Bisnis Dadakan Menjelang Tahun Baru yang Cocok untuk Jadi Penghasilan Tambahan

Menjelang tahun baru nanti tentu akan ada banyak pengeluaran demi bisa rayakan pergantian tahun dengan penuh suka cita. Ada yang makan-makan dengan keluarga besar, ada yang pergi nongkrong semalaman dengan teman-teman dan ada juga yang pergi liburan ke luar kota.

Nah, untuk bantu-bantu talang dana merayakan tahun baru yang cukup menguras gaji bulanan ada beberapa bisnis dadakan yang bisa kamu lakukan menjelang tahun baru. Biasanya bisnis dadakan tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, bahkan dengan modal ratusan ribu saja kamu sudah bisa dapat untung 2x lipat asal bisnis yang dipilih bisa tepat sasaran dan banyak peminatnya.

Ini dia beberapa bisnis dadakan menjelang tahun baru yang cocok kamu lakukan untuk tambah-tambah uang jajan tahun baru:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bisnis Arang dan Jagung Bakar

Jagung Bakar dan Arang

Hal yang paling khas di setiap malam tahun baru adalah bakar-bakar jagung diteras atau belakang rumah dengan keluarga atau tetangga. Tradisi ini seakan menjadi kewajiban tersendiri dimalam tahun baru sambil nonton kembang api bersama. Tentu saja untuk orang-orang tidak akan ragu-ragu mengeluarkan duit agak banyak untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk bakar-bakar.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan uang. Kamu bisa membeli banyak jagung di pasar sehari sebelum malam tahun baru lalu menjualnya ke tetangga sekitar agar bisa mematok harga lebih mahal kamu bisa menyediakan jagung yang sudah dibumbui terlebih dahulu kepada mereka.

Selain itu, kelengkapan bakar-bakar seperti arang juga akan sangat dicari dimalam tahun baru. Jadi jangan lupa sekaligus siapakan arang untuk dijual biar keuntungan dagang malam tahun baru jadi lebih banyak dan lebih untung tentunya.

Tips tambahan kamu juga bisa menjual makanan berbumbu untuk bakar-bakar jenis lain, tidak hanya jagung melulu. Bisa sosis bakar, ayam bahkan sampai ikan bakar.

2. Bisnis Pernak-Pernik Tahun Baru

Peralatan pesta tahun baru

Akan ada banyak orang yang ingin memeriahkan tahun baru dengan cara berpesta secara meriah karena tahun baru adalah hari besar untuk beberapa orang terutama para umat Kristiani. Kebanyakan dari mereka akan merayakan tahun baru tidak hanya dengan kue dan makanan tapi pernak-pernik lucu seperti topi pesta dan terompet.

Kamu yang hobi membuat kerajinan tangan bisa mencoba bisnis jual perlengkapan pesta tahun baru ini atau jika tidak mau repot kamu bisa membelinya secara borongan ditoko-toko yang menjual perlengkapan pesta dan menjualnya kembali.

Untuk terompet usahakan tidak hanya menjual terompet yang dari karton saja tapi juga plastik. Agar ada variasinya. Selain topi pesta dan terompet, hal lain yang bisa kamu buat adalah membuat photo booth dengan tema tahun baru untuk dijual.

Baca Juga: Ide agar Libur Akhir Tahun Kamu Tetap Seru Meski di Rumah

3. Menjual Petasan dan Kembang Api

Kembang api

Petasan dan kembang api adalah hal yang wajib ada dalam menyambut tahun baru. Biasanya anak-anak kecil lah yang paling heboh dalam membelinya terutama kembang api. Untuk mencoba menjual kembang api, kamu bisa memulai bahkan H-7 mengingat suasana tahun baru sudah sangat kental terutama untuk anak-anak.

Kamu bisa beli borongan dengan langsung mendatangi pabrik petasan atau kembang api atau mengakalinya dengan cara membeli secara online dan dicicil dari sekarang. Mengingat petasan sedikit berbahaya, pilihlah jenis petasan yang tidak terlalu kuat ledakannya dan perbanyak menjual kembang api saja.

4. Katering untuk Acara Natal dan Tahun Baru

Katering makanan untuk natal dan tahun baru

Untuk yang jago masak, tidak ada salahnya mulai mempromosikan kemampuan kamu sebagai bisnis. Biasanya para umat kristiani akan memiliki banyak jamuan keluarga ketika natal dan tahun baru. Disinilah kesempatan kamu untuk menawarkan jasa katering untuk mereka.

Kebanyakan dari mereka tidak akan sempat memasak banyak mengingat banyaknya acara keluarga yang harus didatangi apalagi untuk keluarga yang memang tidak terbiasa memasak. Pastikan kamu memang jago dalam memasak makanan rumah dan kalau bisa sekaligus tawarkan jasa bikin kue-kue kering atau cake, esbuah dan agar-agar.

5. Bisnis Jual Cake dan Kue-Kue Kering

kue nastar

Nah yang suka bikin kue baik cake atau kue-kue kering seperti nastar atau kue kacang bisa coba buka usaha bikin kue ketetangga, temen kantor atau saudara-saudara kamu. Biasanya banyak yang merayakan tahun baru pasti akan banyak menyediakan cake dan kue-kue kering sebagai pelengkap pesta natal dan tahun baru, mengingat banyaknya anak kecil yang gemar dengan makanan manis.

Jangan hanya dijual secara online, coba juga jajakan secara online. Lumayan kan kalau lama-lama sukses dijadikan bisnis permanen buat jadi bisnis sampingan yang omsetnya lumayan. Jangan hanya pilih jenis kue-kue yang biasa dijual ketika tahun baru. Cobalah membuat sedikit perbedaan biar unik seperti membuat kue-kue kering dengan gambar karakter kartun lucu.

Baca Juga: Tradisi Natal di Dunia, Nomor 30 Paling Unik!

Manfaatkan Kartu Kredit Buat Jadi Modal Bisnis Dadakan

Terkadang bisnis dadakan bisa terhambat karena urusan modal usaha yang belum disiapkan. Untuk kamu yang memiliki kartu kredit daripada dipakai untuk tujuan konsumtif, baiknya dipakai untuk modal usaha terlebih dahulu. Dan yang belum punya kartu kredit, bisa segera ajukan agar tidak keburu basi ide bisnis tahun barunya.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Hadiah Natal