Bukan Gaji, Ternyata 4 Hal ini yang Bikin Karyawan Bahagia

Tidak dapat dipungkiri, semua orang pasti bekerja untuk mendapatkan gaji yang jumlahnya sesuai. Dengan begitu, gaji tersebut bisa digunakan untuk memenuhi banyak kebutuhan dan keinginan. Meski gaji sangat penting, namun pada kenyatannya gaji bukanlah hal yang membuat seorang karyawan merasa bahagia.

Shawn Anchor yang merupakan penulis The Happiness Advantage mengatakan bahwa kebahagiaan adalah awal dari kesuksesan. Kebahagiaan yang dirasakan oleh seorang karyawan ternyata mampu menjadi pemicu kinerja serta prestasi yang diinginkan oleh perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan karyawan akan menguntungkan perusahaan.

Aplikasi Dapulse melakukan survei kepada 10.000 pelanggannya untuk menentukan urutan apa saja yang bisa membuat seorang karyawan bahagia. Hasilnya cukup mengejutkan dimana gaji ternyata berada di urutan terakhir dari daftar.

Bagi yang panasaran apa saja hal yang ternyata mampu membuat seorang karyawan merasa bahagia jika bukan gaji, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Dukungan Perusahaan Terhadap Inovasi Karyawan

kerja bagus
Dukungan perusahaan terhadap inovasi karyawan

Selain gaji, hal lain yang diharapkan seorang karyawan dari perusahaan adalah pengalaman. Mereka bekerja untuk mengembangkan diri dan mendapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Salah satu pengembangan diri tersebut yaitu dengan memberikan ide dan inovasi baru terhadap perusahaan.

Ide dan inovasi yang diberikan kepada perusahaan juga diharapkan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan itu sendiri. Karena ide dan inovasi tidak didapatkan dengan mudah dan terkadang melalui pemikiran yang panjang maka mereka mengharapkan dukungan dari perusahaan untuk mewujudkannya.

Saat inovasi seorang karyawan didukung oleh perusahaan maka dia akan merasa dihargai sehingga memberikan kebahagiaan tersendiri. Karena merasa dihargai dan bahagia maka mereka tidak akan takut untuk menyampaikan inovasi lainnya. Dari situ nanti akan muncul beragam inovasi-inovasi baru yang tentu saja akan menguntungkan perusahaan.

2. Merasa Dihargai dan Diakui

Hal sederhana selanjutnya yang bisa membuat seorang karyawan bahagia adalah merasa bahwa dirinya dihargai dan diakui. Untuk hal ini, pemimpin atau atasan berperan penting di dalamnya karena karyawan akan merasa dihargai dan diakui berdasarkan sikap pemimpin.

Pada dasarnya semua manusia ingin dihargai dan diakui, termasuk dengan karyawan. Jika seorang karyawan memberikan ide baru dan ternyata masih kurang sesuai dengan visi perusahaan maka hargai ide tersebut dengan mendiskusikannya kembali. Dengan begitu karyawan tidak merasa kecewa meskipun ide yang disampaikan masih belum diterima.

Selain menghargai ide yang kurang sesuai, pemimpin juga bisa menghargai dan mengakui karyawan dengan memberikan penghargaan sederhana. Tidak harus berbentuk uang atau benda, penghargaan tersebut bisa berbentuk traktiran makan setelah tim berhasil menyelesaikan proyek dengan sempurna.

Seorang pemimpian yang baik dan kuat mengetahui jika tim merupakan aset paling penting dan juga berharga. Untuk memastikan bahwa tim adalah aset paling berharga, maka pemimpin wajib membuat setiap anggota tim merasa dirinya maupun pekerjaannya dihargai.

Baca Juga: 25 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja

3. Waktu Libur Tambahan

liburan
Waktu libur tambahan

Seorang karyawan kantoran setidaknya menghabiskan waktunya selama 8 jam hingga 9 jam dalam sehari. Jadi hampir separuh waktunya dihabiskan untuk bekerja di kantor. Waktu yang panjang di kantor tersebut, tidak heran jika karyawan kantor merasa lelah dan jenuh untuk beraktivitas. Adanya waktu libur tambahan ternyata mampu membuat mereka merasa bahagia dibandingkan dengan gaji besar.

Tidak banyak perusahaan yang memberikan waktu libur tambahan sehingga waktu tersebut akan terasa istimewa dan menyenangkan. Waktu libur tambahan ini tidak perlu lama-lama namun yang pasti bisa melepas kelelahan karyawan. 

Selain itu, waktu libur tambahan ini bisa diwujudkan dengan liburan bersama seluruh karyawan ke destinasi wisata tertentu. Tidak hanya mampu meningkatkan kebahagiaan karyawan karena mendapatkan liburan gratis, hal ini juga bisa mendekatkan hubungan antar karyawan sehingga tim akan menjadi lebih solid.

4. Fasilitas di Ruang Kantor

Hal sederhana selanjutnya yang bisa membuat karyawan merasa bahagia adalah fasilitas yang ada di ruang kantor. Fasilitas di ruang kantor ini mampu meningkatkan kenyamanan karyawan sehingga berujung pada mood dan kebahagiaannya. Jadi usahakan untuk memberikan karyawan fasilitas yang mendukung sehingga membuat mereka merasa bahagia.

Contoh dari fasilitas di kantor yang membuat karyawan bahagia adalah mesin pembuat kopi, kursi dan meja kerja yang nyaman, ruang bersantai, dan lain sebagainya. Mesin pembuat kopi menjadi salah satu fasilitas yang membuat karyawan bahagia karena ketika merasa lelah mereka bisa mengobatinya dengan membuat kopi.

Sementara, ruang bersantai sendiri harus didesain senyaman mungkin sehingga bisa dimanfaatkan karyawan saat merasa lelah. Ruang bersantai ini juga bisa digunakan para karyawan untuk mengobrol dan mendekatkan diri selama jam istirahat. 

Untuk fasilitas di kantor ini sebenarnya cukup fleksibel tergantung kebutuhan masing-masing karyawan. Jadi sebelum membuat fasilitas pendukung di kantor, atasan bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan karyawan di kantor sehingga fasilitas pendukung lebih maksimal dalam menambah kebahagiaan karyawan.

Baca Juga: Meningkatkan Kretivitas Hingga Karir, Ini Dia Keuntungan Bekerja di Coworking Space

Bahagia Itu Sederhana

Memang dengan banyak uang, apapun yang kita butuhkan atau inginkan bisa terpenuhi dengan baik. Akan tetapi, kebahagiaan seseorang tak melulu soal uang saja, tapi hal sederhana seperti di atas juga ternyata mampu membuat karyawan lebih bahagia dibandingkan dengan gaji.

Baca Juga: Cepat Sukses di Tempat Kerja dengan 4 Tips Komunikasi Efektif Berikut