Biaya Sulap Rumah Jadi Ruangan Kerja, Cek Di Sini!

Pandemi yang terjadi pada tahun 2020 secara tidak langsung mengubah metode kerja di beberapa perusahaan. Dari yang dulunya bekerja penuh di kantor, kini menjadi hybrid. Artinya bisa kerja di rumah maupun di kantor.

Sekilas kedengaran menyenangkan, tapi suasana yang berbeda terkadang dapat mengganggu konsentrasi kerja. Tak heran kalau keinginan untuk menyulap kamar menjadi ruangan kerja terbersit di pikiran. Kira-kira, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun ruang kerja minimalis?

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Perhitungan, Berapa Sih Biaya Pasang Kanopi yang Perlu Kamu Siapkan?

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Keuntungan Bekerja dari Rumah

loader

Work From Home

Meskipun dapat mempengaruhi efisiensi kerja, nyatanya kerja dari rumah memiliki sejumlah keuntungan yang tidak akan didapatkan kalau bekerja di kantor. Adapun keuntungan kerja di rumah, di antaranya.

  1. Bekerja Lebih Fleksibel

    Fleksibilitas kerja dari rumah jauh lebih tinggi daripada di kantor. Waktu untuk berangkat kerja bisa dipangkas untuk hal lain yang tak kalah penting, seperti berolahraga, memasak, meditasi, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan kamu jauh lebih produktif, karena tidak lagi terjebak macet di pagi hari.

  2. Hemat Budget

    Kerja dari rumah juga menghemat budget bulanan, lho! Biaya transportasi, jajan, dan makan siang di luar kantor bisa kamu alihkan untuk membeli kebutuhan lain atau ditabung. Sebagian juga bisa diinvestasikan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang agar kamu dapat menikmati sejumlah keuntungan.

  3. Hidup Terasa Seimbang

    Banyaknya tuntutan pekerjaan sering kali membuat hidup menjadi tak seimbang. Namun, adanya kesempatan kerja di rumah setidaknya mampu menyeimbangkan hidupmu untuk sementara waktu. Kamu punya waktu untuk beristirahat, melakukan hobi, dan aktivitas lainnya, sehingga waktu yang dimiliki tidak habis untuk mengurusi pekerjaan saja.

  4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

    Minimnya tatap muka akibat kerja di rumah meningkatkan kemampuan komunikasi secara perlahan. Dalam situasi ini, kamu dipaksa menjadi mampu untuk menyampaikan informasi kepada rekan kerja demi menghindari miskomunikasi yang berdampak pada banyak divisi. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri saat cara kerja kembali normal, karena kamu mampu menyampaikan informasi secara ringkas dan padat.

  5. Terhindar dari Gosip

    Masalah rambut berantakan, pakaian belum disetrika, dan semacamnya tidak lagi kamu dengarkan selama kerja di rumah. Yang terpenting adalah pekerjaan selesai sesuai deadline, kamu dapat bekerja secara tim, dan memberikan informasi kepada sesama rekan kerja. Hidupmu jauh lebih damai untuk sementara waktu, karena bebas gosip.

Estimasi Biaya Menyulap Kamar Tidur Menjadi Ruangan Kerja

Biaya yang perlu disiapkan berbeda-beda, tergantung dari luas kamar dan konsep yang ingin diaplikasikan untuk kamar tidur. Antara konsep minimalis, estetik, dan mezzanine tentu berbeda biayanya. Agar lebih jelas, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Ruang Kerja Minimalis

    Minimalis berarti sederhana, tapi tidak melupakan fungsi untuk dapatkan kesan terbaik. Estimasi biaya yang kamu perlukan untuk menyulap kamar menjadi ruang kerja minimalis adalah Rp4.700.000. Rinciannya adalah sebagai berikut:

      • Dua kaleng cat : Rp500.000
      • Lantai vynil : Rp2.000.000
      • Jam dinding : Rp200.000
      • Rak gantung : Rp150.000
      • Kursi putih dan meja : Rp450.000
      • Cermin : Rp650.000
      • Karpet : Rp200.000
      • Storage : Rp300.000
      • Kursi stool : Rp250.000
  2. Ruang Kerja Monokrom

    Jika kamu menginginkan ruang kerja dengan sentuhan monokrom, kamu bisa tambahkan warna hitam dan putih. Bisa untuk cat dinding, peralatan kerja, dan lain sebagainya. Estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar Rp3.200.000, dengan rincian sebagai berikut:

    • Sprei motif monokrom : Rp200.000
    • Meja portable : Rp200.000
    • Karpet bulu : Rp150.000
    • Lukisan monokrom : Rp350.000
    • Rak dinding : Rp100.000
    • Meja kerja : Rp500.000
    • Kursi : Rp200.000
    • Lantai vynil : Rp1.000.000
    • Cat dinding : Rp500.000
  3. Ruang Kerja Mezzaine

    Konsep terakhir yang bisa diusung adalah ruang kerja mezzanine. Dikatakan mezzanine karena bagian atasnya digunakan sebagai tempat tidur, sementara bagian bawahnya bisa disulap menjadi ruang kerja minimalis. Estimasi biaya yang dibutuhkan sekitar Rp3.500.000, dengan rincian sebagai berikut:

    • Meja : Rp300.000
    • Kursi : Rp200.000
    • Lampu hias : Rp200.000
    • Tirai : Rp150.000
    • Ambal : Rp100.000
    • Mezzanine :  2.400.000
    • Pajangan dinding : Rp150.000

    Baca Juga: Growing House: Jenis dan Tips Pembangunannya

    Tips Menentukan Biaya Membangun Ruangan Kerja

    Mengubah fungsi suatu ruangan tentu menghabiskan sejumlah biaya. Dari kamar tidur menjadi ruangan kerja, misalnya, pastinya ada barang yang harus ditambahkan untuk membangun suasana kerja sungguhan. Nah, sejumlah tips saat menentukan biayanya akan dibahas di bawah ini.

