Bikin Resah! Ini 5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh dari Covid-19 Varian Baru

Saat ini, gelombang virus Covid-19 dengan varian baru mulai bermunculan di Indonesia dan membuat banyak orang resah. Penyebaran dari varian baru ini lebih cepat, akibatnya terjadi peningkatan jumlah korban imbas dari minimnya fasilitas dan tenaga kesehatan yang memadai.

Oleh sebab itu, tak hanya protokol kesehatan saja yang harus dijalankan, tapi kamu juga dituntut untuk menjaga daya tahan tubuh lebih baik lagi. Hal ini penting dilakukan supaya tubuh mampu melawan bakteri maupun virus yang datang menyerang. 

Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus penyakit termasuk virus Covid-19. Simak rangkuman berikut selengkapnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Gejala Varian Covid-19 Terbaru

loader
Covid-19 Varian Baru

Perlu kamu ketahui, berikut gejala dari masing-masing varian Covid-19 yang terbaru agar kamu bisa lebih menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga, antara lain:

Omicron

Deltacron

Delmicron

IHU

sakit kepala, flu, kelelahan (baik ringan atau berat), bersin, sakit tenggorokan, demam,  kehilangan bau, batuk terus-menerus, kehilangan nafsu makan, kabut otak, keringat malam

sakit tenggorokan, batuk, lemah, pilek, hingga kehilangan rasa dan penciuman

suhu tinggi, batuk terus-menerus, sakit kepala, pilek dan sakit tenggorokan.

Gangguan pernapasan ringan hingga akut

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Meski hampir semua varian Covid-19 memiliki gejala yang hampir sama, akan tetapi kamu dan keluarga tetap harus waspada. Berikut cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa kamu lakukan, antara lain

1. Perhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi

loader
Memperhatikan asupan nutrisi

Hal pertama dan paling utama untuk dilakukan agar daya tahan tubuh meningkat adalah dengan menjaga dan memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Mulai dari apa yang diminum dan dimakan sehari-hari, semuanya punya peranan yang penting dalam sistem metabolisme tubuh. Karena hal ini berkaitan erat dengan kondisi saluran pencernaan.

Di sebuah penelitian disebutkan jika 70% sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh kondisi kesehatan pada saluran cerna. Dengan kata lain, jika saluran pencernaan sehat, maka kekebalan tubuh pun juga akan meningkat. 

Nah, agar bisa mendukung kesehatan pada saluran pencernaan, maka kita harus memperhatikan pola makan. Sebaiknya, konsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi seimbang. Mukai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan pemenuhan kebutuhan serat melalui buah dan sayuran. 

Baca Juga: COVID-19 Menyebar Luas, 7 Produk Asuransi Ini Cover Risiko Virus Corona

2. Sempatkan diri untuk berolahraga secara rutin

Selain menjaga asupan makanan yang bernutrisi seimbang, olahraga secara rutin juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Sebaiknya, luangkan waktu untuk berolahraga paling tidak tiga sampai lima kali seminggu.

Meskipun, kita dianjurkan untuk tetap beraktivitas di rumah saja, bukan berarti kita tidak bisa berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan tidak butuh ruang yang luas. Misalnya saja seperti yoga, senam zumba, dan jenis workout yang lainnya.

Jangan khawatir jika tidak hafal gerakannya, coba gunakan aplikasi atau nonton video tutorial gerakan olahraga di YouTube. Jadi tak perlu kemana-mana, tetap bisa olahraga dengan nyaman di rumah, bukan?

3. Jangan lupa berjemur tiap pagi minimal 15 menit

Tubuh membutuhkan vitamin D yang cukup untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya tetap prima. Selain itu, vitamin D pun juga mampu menjaga dan meningkatkan fungsi pernapasan. Nah, sinar matahari langsung mengandung pro vitamin D yang bagus bagi tubuh. 

Untuk itu, berjemur secara langsung di bawah matahari pagi bisa membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan vitamin D dari sinar Matahari, sebaiknya lakukan aktivitas berjemur di pagi hari hari. Waktu paling baik di antara jam 8 sampai jam 10 dan waktu berjemur minimal 15 menit, maksimal 20 menit.

Jika berjemur di pagi hari sebelum jam 8, tidak masalah tapi kurang maksimal. Karena sinar matahari yang baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh belum muncul, sebab masih terhalang oleh lapisan ozon. Jangan lupa, ketika berjemur tetap lindungi kulit dengan menggunakan sunscreen. Agar kulit bebas dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

4. Berikan tubuh waktu istirahat yang cukup

loader
Berikan waktu tubuh istirahat

Untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, tidak cukup dengan asupan nutrisi seimbang dan olahraga saja. Tubuh juga perlu istirahat, karena perannya tak kalah penting.  Alasannya, beristirahat (tidur) membantu proses metabolisme di dalam tubuh jadi lebih maksimal, sehingga kekebalan tubuh meningkat.

Waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa disarankan minimal enam sampai delapan jam setiap hari. Durasi tidur dalam satu hari yang cukup, akan membuat badan terasa lebih fresh dan memperbaiki mood. Disamping itu, kinerja organ tubuh pun bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga: Cermati Bermitra dengan Simas Jiwa Pasarkan Asuransi Kesehatan Proteksi Covid-19

5. Jaga kebersihan rumah dan tubuh 

Di masa pandemi seperti saat ini, agar daya tahan tubuh tetap terjaga menjadi hal yang penting untuk selalu menjaga kebersihan. Ini agar kita bisa terhindar dari paparan bakteri maupun virus yang berbahaya.

Pastikan agar kebersihan tangan selalu terjaga, terutama ketika melakukan aktivitas di luar ruangan atau rumah. Jika memungkinkan, cuci tanganlah selalu dengan sabun yang mengandung anti-bakteri lalu bilas di bawah air mengalir. Ketika tidak dapat menemukan air bersih, hand sanitizer bisa jadi opsi alternatif untuk menjaga kebersihan tangan.

Selain kebersihan diri sendiri, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tempat tinggal maupun benda-benda di sekitarnya. Jika perlu, semprotkan cairan antiseptik ke seluruh benda-benda di rumah yang kerap digunakan. Misalnya saja ponsel, laptop, tas, kran air, gagang pintu, skincare, makeup, saklar lampu dan lain sebagainya.

Tambah Perlindungan dengan Asuransi Kesehatan

Munculnya varian baru dari virus Covid-19 memang meresahkan banyak pihak. Kendati demikian, kamu tetap tidak boleh panik dalam menghadapinya. Sebab, kepanikan justru akan membuat daya tahan tubuh menurun. Fokuskan diri untuk menjaga kekebalan tubuh dengan menerapkan beberapa tips sederhana yang sudah dijelaskan. 

Kamu juga bisa menambah perlindungan diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan. Sekarang ini banyak perusahaan asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap Covid-19. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu sakit atau mengalami gejala Covid-19, kamu bisa mendapatkan penanganan dan perawatan rumah sakit dengan asuransi kesehatan yang telah dimiliki. Dengan begitu, keuanganmu akan tetap aman selama pengobatan berjalan.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat dan Pilihan Asuransi Kesehatan Covid-19 Terbaik