Brand Identity: Pengertian, Keuntungan, hingga Cara Membangunnya

Bak menunjukkan jati diri, semua bisnis pasti memiliki brand atau merek yang ingin dijunjung tinggi eksistensinya. Tanpa memiliki brand yang kuat, konsumen akan kesulitan untuk menyadari keberadaan bisnis yang sedang dijalankan. Alhasil, penjualan berlangsung dengan kurang efektif dan keuntungan yang didapatkan tak pernah berhasil mencapai target. 

Ada berbagai faktor penting yang mampu membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu bisnis. Salah satunya adalah brand identity yang mungkin masih dianggap sepele oleh sebagian pebisnis. Padahal, manfaat dari membangun brand identity yang positif ini mampu memberikan pengaruh krusial bagi kesuksesan sebuah usaha. 

Membentuk persepsi adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan setiap perusahaan atau bisnis. Pasalnya, hal tersebut mampu memengaruhi value atau nilai yang ingin diberikan pada para penggunanya. Tidak hanya itu, melalui brand identity pula merek dari bisnis kamu menjadi lebih unik.

Dengan begitu, merek bisnismu memiliki suatu hal yang membedakan dan memberi keunikan yang tak dimiliki oleh kompetitor. Lantas, apa pengertian brand identity dan pengaruhnya pada perkembangan sebuah usaha? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak rangkuman berikut ini, ya!

Baca Juga: 7 Tips Buat Brand yang Tepat Agar Bisnis Mudah Dikenal dan Sukses

Pengertian Brand Identity

loader

Pengertian Brand Identity

Sebelum masuk ke pembahasan tentang manfaat dan cara membentuk brand identity, kamu harus lebih dulu memahami pengertian dari istilah tersebut. Secara umum, pengertian brand identity adalah sekumpulan elemen dalam perusahaan yang mampu menggambarkan citra atau persona yang tepat terhadap para konsumennya.

Ketika suatu bisnis mampu menguatkan identitas mereknya, akan ada lebih banyak orang yang mengenalinya. Bahkan, pelanggan bisa bersikap sangat loyal terhadap brand yang memiliki identitas kuat karena telah mempunyai persepsi yang positif terhadap merek tersebut. Dalam kata lain, selain dapat menjadi pembeda atau nilai unik yang tak dimiliki oleh kompetitor, brand identity ini juga bisa dijadikan sebagai sarana bagi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan atau customer loyalty. 

Sayangnya, walaupun memiliki manfaat yang begitu penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan, tak sedikit orang yang masih bingung antara branding dengan brand identity. Istilah branding memang cenderung lebih umum dan mudah diingat. Namun, berbeda dengan brand identity, branding mengacu pada praktik marketing yang secara aktif membentuk brand. 

Di sisi lain, brand identity adalah keseluruhan elemen yang dibuat oleh perusahaan agar dapat terlihat unik dan berbeda dibanding para kompetitornya. Dengan begitu, persepsi khusus pada penggunanya akan tercipta. Beberapa elemen brand identity adalah, logo, desain, warna, dan beragam hal lainnya.

4 Cara untuk Membangun Brand Identity 

  1. Lakukan Riset Market

    Melakukan riset pasar merupakan langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan sebelum memulai rencana dan strategi dalam membangun brand identity. Pahami siapa sebenarnya target pasar dari bisnis atau brand yang sedang coba kamu bangun. Cari tahu pula bagaimana pandangan konsumen terhadap produk maupun layanan yang disuguhkan oleh bisnismu. 

    Lalu, lakukan analisis dan evaluasi secara mendalam pada kondisi bisnis kompetitor dan coba untuk menguak strategi yang mereka aplikasikan untuk mengembangkan usahanya. Dalam kata lain, riset pasar ini dapat menunjukkan siapa pelanggan yang ditarget oleh brand kamu, apa yang diinginkannya, serta strategi seperti apa yang sedang dipraktikkan para kompetitor. Barulah dengan begitu kamu dapat merencanakan strategi yang terbaik dan paling optimal untuk diterapkan.

  2. Tentukan Nilai Khas pada Brand

    Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan saat membangun brand identity adalah menentukan nilai yang khas dan unik pada merek. Sebagai contoh, visi, misi, maupun nilai yang ingin diberikan bisnis untuk konsumen. Hal ini secara tidak langsung mampu memengaruhi persepsi atau pandangan konsumen terhadap bisnis kamu. Selain itu, dengan menetapkan nilai khas yang ingin disampaikan pada konsumen. Hal tersebut juga dapat menjadi fondasi dalam menentukan strategi meningkatkan brand identity bisnis.

