Kenali Apa Itu Blogwalking yang Ampuh Tingkatkan Traffic Situs, Blogger Wajib Tahu!

Bagi yang telah lama berkecimpung menjadi seorang blogger atau pemilik situs tentu tidak asing dengan istilah blogwalking. Ya, istilah tersebut sebenarnya bukanlah hal baru untuk blogger di Indonesia. Bahkan, blogwalking sendiri merupakan istilah yang hanya dikenal di Indonesia dan tak begitu populer di negara lain.

Meski begitu, memahami tentang apa itu blogwalking adalah hal yang penting karena bisa memengaruhi perkembangan situs dan meningkatkan traffic dari blog. Apa yang dimaksud dengan blogwalking? Mengapa ada banyak pemilik situs atau blogger yang mempraktikkan aktivitas tersebut?

Nah, bagi yang ingin tahu apa yang dimaksud dengan blogwalking, manfaat, serta cara mengaplikasikannya, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate yang Belum Berpengalaman

Pengertian Blogwalking

loader

Apa itu Blogwalking?

Jadi, apa itu blogwalking? Secara umum, definisi blogwalking adalah sebuah aktivitas  mengunjungi situs atau blog yang lain dengan tujuan khusus. 

Biasanya, tujuan dari seseorang mengunjungi situs lainnya ini adalah untuk mencari ide atau inspirasi konten pada blognya sendiri. Meski begitu, tidak jarang blogwalking dilakukan pula sebagai sarana saling bersosialisasi dengan pemilik situs yang lainnya. 

Lalu, bagaimana cara seorang blogger melakukan aktivitas tersebut? Sederhana, kamu hanya perlu mengunjungi beberapa situs atau blog yang sesuai dengan kriteria tujuan. Maksudnya, kunjungi blog yang memiliki tema konten atau niche yang mirip atau sama dengan blog milikmu.

Bila memungkinkan, cari situs yang memiliki tingkat popularitas lebih tinggi dan jumlah traffic pengunjung yang ramai. Hal ini bis menjadi bukti jika konten dan isi dari situs tersebut disukai dan menarik untuk dibaca oleh para pengunjungnya. 

Manfaat dari Melakukan Blogwalking

loader

Manfaat Blogwalking

Tentu ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan aktivitas ini dan bisa disesuaikan dengan tujuannya. Berikut adalah beberapa manfaat blogwalking.

1. Memperluas Koneksi dan Networking

Salah satu tujuan blogwalking adalah sebagai sarana untuk memperluas jaringan atau networking antara sesama blogger. Setiap komentar positif ditulis pada blog lain bisa menjadi bentuk apresiasi pada pemiliknya. Melalui komentar tersebut pula kamu bisa bertanya lebih jauh hingga membuat diskusi dengan pemilik blog ataupun pembaca yang lain.

Saat komunikasi terjalin, kesempatan untuk saling berbagi ide dan informasi tentu akan menjadi lebih tinggi. Bahkan, jika hubungan antar-blogger telah terjalin dengan baik, aktivitas saling berbagi link pada masing-masing situs yang dimiliki bisa saja terjadi asalkan memiliki topik yang saling berkaitan.  

2. Mendapatkan Inspirasi dan Ide Konten yang Baru

Selain itu, melalui aktivitas ini pula blogger bisa mendapatkan ide atau inspirasi baru agar bisa dimasukkan pada situsnya. Ketika melakukan blogwalking, tentu ada banyak informasi dan konten baru yang bisa dijadikan referensi untuk ditulis pada situs sendiri. 

Idealnya, kunjungi situs yang telah terbukti sukses dan memiliki banyak pengunjung rutin, lalu cermati bagaimana cara pemiliknya membuat konten dan penyajiannya. Tidak hanya itu, cari tahu pula daya tarik atau keunikan yang dimiliki oleh situs tersebut sehingga bisa disukai oleh para pengunjungnya. 

Namun, jangan secara sengaja meniru isi konten dan melakukan plagiarisme. Tetap bersikap profesional dan lakukan inovasi terhadap ide maupun inspirasi yang didapatkan dari situs lainnya. Bila perlu, cantumkan referensi atau sumber ketika mengutip tulisan dari situs lainnya.

Jika ketahuan melakukan plagiarisme, pihak pemilik konten yang asli bisa melakukan tuntutan. Selain itu, pihak Google yang akan menutup layanan iklan pada situs hingga tak merekomendasikan situs di mesin pencairannya. 

3. Saling Membantu Antar-Blogger

Karena mampu memperluas koneksi dan menjalin hubungan yang dengan blogger lainnya, blogwalking bisa menjadi sarana untuk saling membantu antar blogger. Khususnya bagi yang masih pemula, mendapatkan relasi blogger yang sudah berpengalaman mampu memberikan banyak keuntungan. 

