Bingung Bikin Iklan Produk dengan Instagram Ads? 8 Tips Ini Wajib Dicoba

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu media sosial yang populer untuk dimanfaatkan dalam berbisnis. Platform media sosial satu ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bukan hanya mudah digunakan tapi juga menarik.

Mulai dari feed, highlights, story hingga reels. Semua fitur tersebut bisa dioptimalkan untuk mendukung strategi pemasaran digital. Seperti membantu dalam meningkatkan brand awareness, promosi dan lain sebagainya.

Untuk mendukung strategi digital marketing yang dijalankan, Instagram punya fitur ads yang bisa dioptimalkan. Cara kerja dari fitur Instagram Ads ini adalah dengan melakukan pencocokan antara target audiens dan kata kunci yang dibidik.

Pemilihan kata kunci yang tepat sesuai niche bisnis akan sangat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran. Tertarik menggunakan Instagram ads untuk bisnis tapi galau karena belum tahu caranya?

Yuk, simak cara mudah beriklan dengan Instagram Ads selengkapnya dalam ulasan dari Cermati.com berikut ini :

1. Kenali Produk dan Buat Perencanaan Iklan yang Sesuai

Sebelum mulai menerapkan strategi promosi produk, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenal produk yang akan ingin dipromosikan. Baru kemudian lanjut membuat perencanaan iklan yang sesuai dengan produk tersebut.

Tak perlu galau dengan strategi apa yang perlu dilakukan. Pasalnya, saat ini Instagram Ads sudah dilengkapi dengan berbagai fitur iklan menarik yang terbilang mudah digunakan.

Ditambah lagi ada banyak jenis produk yang dapat diiklankan, dari produk kuliner, skincare, kesehatan, hingga bahan makanan kekinian. Namun demikian, pengiklanan suatu produk tak bisa dilakukan asal-asalan. Untuk itu, penting sekali mengenali karakter produk agar perencanaan iklan yang dibuat lebih sesuai.

2. Paham dengan Tujuan yang akan Dicapai

Jangan salah, menentukan tujuan atau goal dari strategi pemasaran yang akan diterapkan juga tak kalah penting. Dengan mengetahui tujuan yang akan dicapai, ini akan lebih memudahkan dalam menentukan strategi ads yang tepat.

Setidaknya ada tiga goal penting yang perlu ada ketika membuat iklan. Di antaranya meningkatkan brand awareness, mendapatkan prospek calon pelanggan, dan penjualan produk.

2. Paham dengan Tujuan yang akan Dicapai

Jangan salah, menentukan tujuan atau goal dari strategi pemasaran yang akan diterapkan juga tak kalah penting. Dengan mengetahui tujuan yang akan dicapai, ini akan lebih memudahkan dalam menentukan strategi ads yang tepat.

Setidaknya ada tiga goal penting yang perlu ada ketika membuat iklan. Di antaranya meningkatkan brand awareness, mendapatkan prospek calon pelanggan, dan penjualan produk.

Ketiga goal ini harus selalu dipantau terus-menerus secara berkala. Hal ini karena indikator kesuksesan bisnis dapat dilihat dari tujuan yang sudah terpenuhi atau belum.

3. Tentukan Target Audiens Iklan

Dalam membuat Instagram Ads, menentukan target audiens pun sangat penting untuk dilakukan. Semakin spesifik target audiens yang dibidik, ini akan membantu segmentasi pasar semakin jelas.

Menentukan target audiens ini bisa dilakukan dengan mengelompokkan audiens tertarget berdasarkan beberapa kategori. Seperti rentang usia, gender, hobi dan minat, hingga lokasi atau tempat tinggal mereka.

Dengan menentukan target audiens yang sesuai, menghasilkan konten yang relevan akan menjadi lebih mudah, sehingga peluang konversi iklan akan menjadi lebih besar.

