Mengenal Buah Blewah: Manfaat, Cara Memilih, Hingga Cara Mengolah

Buah blewah atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai winter melon adalah salah satu buah yang cukup populer di Asia, termasuk Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar, serta tekstur yang renyah dan lembut. Blewah sering diolah menjadi minuman atau hidangan penutup, namun ternyata buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Kurma, Buah Khas Bulan Ramadan yang Memiliki Khasiat Ajaib untuk Kesehatan

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Mengenal Buah Blewah

loader

Buah Blewah

Blewah adalah buah yang seringkali orang salah paham hingga dianggap sama dengan buah melon. Blewah merupakan buah yang sejenis dengan melon, tetapi memiliki perbedaan pada kelompok budidayanya. Buah yang memiliki bahasa Latin Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis menjadi penghasil buah terbanyak yang digunakan untuk menjadi minuman segar di Asia Tenggara.

Blewah memiliki bentuk yang lonjong dan kulitnya memiliki warna jingga terang yang terdapat bercak kehijauan. Daging dari buah blewah terasa lembut, bertekstur, dan memiliki rongga yang berisi biji dan serat. Selain menjadi minuman penyegar, buah blewah tentu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan buah blewah terdiri dari provitamin A, vitamin C, mineral kalium, dan serat makanan. Umumnya, buah blewah sangat mudah ditemukan di pasar dan minuman-minuman yang sudah diolah seperti menjadi es buah. Minuman ini biasanya selalu dijadikan pelengkap dalam minuman buah yang menyegarkan untuk berbuka puasa.

Manfaat Buah Blewah

Seperti yang disebutkan di atas, buah blewah sangat bermanfaat bagi tubuh dan memiliki banyak kandungan seperti vitamin dan mineral. Berikut merupakan beberapa manfaat buah blewah yang baik untuk tubuh, yaitu:

  1. Membantu Menurutkan Berat Badan

    Buah blewah merupakan salah satu buah yang bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan karena mengandung serat yang banyak, rendah kalori, dan kaya akan nutrisi. Biasanya, buah ini akan direkomendasikan bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jika kamu rutin mengkonsumsi blewah maka buah ini akan bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

  2. Menjaga Kesehatan Mata

    Jika orang banyak mengetahui wortel sangat bagus untuk mata, terdapat buah blewah yang juga tidak kalah bagusnya untuk kesehatan mata. Buah ini memiliki kandungan lutein, vitamin A, zeaxanthin, dan karoten yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata, bisa membuat kulit lebih cerah atau biasa kita sebut dengan glowing, dan bisa membantu mencegah rusaknya mata akibat degenerasi makula akibat usia (AMD).

  3. Menghidrasi Tubuh

    Mengapa saat puasa, buah blewah seringkali selalu menjadi hidangan buka puasa? Hal ini dikarenakan buah blewah dapat menghidrasi tubuh dan bisa mencegah tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Buah blewah sendiri memiliki kandungan air yang banyak serta mineral yang efektif dalam memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

  4. Mengandung Banyak Antioksidan

    Buah blewah juga merupakan buah yang dikenal memiliki banyak nutrisi seperti antioksidan untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan ini merupakan senyawa yang penting untuk menangkal berbagai jenis radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan. Nutrisi berikutnya adalah terdapat kandungan vitamin C di dalam buah blewah yang bisa berfungsi mencegah berbagai penyakit kronis. Selain itu, kombinasi dari antioksidan juga bisa membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya.

  5. Meningkatkan Fungsi Otot

    Selain untuk kesehatan mata dan manfaat lainnya, tentu buah blewah bisa meningkatkan fungsi otot pada tubuh kita karena memiliki kandungan potasium yang banyak. Kandungan ini sangat berperan aktif dalam meningkatkan fungsi otot dan cocok dikonsumsi untuk orang yang suka olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

  6. Mencegah Asma

    Buah blewah tentu mengandung vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini bisa berfungsi untuk melindungi tubuh yang memiliki penyakit asma.

  7. Menjaga Kesehatan Rambut

    Vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam kandungan buah blewah dapat memperkuat rambut dan memberikan kesehatan pada rambut. Selain itu, vitamin A yang dikenal sebagai retinol dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta menjaga kelembaban dan kesehatan dari rambut. Sedangkan vitamin C membantu membangun serta memelihara kolagen untuk memberikan struktur pada kulit dan rambut.

  8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Buah blewah mengandung senyawa fitonutrien yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan penyakit. Hal ini dikarenakan senyawa fitonutrien memberikan sifat anti-inflamasi, sedangkan vitamin A meningkatkan produksi sel darah putih.

  9. Mempercepat Pemulihan Kulit yang terbakar Matahari

    Buah blewah jika dimakan atau diolah untuk bisa dioleskan pada kulit bisa memberikan efek fotoprotektif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan untuk mengurangi sel yang terbakar karena matahari serta meningkatkan kadar melanin. Biasanya, buah blewah juga dijadikan sebagai bahan dasar masker.

