Bisnis Makin Untung, Simak Cara Manfaatkan Fitur Live Rooms Instagram untuk Jualan

Aplikasi media sosial popular, Instagram telah remi meluncurkan fitur terbarunya di Live Rooms. Fitur terbaru ini bisa membawa peningkatan pada Instagram Live dengan bisa melakukan live dengan tiga pengguna lainnya sekaligus.

Indonesia pun menjadi salah satu negara pertama yang bisa merasakan terbaru ini. Selain Indonesia, fitur ini juga telah diuji coba dan diluncurkan di India. Instagram pun berencana akan segera menggulirkannya secara global dalam beberapa bulan ke depan.

Dengan bisa melakukan livestream dengan lebih banyak orang di Live Rooms, Instagram berharap fitur ini bisa menghadirkan konten yang lebih inspiratif dan kreatif dengan format yang lebih beragam.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Menggunakan Fitur Instagram Live Rooms

loader

Untuk kamu yang penasaran dengan fitur terbaru Instagram ini, berikut cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Instagram dan geser halaman utama ke kanan.
  2. Pilih opsi Siaran Langsung atau Live lalu tekan tombol lingkaran yang ada di bagian tengah bawah layar untuk memulai Siaran Langsung.
  3. Untuk mengajak teman bergabung dalam siaran Live Rooms, tekan ikon Kamera/Rooms.
  4. Berikutnya akan keluar daftar teman yang mengirimkan permohonan untuk bergabung di Live Rooms. Pengguna juga dapat mengetikkan nama teman yang ingin ditambahkan.
  5. Pengguna dapat menambahkan hingga tiga teman untuk bergabung dalam siaran Live Rooms. Dapat ditambahkan secara bersamaan maupun bertahap.
  6. Jika host menggunakan perangkat iOS, mereka akan tetap dapat menggunakan fitur Q&A di Live Rooms. Akan tetapi, untuk saat ini pengguna tidak dapat menampilkan foto atau video seperti pada fitur Live yang ada saat ini.

Baca Juga: Manfaatkan 5 Fitur Instagram ini Biar Akun Bisnis Dilirik dan Produk Laris Manis

Manfaat Fitur Live Rooms Instagram untuk Bisnis

loader

Sudah lama Instagram menjadi media sosial yang juga sering dijadikan media untuk mempromosikan barang dagangan. Bisa dikatakan hampir semua fitur di Instagram bisa dimanfaatkan untuk berbinis.

Berikut beberapa manfaat positif untuk bisnis mu yang di dapat dari memaksimalkan penggunaan fitur Live Rooms:

1. Menambah Followers dengan Cepat

Selain membayar influencer untuk sekedar bikin review video atau gambar di upload di akun influencer tersebut. Kamu juga bisa mengajak influencer yang kamu endorse untuk melakukan review langsung ke followersnya dengan melakukan live Instagram, tidak hanya dia tapi juga bersama kamu sebagai pemilik usaha, dan influencer lainnya.

Dengan melakukan live rooms bersama 2-3 influencer yang diendorse secara bersamaan, kamu juga bisa sekaligus meningkatkan ulasan positif untuk barang jualan kamu. Ini bisa menambah imej positif pada bisnis beserta brand nya.

2. Menambah Pelanggan Setia

Kamu bisa memanfaatkan live rooms ini untuk melakukan melakukan Q n A langsung dengan followers mu dan melakukan event menarik seperti give away bersama dengan beberapa influencer secara bersamaan. Dengan begini, konsumen setia tidak hanya datang dari followers sendiri, tapi juga followers para influencers yang kamu undang.

3. Memudahkan untuk Membuat Event Menarik secara Virtual

Dengan menggunakan fitur live rooms, kamu tidak usah lagi repot-repot ketemuan, memesan tempat sampai mengeluarkan uang konsumsi untuk mengadakan event menarik guna mempromosikan usaha mu.

Cukup dengan memanfaatkan fitur live rooms, kamu sudah bisa mengadakan baik itu talkshow, seminar, Q n A sampai giveaway secara virtual.

4. Cocok untuk Memaksimalkan Strategi Marketing di Kala Pandemi

Di kala pandemi seperti, menyelenggarakan event langsung tentu saja memiliki batasan. Dengan berbagai aturan dan protokol baru terkait covid-19. Event untuk promosi produk bisa tidak maksimal.

Tapi dengan menggunakan fitur live rooms, kamu bisa menjangkau seluruh followers akun kamu dan influencer atau guest/bintang tamu pada event live rooms yang kamu adakan. Dengan begini, kamu tidak hanya menghemat budget untuk menyewa tempat dan kebutuhan event lainnya, tapi juga jumlah audiens/penonton live room yang tidak terbatas.

5. Meningkatkan Imej Bisnismu

Dengan live room, penonton/followers siaran langsung mu bisa melakukan tanya jawab langsung tidak hanya dengan kamu sebagai owner, tapi juga guest seperti influencer atau konsumen yang sudah pernah membeli produk mu mengenai kualitas dan pengalaman menggunakan produk mu.

Review langsung dan jujur mengenai produk mu melalu siaran langsung dengan fitur live room tidak hanya meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap produkmu tapi juga bisa meningkatkan penjualan dan menambah pembeli baru.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto ini Bikin Feed Instagram Jualan Makin Menarik

Gratis dan Memperkaya Konten

Tidak hanya menguntungkan dari segi bisnis, kamu yang influencer juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperkaya konten dan mempererat hubungan dengan klien dan followers. Fitur canggih seperti ini bisa banyak membantu jalan karir influencer mu menjadi lebih baik. Jadi maksimalkan yah!

Baca Juga: Tips Seru Membuat Konten di IGTV