Misalnya, saat mengalami kendala teknis maupun non teknis dalam pengelolaan situs, kamu bisa mencari solusinya dengan bertanya pada blogger lainnya. Pun sebaliknya, jika ada pemilik situs lain yang mengalami masalah, kamu juga bisa menawarkan bantuan untuk mengatasinya.  

4. Menjadi Bahan Evaluasi

Aktivitas ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi atas kualitas konten yang ada pada blog. Karena mampu melihat konten di blog lain, kamu bisa membandingkannya dengan yang ada di situsmu. Beberapa hal yang bisa dievaluasi antara lain topik, penguasaan materi, cara penyampaian, gaya bahasa, maupun penyajian gambar atau video.

Makin rajin melakukan blogwalking, makin banyak pula referensi dan bahan perbandingan yang bisa didapatkan. Dengan begitu, kekurangan yang masih harus diperbaiki pada blog sendiri bisa diketahui, ataupun kelebihan yang mungkin tak dimiliki oleh situs lainnya. 

5. Sarana Promosi dan Mengenalkan Blog Sendiri

Tidak kalah pentingnya, berkunjung ke situs lain juga bisa menjadi sarana promosi dan mengenalkan blog sendiri. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan karena beberapa pemilik situs mungkin memiliki aturan ketat terkait adanya tautan dari blog lain pada situsnya. Selain tidak profesional, hal ini juga kurang elegan dan berisiko menyebabkan masalah. 

Tips Mengoptimalkan Aktivitas Blogwalking 

Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan agar mampu mendapatkan manfaat blogwalking secara optimal, antara lain:

1. Cari Blog dengan Tema atau Niche yang Selaras

Hal pertama yang penting untuk dilakukan sebelum melakukan blogwalking adalah mencari blog atau situs dengan konten yang memiliki tema yang selaras dengan blog kamu. Misalnya, sebagai food blogger, pilih situs yang juga membahas kuliner atau semacamnya. Cara ini bisa memudahkan kamu dalam berbagi link maupun komentar karena sudah paham dengan konten tersebut. 

Usahakan untuk memilih situs yang sudah terkenal dan memiliki jumlah pengunjung rutin yahng banyak karena isi kontennya kemungkinan besar disukai banyak orang. Hal ini juga bisa berguna untuk mengenalkan diri atau situsmu ketika komentar yang ditulis dibaca pengunjung lainnya.  

2. Tuliskan Komentar Positif dan Komunikatif

Tips lainnya, selalu tinggalkan komentar positif dan berkaitan dengan topik konten yang dibahas bila memungkinkan. Jangan sekadar memberi komentar seperti “artikelnya bagus” atau “konten bermanfaat” karena terkesan mainstream dan tak bernilai. Akan lebih bagus jika bisa menghubungkan komen dengan poin penting pada artikel tersebut, sekaligus pujian sebagai bentuk apresiasi. 

3. Pelajari Struktur Konten dan Penyajian Informasinya

Tips yang ketiga, pelajari pula struktur konten dan cara penyajian informasi ketika blogwalking. Perhatikan jenis konten seperti apa yang dibahas, termasuk kata kunci penting yang disematkan agar lebih mudah masuk pada pencarian Google. Di samping itu, cek pula media apa yang disertakan pada setiap artikel yang mampu membuat bacaan lebih menarik dan mudah dipahami, misalnya gambar dan video menarik. 

Tidak kalah pentingnya, cari tahu seberapa sering blog tersebut membagikan konten, apakah setiap hari, seminggu sekali, atau semacamnya. Hal ini bisa memberikan informasi terkait cara paling optimal dalam menata isi atau konten blog. 

4. Pakai Gravatar 

Tips terakhir, usahakan untuk selalu menggunakan gravatar setiap kali melakukan blogwalking. Gravatar adalah foto profil yang bisa menunjukkan identitas diri di dunia maya. Dengan gravatar yang menarik dan mudah diingat, pembaca akan lebih mudah mengenalimu ketika melihat komentar yang telah dituliskan di blog lain.

Baca juga: 8 Pilihan Konten Tiktok yang Dapat Digunakan untuk Brand

Lebih Cepat Kembangkan Blog Pribadi dengan Blogwalking

Blogwalking adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh blogger dalam mempromosikan situs pribadinya serta mendapatkan inspirasi terkait konten seperti apa yang harus dibuat. Cukup mudah, aktivitas ini bisa dilakukan dengan cara meninggalkan komentar yang positif dan membangun di sebuah artikel pada blog lain serta mempelajari cara pembuatan kontennya. Tetap utamakan etika dan profesionalisme dengan tak melakukan plagiarisme dan berusaha mencontek isi konten agar tak berimbas buruk pada blog yang dimiliki.