  3. Susun Strategi secara Tepat Sasaran

    Membangun brand identity tidak dapat dilakukan secara instan dan tanpa strategi yang tepat. Diperlukan konsistensi tinggi serta waktu yang panjang agar identitas merek dapat dibangun dan disampaikan secara tepat sasaran kepada konsumen. Untuk itu, kamu perlu menyusun rencana agar brand identity mampu menjangkau konsumen dari berbagai kalangan.

    Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial yang tepat dan paling efektif dijangkau oleh target konsumenmu. Melalui platform tersebut, kamu bisa menyampaikan campaign yang relevan dan menarik dengan value yang berusaha disampaikan. 

  4. Desain Semenarik Mungkin

    Desain brand mampu memberikan elemen yang menonjol agar brand identity dapat tercipta secara positif. Oleh karena itu, bisnis perlu membuat desain brand dengan semenarik mungkin. 

    Pertimbangan segala hal yang mampu memberikan nilai dan daya tarik pada desain brand. Seperti, logo, tipografi, bentuk, perpaduan warna, maskot, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membuat akun media sosial, website, sampai desain packaging secara kreatif dan memorable. Ibarat wajah perusahaan, kamu perlu mempersiapkan logo dengan cermat, kreatif, namun tetap mampu mempresentasikan jati diri perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Membangun Brand Equity bagi Bisnis, Jual Mahal Tapi Tetap Laris Manis

Apa Keuntungan Menguatkan Brand Identity bagi Bisnis?

  • Pelanggan Lebih Mudah Mengenali Brand

    Manfaat pertama dan utama dalam meningkatkan brand identity dengan kuat adalah memudahkan pelanggan atau konsumen dalam mengenali merek atau bisnis kamu secara umum. Sebab, dengan mengenali sebuah brand, konsumen akan lebih cenderung untuk membeli produk atau jasa yang disuguhkan oleh bisnis atau merek tersebut. Dengan begitu, potensi penjualan dan mendapatkan keuntungan pun dapat ditingkatkan. 

  • Meningkatkan Daya Saing Bisnis

    Jika sebuah perusahaan sudah berhasil menguatkan brand identity, daya saingnya juga akan turut meningkat. Dalam kata lain, bisnis kamu pun akan menjadi lebih tahan banting terhadap segala gebrakan ataupun inovasi yang diciptakan oleh kompetitor.

    Tidak hanya itu, brand yang mempunyai ciri khas tersendiri juga mampu membuatnya lebih cepat dikenali oleh pelanggan dan mendukung merek tersebut. Tentu saja hal ini juga memberikan nilai lebih pada bisnis kamu agar terlihat lebih menonjol ketimbang bisnis pesaing.

  • Loyalitas Pelanggan

    Semua pebisnis atau perusahaan pasti mendambakan pelanggan yang loyal terhadap bisnisnya. Meski begitu, menciptakan loyalitas pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kamu juga perlu berusaha ekstra keras agar kepuasan konsumen senantiasa terjaga. 

    Ada banyak strategi yang dapat dilakukan dalam menggaet pelanggan yang setia. Salah satunya adalah dengan menguatkan brand identity bisnis. Melalui brand identity, bisnis mampu menjalin hubungan emosional yang kuat dengan para pelanggannya. Dengan begitu, saat pelanggan sudah merasa terjalin secara emosional dengan brandmu, peluang konsumen untuk berpindah hati ke bisnis kompetitor akan menjadi jauh lebih kecil.

  • Melejitkan Profit Perusahaan

    Sebuah brand yang sudah dikenal luas dan memiliki banyak pelanggan setia pasti lebih berpeluang mendapatkan penjualan. Kredibilitas yang tercipta akibat identitas merek yang menguat juga mampu mendatangkan pelanggan baru dengan lebih mudah. 

    Semakin banyak orang yang menggunakan produk atau jasa bisnismu, tentu saja profit juga akan ikut terangkat. Penjualan, pengiklanan, dan aktivitas marketing lainnya juga akan menjadi lebih mudah dilakukan karena brand sudah mempunyai nama. Jadi, walaupun bisnis baru saja merilis produk baru, pelanggan akan langsung menaruh perhatian pada produk tersebut dan tertarik untuk membelinya.

Tingkatkan Potensi Kesuksesan Bisnis dengan Brand Identity

Brand identity memang termasuk sebagai satu di antara beragam faktor penting yang mampu meningkatkan potensi bisnis untuk meraih kesuksesan. Dengan membangun identitas brand yang kuat, bisnis menjadi lebih mudah dikenal konsumen dan bersaing dengan para kompetitornya, serta menggaet pelanggan yang setia sekaligus meningkatkan keuntungan bisnis. Jadi, jika ingin bisnismu sukses, pastikan untuk memahami apa itu brand identity dan tips membangunnya di atas, ya! 

Baca Juga: Patenkan Brand Usaha Online, Begini Cara Daftar Merek Dagang di Kemenkumham dan Biayanya