Bukan Cuma Jerawat, Ini 9 Masalah Kulit yang Sering Terjadi

Baik wanita dan pria, sejatinya pusing apabila kulitnya bermasalah karena dapat mempengaruhi penampilan. Memang, masalah yang terjadi pada kulit bisa ditutupi dengan make up, tapi kamu bisa bayangkan seberapa tebal makeup yang harus dipoles untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit. 

Masalah pada kulit tidak sebatas jerawat, masih ada berbagai masalah kulit lain yang harus kamu tahu. Yuk, simak di bawah siapa tahu kamu pernah atau akan mengalaminya nanti. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Penuaan

masalah kulit
Penuaan

Penuaan merupakan masalah kulit yang terjadi pada siapa saja saat usianya bertambah tua. Masalahnya, penuaan kulit disertai dengan dengan garis-garis halus, tekstur kulit yang kasar, dan flek hitam yang membuat kulit tidak mulus. 

Meski penuaan tidak dapat dielakkan, tapi kamu bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seiring bertambahnya usia. Terlebih lagi jika kulit sering terkena matahari, maka tanda-tandanya semakin jelas terlihat.

2. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang disebabkan karena produksi melanin yang berlebihan. Selain itu, paparan sinar matahari, usia, dan produksi hormon juga imut mempengaruhi produksi melanin dalam tubuh.

Untuk mencegah hiperpigmentasi, sebaiknya gunakanlah rangkaian skincare pagi dan malam secara teratur, sunscrean, dan ubah gaya hidup. Konsumsi tomat juga bagus untuk mengatasi hiperpigmentasi seperti yang dilansir dari Metro Lifestyle.

3. Warna kulit tidak rata

Siapapun pernah mengalami warna kulit yang tidak merata. Penyebab utamanya tak lain karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Jadi, warna kulit yang terbuka berubah menjadi gelap, sedangkan bagian tertutup tetap sama seperti kulit aslimu.

Kulit belang sifatnya tidak permanen. Dengan pemakaian lotion, sunscreen, dan krim pencerah, maka warnanya akan kembali seperti semula. Namun, kamu harus sabar dan telaten agar hasilnya lebih cepat terlihat.

Baca Juga: Selain untuk Memasak, Inilah 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

4. Flek hitam

flek hitam
Flek hitam

Paparan sinar matahari tidak hanya membuat kulit terlihat belang, tapi juga menimbulkan flek hitam, khususnya di bagian wajah. Itulah alasan kenapa dermatologis menyarankan penggunaan sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah.

Sunscreen yang digunakan sebaiknya memiliki kandungan SPF di atas 30. Semakin bagus lagi kalau kandungannya lebih tinggi agar proteksi terhadap kulitmu menjadi maksimal. Tidak hanya di wajah, aplikasi sunscreen sebaiknya dilakukan di seluruh tubuh yang terkena paparan matahari.

5. Milia

Milia bentuknya seperti benjolan putih, biasa ditemukan pada wajah bayi. Milia bisa hilang seiring berjalannya waktu, tapi bisa juga semakin bertambah seiring dengan pertambahan usia. Makanya tetap harus waspada walaupun sebenarnya milia tidak memiliki efek samping.

Milia disebabkan karena produksi pigmen yang berlebihan. Cara terampuh untuk menghilangkannya yaitu dengan melakukan treatment laser atau operasi plastik. Bisa juga dengan penggunaan krim, tapi prosesnya lebih lama.

6. Rosacea

Rosacea adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil berwarna merah di sekitar wajah. Rosacea umumnya terjadi pada wanita berumur 30 tahun ke atas, tapi beberapa pria juga mengalami rosacea di wajah. Penyebabnya bisa karena sistem imun dan pembuluh darah bermasalah, serta kondisi lingkungan.

Beberapa antibiotik seperti metronidazole atau metrogel, doksisiklin, dan gel yang mengandung azelaic acid dipercaya dapat mengurangi produksi rosacea.

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

7. Stretch marks

Stretch marks
Stretch marks

Stretch marks atau selulit bisa dikatakan menjadi masalah kulit bagi semua orang, baik orang gemuk, kurus, maupun ibu hamil. Selulit biasa ditemukan di area bokong, perut, lengan, dan pinggul yang membuat siapapun yang memilikinya tidak nyaman. 

Untungnya, stretch marks bisa dihilangkan dengan penggunaan krim atau pelembap khusus atau yang mengandung retinol, seperti dipaparkan oleh Everyday Health. Untuk hasil instan, kamu bisa coba treatment laser.

8. Tahi lalat

Banyak yang berasumsi kalau tahi lalat adalah tanda lahir. Benar, tapi kalau jumlahnya satu atau dua. Jika jumlah tahi lalatnya banyak dan terdapat pada satu bagian saja, bisa jadi kanker kulit yang dinamakan melanoma.

Sebaiknya perhatikan simetris, warna, dan batas ukuran kewajarannya untuk membuktikan apakah itu tahi lalat atau melanoma. Agar hasilnya akurat. Sebaiknya diskusikan kepada ahlinya. Jika benar itu melanoma, kamu bisa lakukan treatment khusus sebelum produksinya bertambah parah.

9. Eczema

Eczema atau biasa disebut eksim juga sering terjadi pada kulit, baik di lutut, lengan, dan bagian tubuh lainnya. Gejalanya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit. Tidak hanya bayi, beberapa orang dewasa juga mengalami eksim, yang membuat mereka super pemilih terhadap produk perawatan yang dipakainya.

Jika salah memilih produk, maka eksim bisa kambuh dan ini akan menjadi mimpi buruk bagi penderitanya. Namun, konsumsi antibiotik, penggunaan pelembap, dan krim anti bakteri dapat membantu mengatasi eksim. 

Atasi Masalah Kulit dengan Benar

Masalah kulit itu ada banyak jenisnya dan berbeda-beda pada setiap orang. Untuk itu, kenali apa yang menjadi masalah kulit. Jika sudah tahu, kamu bisa segera mengatasi langsung masalah kulit dengan benar. Namun, sebelum itu kamu perlu cari tahu bagaimana cara benar dalam mengatasi kulit atau agar lebih amannya kamu bisa konsultasi ke dokter kulit atau kecantikan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan penanganan masalah kulit dengan tepat.

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut