Cara Membuat Akun Gmail dan Mengenal Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Perkembangan teknologi membuat proses kirim-berkirim pesan semakin cepat. Email merupakan salah satu bentuk nyata perkembangan teknologi tersebut. Perubahan cara mengirim pesan secara digital ini membantu mempercepat aktivitas, baik dalam perjalanan bisnis maupun pendidikan.

Gmail merupakan salah satu layanan email dengan jumlah pengguna terbanyak. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar membuat Gmail semakin diminati. Gmail memperbolehkan pengguna untuk mengakses layanannya lewat website maupun aplikasi yang dapat diunduh di Android maupun iOS. 

Mau tahu lebih banyak tentang Gmail? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak informasi berikut ini, ya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sejarah Singkat Gmail

loader

Gmail merupakan salah satu layanan surat-menyurat elektronik milik Google. Layanan ini diluncurkan oleh Google menggunakan sistem undangan dalam bentuk Beta pada tanggal 1 April 2004. Google baru menyediakan layanan ini untuk publik pada tanggal 7 Februari 2007, dan tidak lagi menggunakan sistem Beta pada tanggal 7 Juli 2009.

Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar pada awal peluncurannya, yaitu 1 GB per pengguna. Google Mail menjadi layanan berkirim email yang memiliki standar penyimpanan gratis terbesar daripada pesaingnya pada masa itu, yaitu 2-4 MB. Sementara untuk lampiran file, Gmail menetapkan batas maksimal hingga 25 MB. 

Apabila ukuran file yang ingin dikirimkan lebih dari 25 MB, Gmail menyarankan untuk menggunakan layanan Google Drive. Layanan ini dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki link tertentu. Dengan wewenang dapat mengubah isi file atau hanya dapat melihatnya saja.

Hingga Bulan Juni 2012, Gmail menjadi layanan surat elektronik dengan jumlah pengguna terbanyak. Terdapat 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Jumlah ini dikabarkan meningkat pada tahun 2022 dan akan terus meningkat seiring bertambahnya waktu.

Manfaat Gmail untuk Keperluan Sehari-hari

Meningkatnya jumlah pengguna Gmail tak lepas karena manfaat yang ditawarkan layanan besutan Google ini. Beberapa manfaat Gmail untuk keperluan sehari-hari, antara lain:

  • Sebagai layanan mengirim dan menerima pesan
  • Layanan untuk memverifikasi identitas pribadi
  • Dapat digunakan sebagai media pemasaran
  • Berguna sebagai media pendaftaran untuk berbagai situs
  • Menyediakan akses yang mudah
  • Dapat melacak perangkat yang hilang
  • Meningkatkan produktivitas kerja walaupun sedang offline

Baca Juga: Email Marketing: Jenis dan Strategi Penerapannya

Fitur yang Terdapat Pada Gmail

Sebagai salah satu layanan berkirim pesan digital terbaik, Gmail hadir dengan berbagai fitur untuk memanjakan para pengguna. Fitur ini dikabarkan akan terus-menerus diperbaharui untuk meningkatkan pengalaman penggunaan Gmail. Adapun fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna Gmail, antara lain.

1. Terintegrasi dengan Produk Google

Setiap layanan yang disediakan oleh Google terintegrasi satu sama lain. Dengan memiliki akun Gmail, maka kamu dapat mengakses semua produk dari Google. Kamu tidak perlu buat akun Gmail yang baru untuk mengakses setiap produk, karena bisa menggunakan akun lama.

Salah satu produk Google yang dapat digunakan adalah Google Meet. Kamu dapat menggunakan produk ini dengan cara login akun Gmail. Produk ini memberi kemudahan untuk berkomunikasi lewat video call.

2. Minim SPAM

Gmail merupakan produk Google yang secara otomatis dapat memisahkan email SPAM dan bukan SPAM. Email yang termasuk golongan SPAM tidak akan masuk ke email utama. Jadi, pengguna tidak akan melewatkan email penting di kotak masuk miliknya. 

Untuk mengetahui jumlah email SPAM yang masuk setiap harinya, pengguna dapat cek di kolom “Junk”. Banyak tidaknya spam tergantung dari seberapa sering pengguna mendaftarkan email tersebut pada situs tertentu. Namanya email spam, lebih baik tidak dibuka apalagi bila pengirimnya tidak jelas untuk menghindari peretasan akun.

3. Menawarkan Layanan Prioritas

Pengguna Gmail dapat menikmati layanan prioritas yang ditawarkan oleh Google. Misalnya, tidak perlu mengisi data diri, membuat username, atau password jika ingin mendaftarkan diri pada platform Pinterest. Data diri sudah terintegrasi otomatis, jadi pengguna tidak perlu buat akun baru Gmail untuk daftar Pinterest.

Adanya layanan prioritas ini jelas menghemat waktu. Jika sudah berhasil login, kamu dapat menikmati fitur yang ditawarkan oleh platform Pinterest melalui website maupun aplikasinya. Jika belum punya akun, kamu perlu buat akun Gmail baru agar bisa menikmati layanan ini.

4. Menyediakan Teknologi Pencarian di Google

Ingin mencari email pengguna lain? Mudah saja, karena Google menyediakan teknologi pencarian otomatis dari pengguna yang memiliki akun Gmail. Cukup dengan mengetikkan nama depan pengguna, maka Google akan menyarankan alamat email dari beberapa pengguna.

Tinggal pilih alamat email mana yang akan dituju. Akan lebih mudah lagi kalau kamu sudah pernah mengirimkan email kepada pengguna lain Gmail. Kamu bisa copy paste alamat emailnya saat ingin membuat pesan baru.

5. Fitur Conversation View

Fitur lainnya yang ditawarkan adalah tersedianya conversation view. Ini adalah fitur penyortiran pesan berdasarkan percakapan. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, pengguna dapat mengakses email berdasarkan bentuk percakapannya masing-masing.

Tidak perlu khawatir, karena balasan dari percakapan tidak terpisah-pisah. Isi emailnya masih menjadi satu kesatuan sesuai dengan subjek emailnya. Jadi, pengguna dapat melihat isi email secara keseluruhan dengan mudah. 

Baca Juga:  5 Keuntungan Bisnis Anda Tercatat di Google Maps

Kelebihan Gmail 

Meningkatnya jumlah pengguna Gmail tidak hanya sebatas fiturnya yang semakin meningkat. Tetapi, juga karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Adapun kelebihan Gmail dibandingkan platform email digital lainnya, antara lain:

  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang besar hingga 15 GB dengan batas lampiran file sebesar 25 MB
  • Memiliki malware dan antivirus, jadi akan ada pemberitahuan kepada pengguna setiap kali ada email masuk yang mencurigakan
  • Pengguna diperbolehkan untuk memiliki lebih dari satu akun Gmail
  • Pengguna dapat login ke beberapa akun Gmail sekaligus
  • Dilengkapi dengan sumber daya yang stabil, jadi website tidak mudah down saat digunakan
  • Email baru akan otomatis masuk tanpa harus refresh, dimana posisi email terbaru berada di bagian paling atas

Kekurangan Gmail

Namanya layanan digital, tentu memiliki beberapa kekurangan. Nah, kekurangan inilah yang menjadi evaluasi tersendiri bagi Google agar terus dapat meningkatkan produk Gmail miliknya. Adapun kekurangan Gmail yang mungkin jarang diketahui, antara lain:

  • Ada iklan tertentu dalam Gmail yang terdapat pada tab Promosi. Iklan ini bisa ditampilkan, bisa juga tidak
  • Beberapa email yang tidak termasuk kategori spam masuk ke dalam spam. Pengguna harus mengecek email di folder “Junk” terlebih dahulu sebelum menghapusnya
  • Butuh koneksi internet yang cepat dan stabil, terutama bila pesan masuk berupa file berukuran besar

Cara Buat Akun Gmail Baru

loader

Sudah punya akun Gmail? Jika belum punya, berikut ini cara buat akun Gmail yang bisa diikuti. Mudah, kok!

  • Pertama-tama, buat akun Google lewat smartphone atau website milikmu
  • Klik pilihan “buat akun”
  • Masukkan nama asli kamu
  • Pada bagian “nama pengguna”, silakan isi alamat email yang diinginkan. Biasanya Gmail akan merekomendasikan alamat email tertentu yang bisa dipakai atau diabaikan
  • Biarkan tag “@gmail.com” 
  • Masukkan kata sandi dan konfirmasi
  • Klik tombol “berikutnya” untuk menambahkan atau memverifikasi nomor telepon yang digunakan (opsional)
  • Klik “berikutnya”, akun Gmail pun berhasil dibuat

Tips Buat Akun Gmail Baru

Buat akun Gmail baru sangat mudah, kan? Agar lebih aman, berikut beberapa tips buat akun Gmail baru yang perlu diketahui.

  • Sebaiknya pilih kata sandi yang merupakan gabungan antara huruf, angka, dan tanda baca untuk meningkatkan keamanannya
  • Berikan informasi yang akurat agar Google dapat menjaga keamanan akun milikmu
  • Hindari alamat email yang sudah pernah digunakan karena ini mengakibatkan proses pembuatan akun gagal

Berkirim Pesan Digital Mudah dengan Gmail

Ingin berkirim pesan untuk kebutuhan bisnis, pribadi, maupun pendidikan? Gmail merupakan platform surat-menyurat digital yang dapat diandalkan. Apalagi produk besutan Google ini menyediakan fitur yang unggul disertai dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pengguna.

Aplikasi Gmail bisa diunduh di Play Store atau App Store yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi. Adanya aplikasi membuat berkirim email semakin cepat, efektif, dan efisien. Semoga informasi mengenai Gmail yang sudah dijelaskan membantu, ya!

Baca Juga:  Belanja Online dari Luar Negeri Bisa Jadi Peluang Bisnis, Ikuti 8 Tips Ini