  4. Membuat Rincian Pembangunan

    Untuk mengetahui estimasi biaya yang dikeluarkan, kamu perlu mengetahui rincian pembangunannya terlebih dahulu. Misalnya, menentukan model ruang kerja yang diinginkan (minimalis, monokrom, atau mezzaine). Rincian pembangunan akan membantu melancarkan proses renovasi, jadi hasilnya sesuai keinginan.

    Di dalam rincian ini, kamu perlu mencatat jenis furnitur yang ingin ditambahkan di dalam kamar. Di dalamnya termasuk keperluan kerja, seperti alat tulis, rak, dan lain sebagainya. Usahakan agar pencatatannya terperinci, jadi kamu punya gambaran nyata tentang ruang kerja yang diinginkan.

  5. Membuat Denah

    Tips selanjutnya adalah membuat denah kerja yang sesuai dengan denah kamar milikmu. Denah ini adalah dasar pembangunan karena berhubungan dengan luas ruangan, tata letak furnitur, dan kebutuhan lainnya selama proses pembangunan. Adanya denah akan memudahkanmu untuk menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan.

    Pembuatan denah ini dapat dibantu oleh mereka yang ahli di bidangnya. Jika kamu punya sedikit keahlian dalam bidang membuat denah, tidak ada salahnya untuk melakukannya sendiri. Agar semakin terbantu, kamu bisa mencari berbagai referensi di internet.

Banyak Perabotan yang Dibutuhkan

loader

Merenovasi kamar menjadi ruangan kerja

Banyak tidaknya biaya yang dibutuhkan untuk menyulap kamar tidur menjadi ruang kerja minimalis sangat tergantung pada jumlah perabotan. Semakin banyak perabotan yang ingin ditambahkan untuk dapatkan ruang kerja yang nyaman, maka semakin mahal biayanya. Hal sebaliknya pun berlaku.

Sebaiknya tuliskan perabotan apa saja yang sebenarnya kamu butuhkan untuk menunjang kerja di rumah. Mulai dari perabotan berukuran besar sampai kecil, jadi perhitungan biayanya menjadi lebih terperinci. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan perabotan yang sudah ada untuk menghemat biaya renovasi kamar tidur.

  1. Biaya Cat Ulang

    Agar suasana di kamar tidur senyaman di tempat kerja, maka kamu perlu mengecat ulang bagian dinding yang mulai pudar. Estimasi biayanya sekitar Rp500.000. Selain cat dinding, kamu perlu memperhatikan tingkat kekokohan dinding.

    Jika ternyata dinding mulai retak, sebaiknya amplas agar tidak mengganggu pemandangan. Memang akan ada biaya tambahan yang perlu disiapkan. Tapi berhubung untuk meningkatkan kenyamanan dalam jangka panjang, jangan ragu untuk melakukan beberapa perbaikan yang memang dibutuhkan.

  2. Beberapa Dekorasi

    Agar lebih enak dipandang, tambahkan beberapa dekorasi pada kamar tidur. Mulai dari lukisan, lampu hias, tanaman hias, lilin aromaterapi, rak dinding tempel, dan lain sebagainya. Barang-barang dekorasi bisa dibeli secara online maupun offline.

    Dekorasi yang dipilih tentu harus disesuaikan dengan konsep ruang kerja yang diinginkan. Jika konsepnya minimalis estetik, sebaiknya hindari warna-warna terang, seperti biru, merah, hijau, atau magenta. Beralihlah ke warna-warna yang lebih soft, seperti putih, cream, abu-abu, atau kuning pucat.

  3. Upah Tukang

    Setiap daerah memiliki upah minimum yang berbeda-beda. Misalnya antara Jakarta dan Semarang, upah tukang di Jakarta otomatis lebih mahal karena upah regionalnya lebih tinggi. Hal ini perlu dipikirkan dengan baik karena sangat mempengaruhi total biaya renovasi secara keseluruhan.

    Upah standar tukang adalah Rp200.000 per hari, sedangkan asisten tukang sebesar Rp125.000 per hari. Tentukan apakah kamu butuh tukang dan asistennya atau hanya tukang saja. Kemudian, tentukan berapa orang yang akan dipekerjakan agar proses renovasi dapat segera dimulai.

Ciptakan Ruang Kerja Ternyaman Sesuai Versimu

Estimasi biaya menyulap kamar tidur menjadi ruang kerja minimalis berbeda-beda, tergantung konsep, luas kamar, dan kebutuhan perabotan di dalamnya. Selain mempertimbangkan biaya, kamu perlu pertimbangkan tingkat kenyamanan ruang kerja milikmu. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada hasil selama kerja dari rumah.

Jika kamu berencana ingin menyulap kamar tidur menjadi ruang kerja, sebaiknya cari referensi sebanyak-banyaknya mulai dari sekarang. Manfaatkan sosial media, seperti Instagram atau Pinterest untuk mencari tipe ruang kerja yang benar-benar diinginkan. Setelah itu, kamu bisa pikirkan mengenai denah, tata letak, pemilihan warna dinding, dan jumlah tukang untuk mendukung dan memaksimalkan hasilnya nanti.

Baca Juga: Tips Sulap Rumah yang Mau Dijual Tanpa Renovasi, Cuma Butuh Tenaga