4. Kumpulkan Bahan Konten

Agar menghasilkan iklan yang relevan dan berkualitas, jangan lupa siapkan bahan untuk kontennya terlebih dahulu. Mulai dari ide dan topik konten, kemudian cara penyampaian, tema desain dan lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda bisa menyajikan konten yang lebih terstruktur dan matang. Hindari juga jenis konten yang cenderung monoton, karena bisa membuat audiens cepat bosan. Jika perlu buat konten yang diselingi dengan hiburan atau edukasi, agar promosi produk yang dilakukan lebih efektif.

Baca Juga: Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan 

5. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Konten yang Dipublikasi

Sebelum beriklan dengan Instagram Ads, pastikan untuk memperhatikan syarat dan ketentuan terkait publikasi konten. Salah satunya terkait kualitas tampilan konten.

Di Instagram, konten yang diunggah bisa berupa gambar, foto maupun video berdurasi pendek. Kualitas gambar atau video iklan yang jernih dan tidak pecah akan membuat audiens menjadi lebih nyaman dan betah saat melihatnya.

Apalagi Instagram punya beberapa fitur yang bisa dipilih untuk menayangkan konten, yaitu feed, reels, dan story. Masing-masing fitur punya ketentuan berbeda yang perlu diperhatikan ketika mengunggah konten. Misalnya, fitur reels hanya untuk konten video berdurasi 90 detik.

Sementara story hanya untuk konten yang akan hilang dalam 24 jam setelah diposting. Semua postingan konten tersebut bisa dilihat di bagian feed atau beranda profil Instagram. Masing-masing fitur tersebut memiliki ketentuan tersendiri untuk setiap unggahan kontennya.

Jadi, perlu diperhatikan baik-baik sebelum mengunggah konten, baik dari segi ukuran, resolusi, caption, file penyimpanan dan sebagainya.

6. Terapkan Teknik Copy Ads Secara Tepat

Copy ads bukan hal asing lagi di ranah periklanan. Teknik ini dapat membantu meningkatkan performa iklan yang diunggah di media sosial. Dengan teknik copy ads, Anda bisa membuat caption dengan lebih menarik, sehingga mampu memikat hati dan atensi dari audiens.

Salah satu cara menerapkan copy ads adalah dengan menyajikan informasi utama dengan kalimat atau kata-kata yang menarik. Informasi yang dimaksud memuat tentang harga, diskon hingga spesifikasi produk.

Dengan teknik ini, Anda bisa menghasilkan konten dengan kata-kata yang meyakinkan tanpa terlihat seperti sedang beriklan.

7. Pastikan Kualitas Visual pada Konten

Sebelum mengunggah konten di platform mana pun, jangan lupa perhatikan kualitas visualnya. Konten dengan visualisasi yang apik mampu menarik minat audiens, begitu pula untuk konten iklan.

Terutama dari segi pengambilan gambar, editing hingga suara yang digunakan. Untuk menghasilkan konten dengan visual yang apik, ada banyak tools yang bisa digunakan.

Sebut saja ada PicsArt, Canva, CapCut, Lightroom dan banyak lagi. Beberapa tools tersebut bahkan bisa diakses melalui smartphone, jadi bisa edit video atau gambar estetik dengan mudah tanpa harus memiliki laptop.

8. Lakukan Evaluasi Konten

Setelah iklan diunggah, jangan lupa untuk melakukan peninjauan ulang konten yang sudah tayang. Termasuk melakukan monitoring dari beragam feedback yang audiens berikan terkait iklan tersebut. Hal ini akan membantu Anda mengevaluasi konten.

Termasuk mengetahui bagian mana yang perlu dipertahankan dan apa yang perlu ditingkatkan di konten selanjutnya. Mengelola iklan di Instagram perlu dilakukan dengan langkah dan teknik yang tepat, agar tujuan iklan bisa tercapai sesuai rencana.

Dengan Instagram Ads, konten yang dibuat akan disebarkan ke audiens sesuai target bisnis. Agar performa konten yang dipromosikan melalui Instagram Ads lebih optimal, coba lakukan tips yang sudah diulas di atas.

Satu hal yang paling penting adalah mengenal produk dan niche atau target pasar bisnis yang sesuai. Karena ini akan semakin memudahkan dalam membuat konten yang relevan sesuai target audiens. Alhasil, konten yang dihasilkan bisa memberikan performa terbaiknya.