  10. Membantu Perkembangan Janin

    Buah blewah memiliki kandungan nutrisi berupa folat yang paling penting dalam kehamilan untuk mencegah kecacatan tabung saraf bagi bayi. Selain itu, kandungan folat bisa membantu untuk membentuk sel darah merah di dalam tubuh dan menjaga kesehatan dari sang ibu dan bayi.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Matoa, Suguhan Lezat, Menyehatkan, nan Eksotis Asal Tanah Papua

Cara Memilih Buah Blewah

loader

Memilih Buah Blewah

Dalam memilih buah blewah, tentu terdapat beberapa cara untuk memilih buah blewah yang bagus, segar, serta matang dengan sempurna. Berikut merupakan beberapa cara untuk memilih buah blewah, yaitu:

  1. Jangan memilih buah blewah yang masih ada tangkainya karena jika buah blewah sudah matang maka tangkai atau batang akan terlepas dengan sendirinya.
  2. Kenali aroma buah blewah yang sudah matang. Apabila aromanya sudah sangat menyengat, berarti buah blewah tersebut sudah matang atau justru mulai membusuk.
  3. Tekan buah blewah secara perlahan, apabila ditekan tidak terlalu keras atau tidak terlalu lunak maka buah blewah sudah matang dengan sempurna. Namun apabila terlalu lunak, maka buah blewah sudah membusuk.
  4. Selain tekan, cobalah untuk ketuk buah blewah. Karena jika mengeluarkan suara pelan dan padat saat diketuk, maka buah blewah sudah matang dan memiliki kualitas yang baik.
  5. Perhatikan warna kulit dari buah blewah. Jika warna kekuningan atau keemasan, maka buah blewah sudah matang.

Cara Menyimpan Buah Blewah

Selain terdapat cara memilih buah blewah, ada terdapat juga beberapa cara untuk menyimpan buah blewah dengan baik dan benar untuk bisa dikonsumsi. Berikut merupakan beberapa cara menyimpan buah blewah, yaitu:

  1. Simpan buah blewah di suhu ruang jika ingin langsung diolah dan biasanya akan bertahan selama 2 hari.
  2. Jika tidak ingin diolah langsung dan ingin buah blewah matang lebih lama lagi, simpan buah blewah di kulkas. Buah blewah yang disimpan di kulkas akan bertahan selama 3 sampai 5 hari. Dengan ukurannya yang cukup besar, apabila tidak muat di dalam kulkas maka kamu bisa memotongnya sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah dipotong, buah blewah bisa dimasukkan ke suatu wadah yang memiliki tutup atau kantong plastik agar tetap higienis dan terjaga.
  3. Cara ketiga adalah kamu bisa membekukan buah blewah di freezer dan buah blewah bisa bertahan hingga 6 bulan. Caranya adalah potong buah blewah sesuai selera, setelah itu masukkan buah blewah ke suatu wadah yang memiliki tutup atau kandong plastik. Usahakan wadah yang digunakan kedap udara dan setelah itu potongan buah blewah bisa dimasukkan ke dalam freezer.

Cara Mengolah Buah Blewah

Berikut merupakan beberapa resep untuk mengolah buah blewah menjadi minuman yang segar, terutama saat buka puasa, yaitu:

  • Es Blewah Nutrisari

    Bahan-bahan yang diperlukan:

    • Air matang secukupnya
    • 1 sachet Nutrisari rasa blewah
    • 1 buah blewah berukuran sedang dan diserut sesuai selera
    • 1 sachet susu kental manis
    • Sirup secukupnya dengan rasa sesuai selera

    Cara membuat:

    • Masukkan serutan blewah pada wadah.
    • Tambahkan sirup dan Nutrisari rasa blewah.
    • Aduk rata.
    • Tambahkan air matang secukupnya.
    • Aduk lagi hingga merata.
    • Tambahkan susu kental manis sesuai selera.
    • Tambahkan es batu atau masukkan ke dalam kulkas. 
    • Es blewah Nutrisari siap disajikan.
  • Es Blewah Cincau

    Bahan-bahan yang diperlukan:

    • 1 sachet susu kental manis
    • Sirup Cocopandan secukupnya
    • 1 buah cincau
    • Buah blewah yang dipotong kotak-kotak

    Cara membuat:

    • Cincang cincau sesuai selera dan taruh di dalam wadah.
    • Masukkan potongan buah blewah pada kotak yang sama dengan cincau.
    • Buatlah air sirup.
    • Tambahkan susu kental manis. 
    • Aduk rata seluruhnya.
    • Campurkan blewah dan cincau ke dalam air sirup.
    • Es blewah cincau siap disajikan.
  • Es Blewah Nata de Coco

    Bahan-bahan yang diperlukan:

    • ½ buah blewah
    • Nata de Coco
    • Biji selasih secukupnya
    • Sirup dengan rasa apa aja

    Cara membuat:

    • Siapkan mangkuk, serut blewah, dan masukkan seluruh bahan-bahan yang sudah disiapkan.
    • Tuang sirup dan air sesuai kebutuhan.
    • Tambahkan es batu atau diamkan di dalam kulkas.
    • Es blewah Nata de Coco sudah siap disajikan.

Buah Blewah Memiliki Banyak Manfaat

Tidak heran mengapa selama ini banyak orang yang mengkonsumsi buah blewah, terutama pada saat puasa. Pada saat puasa, umumnya buah blewah selalu menjadi buah pelengkap dalam sajian minuman-minuman yang segar. Cobalah beberapa resep pengolaha buah blewah d atas agar tubuh menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Batuk Pabrikan dan Alami, Ampuh Atasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!