Bila Mobil Terkunci, Begini cara Gampang Membukanya

mobil terkunci

Mobil merupakan sebuah teknologi yang sangat diminati dan diperlukan pada era milenial saat ini. Mengapa? Banyaknya inovasi dan kecanggihan yang ditawarkan oleh setiap produsen mobil mampu menarik minat para konsumen untuk memanjakan perjalanan bertamasya atau hanya sekedar melepas penat dengan jalan-jalan bersama keluarga.

Tempat duduk yang dapat memuat banyak penumpang, tidak kehujanan pun tidak kepanasan, dan masih banyak lagi ragam fasilitas yang ada dalam sebuah mobil membuat teknologi yang satu ini menjadi salah satu impian bagi setiap orang. Terutama yang belum memilikinya.

Saking hebatnya sebuah mobil, sampai semua komponen penyusunnya juga dijual dengan harga yang ‘hebat’. Ini menunjukkan bahwa onderdil dan aksesoris untuk sebuah mobil adalah penting dan mahal.

Bagian yang sangat urgent dan tidak boleh tidak harus ada untuk semua transportasi adalah sebuah kunci. Bahkan seiring perkembangan zaman, kunci sudah mengalami tahap inovasi terbaru berupa keyless yang hanya memerlukan remote untuk menghidupkan mesin.

Bisa dibayangkan apa jadinya jika sebuah mobil tidak memiliki kunci, tentu mesinnya tidak akan hidup bukan? Itulah mengapa kunci sangat penting, dan sudah sewajarnya bagi kita untuk menjaga dan meletakkannya di tempat yang mudah ditemukan atau dijangkau oleh mata.

Namun apa jadinya jika kunci kemudian hilang? Atau terselip entah dimana, dan pintu mobil dalam keadaan terkunci? Jangan panik, tetap tenang.

Selain harus mencari kunci dengan tenang, ada beberapa cara ampuh yang bisa membantu dan membuka pintu mobil yang terkunci berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Membuat Pengait Dari Gantungan Baju Kawat

Cara pertama yang cukup mudah dilakukan adalah membuat sebuah pengait dari gantungan baju kawat. Tentu barang yang satu ini selain mudah ditemukan, harga untuk per satuannya sangat murah. Jadi Anda tak akan rugi jika harus memotongnya satu buah.

Caranya adalah potong gantungan baju menjadi dua, tidak terlalu pendek dan tidak panjang pula. Kemudian luruskan. Setelah itu buat di salah satu ujungnya membengkok atau melengkung seperti pengait.

Jika sudah terbentuk, maka tahap terakhir adalah memasukkan kawat tersebut di antara jendela hingga menyentuh bagian permukaan tuas pintu. Selanjutnya, letakkan bagian pengait sejajar dengan tuas pintu dan gerakkan kawat hingga tuas pengait pintu terbuka.

Baca Juga:  Pengendara Harus Hati-hati, ini Penyebab Pecah Ban Mobil Saat Berkendara

2. Menggunakan ‘Iron Ruler’

Iron ruler atau lebih dikenal dengan penggaris besi adalah alternatif kedua untuk membantu kamu membuka pintu mobil yang terkunci. Selain mudah ditemukan –entah itu meminjam penggaris adik atau anak kita- penggaris besi ini lebih mudah digerakkan daripada kawat yang terkesan lebih kaku.

Cara menggunakannya pun mudah, walaupun juga perlu perjuangan lebih ketimbang cara yang pertama. Yakni dengan melepas terlebih dahulu karet pada jendela pintu mobil. Kemudian masukkan penggaris besi diantara sela yang telah terbuka dengan perlahan. Lalu tekanlah panel pintu dan tarik dengan kuat.

3. Bisa Juga Menggunakan Tali Sepatu

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan jika pintu mobil dalam keadaan terkunci dan kuncinya tidak ada adalah dengan menggunakan tali sepatu. Meskipun cara satu ini cukup lama dan membutuhkan kesabaran ekstra untuk membuka pintu mobil yang terkunci.

Tahap pertama adalah membuat simpul laso pada tali sepatu yang akan digunakan. Untuk kamu yang belum tahu apa itu laso, kira-kira seperti yang dimiliki koboi-koboi dalam film.

Setelah membuat simpul laso, cara selanjutnya adalah memasukkan tali tersebut dari atas pintu, atau dari celah jendela yang terbuka sedikit. Arahkan tali tersebut persis di atas tuas kunci. Kemudian, jika sudah tepat masuk dan mengikat tuas kunci pintu, Anda bisa menariknya.

Ya, bisa dikatakan proses ini seperti memancing ikan mainan dengan magnet di ujungnya untuk anak-anak yang biasa kita temukan di pasar malam. Yakni memosisikan tali dengan benar, baru menariknya dengan kuat.

Baca Juga: Muncul Aroma Tak Sedap di Kabin Mobil? Hilangkan dengan 6 Bahan Dapur ini

4. Memanggil ‘Key Man’ (Ahli Kunci)

Tahap akhir biasanya adalah istimewa. Mitos atau fakta ya? Apapun itu, cara terakhir untuk membuka pintu yang terkunci kali ini benar-benar cara termudah. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga, tidak menyita waktu, walaupun agak menguras kocek yang lumayan.

Dengan memanggil ahli kunci profesional ke rumah atau ke tempat dimana mobil Anda berada, hanya dalam hitungan menit pintu yang semula terkunci pun akhirnya terbuka.

Pintu Mobil Terkunci Tak Perlu Panik

Setelah menyimak penjelasan berikut dengan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci, diharapkan agar Anda tidak lagi panik jika saat ini kamu sedang mengalami hal tersebut, atau untuk kedepannya.

Alternatif yang ditawarkan pun cukup mudah dan simpel. Apalagi untuk cara yang terakhir, pastinya akan menghemat waktu Anda. Tapi untuk Anda yang mungkin agak ‘sayang’ mengeluarkan kocek yang lumayan, cara yang lain masih bisa dilakukan.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Pentingnya Mencuci Mobil Pasca Hujan