera sebelumnya, silakan konsultasi langsung pada klinik kecantikan pilihan.

Biaya Operasi Plastik dan Persiapannya

Itulah beberapa informasi tentang operasi plastik, mulai dari definisi, langkah yang harus diperhatikan, hingga biaya operasi plastik.

Apabila ingin operasi plastik rekonstruksi, jangan lupa untuk selalu konsultasikan ke dokter. Ikuti pula tata laksana dan terapi yang dianjurkan untuk membiasakan diri setelah tindakan operasi.

Apabila ingin operasi plastik kecantikan, jangan lupa pertimbangkan risiko yang bisa didapatkan. Rajinlah pula berkonsultasi dengan dokter bedah kecantikan. Sebab, setelah dioperasi, kamu tidak bisa meminta untuk kembali ke keadaan sebelumnya.

Apa pun itu, pilihan ada di tanganmu. Jadi, jangan lupa untuk rajin riset dan berkonsultasi dengan ahlinya, ya!