Ketahui, Ini Berapa Estimasi Biaya Operasi Saraf Kejepit di Indonesia

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin penasaran dengan besaran biaya operasi saraf kejepit. Pasalnya, masalah kesehatan satu ini sering dialami oleh masyarakat Indonesia, baik remaja maupun orang tua. Penyebab dari saraf kejepit sendiri beragam, seperti kecelakaan hingga cedera. Begitu pula dengan penanganannya, mulai dari pengobatan ringan seperti terapi serta pengobatan berat melalui operasi.

Tindakan operasi saraf kejepit biasanya disarankan jika pengobatan ringan selama beberapa waktu tidak kunjung memberikan hasil membaik. Selain itu, operasi juga bisa disarankan saat terjadi gejala melemah pada beberapa bagian tubuh, gangguan sensorik, serta masalah lainnya.

Namun, tindakan operasi saraf kejepit memang membutuhkan biaya cukup besar. Estimasi biaya operasi saraf kejepit bisa mencapai puluhan juta. Oleh karena itu, banyak orang yang enggan mengikuti saran pengobatan melalui operasi karena alasan biaya. Adapun pada artikel ini akan dibahas terkait estimasi biaya operasi saraf kejepit serta penggunaan BPJS Kesehatan untuk bebas biaya.

Baca Juga: Ketahui Rincian Biaya Operasi Miom Terbaru Sebelum Melakukan Operasi

Biaya Operasi Saraf Kejepit

loader

Bicara soal biaya operasi, tentu kamu memang perlu menyiapkan dana cukup besar. Untuk estimasi biaya operasi syaraf kejepit adalah Rp50 jutaan sampai Rp90 jutaan. Biaya ini tentu berbeda pada setiap Rumah Sakit (RS) sekaligus fasilitas yang didapatkan.

Hampir di setiap RS di Indonesia menyediakan paket biaya operasi saraf kejepit. Biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya kunjungan dokter, kamar perawatan, tindakan operasi, serta obat-obatan. Akan tetapi, pemeriksaan sebelum operasi dan pasca operasi di luar daripada biaya paket sehingga membutuhkan dana tambahan.

Berikut adalah beberapa estimasi biaya operasi syaraf kejepit di RS di Indonesia yang bisa jadi informasi untukmu.

  1. Rumah Sakit Premier Bintaro Rp90 juta.
  2. Eka Hospital BSD Rp90 juta.
  3. Eka Hospital Bekasi Rp90 juta.
  4. Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto Rp50 juta.
  5. Rumah Sakit EMC Tangerang Rp60 juta.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Biaya Operasi Saraf Kejepit dengan BPJS Kesehatan

loader

Pemerintah Indonesia mengadakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sesuai fungsinya, masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa memanfaatkannya untuk mendapat pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Adapun dari berbagai penyakit yang tertanggung oleh BPJS Kesehatan, pengobatan saraf kejepit termasuk salah satu di dalamnya. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan biaya operasi saraf kejepit gratis menggunakan BPJS Kesehatan. Beberapa biaya yang ditanggung, di antaranya adalah biaya operasi, pain intervention, micro endoscopic discectomy (MED), microscopic discectomy, laser PLLD, dan radiofrequency.

Kemudian, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya pemeriksaan sebelum operasi, perawatan pasca operasi, obat-obatan, serta kamar rawat inap tergantung kelas pada kepesertaan BPJS Kesehatan. Namun, untuk bisa mendapatkan biaya operasi saraf kejepit gratis dengan BPJS Kesehatan, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  1. Memiliki kartu BPJS Kesehatan yang aktif.
  2. Memiliki surat rujukan dari faskes tingkat pertama.
  3. Mendapat diagnosa medis saraf kejepit dengan hasil pemeriksaan penunjang, seperti rontgen, MRI, dan CT scan.
  4. Memiliki persetujuan tindakan operasi dari keluarga atau wali jika pasien di bawah umur.

Itulah beberapa syarat yang wajib dipenuhi jika ingin melakukan tindakan operasi saraf kejepit menggunakan BPJS Kesehatan. Dengan demikian, kamu bisa bebas biaya operasi dan lainnya sehingga fokus terhadap penyembuhan.

Baca Juga: Daftar Layanan dan Penyakit yang Ditanggung dan Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Pilih Biaya Operasi Saraf Kejepit yang Sesuai

Demikianlah informasi seputar biaya operasi saraf kejepit serta syarat yang dibutuhkan jika ingin menggunakan BPJS Kesehatan. Adapun kamu bisa menyesuaikan keuangan yang dimiliki untuk memilih tindakan operasi saraf kejepit. Misalnya, jika ingin melakukan operasi secara mandiri, kamu bisa memilih RS dengan paket biaya dan fasilitas yang sesuai.

Adapun, bagi yang ingin memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk biaya operasi saraf kejepit gratis pun tidak masalah. Namun, pastikan kamu memenuhi syarat yang disebutkan di atas, ya!

Baca Juga: Jenis Operasi Apa yang Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Daftarnya