Mengenal Bukti Transaksi dalam Bisnis dan Jenisnya

Pencatatan keuangan juga merupakan salah satu prosedur penting yang tak bisa diabaikan oleh pebisnis. Pencatatan keuangan yang baik akan memungkinkan akuntabilitas bisnis tetap terjaga dengan baik. 

Pada dasarnya, pencatatan keuangan akan dibutuhkan dalam semua bisnis, baik itu bisnis skala kecil maupun bisnis yang sudah berskala besar. Semakin baik pencatatan keuangan di dalam sebuah bisnis, maka akan semakin mudah juga untuk mengawasi kondisi keuangan bisnis tersebut. 

Hal ini juga akan memungkinkan pebisnis lebih mudah untuk melakukan evaluasi dalam keuangan, jika sewaktu-waktu tindakan tersebut dibutuhkan. Salah satu yang paling dibutuhkan dalam pencatatan keuangan bisnis adalah bukti transaksi yang terjadi di dalam bisnis tersebut. 

Bukti transaksi merupakan ringkasan seluruh aktivitas penjualan dan pembelian di dalam sebuah bisnis. Bukti transaksi ini juga bisa saja berasal dari pihak lain, di mana perusahaan melakukan pembelian berbagai kebutuhan bisnis. 

Berbagai bukti transaksi inilah yang akan menjadi dasar pencatatan di dalam sebuah bisnis.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Manfaat Bukti Transaksi bagi Pebisnis 

loader

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan pebisnis dari bukti transaksi, berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

  • Menjadi dasar untuk membuat catatan akuntansi bisnis. 
  • Meminimalisir terjadinya kekeliruan atau selisih dalam proses pencatatan keuangan, di mana transaksi-transaksi yang terjadi dalam bisnis dicatat dalam bentuk tulisan. 
  • Menghindari terjadinya duplikasi catatan ketika dilakukan pengumpulan data terkait keuangan. 
  • Mempermudah identifikasi terhadap pihak yang bertanggung jawab untuk setiap transaksi yang terjadi di dalam bisnis. 
  • Menjadi media yang memuat informasi terkait keuangan bisnis. 

Jika dilihat dari berbagai manfaat di atas, maka sangat penting bagi pebisnis untuk selalu mengumpulkan dan menyimpan setiap bukti transaksi yang dimiliki. Hal ini akan sangat berguna dan mempermudah pencatatan keuangan yang dilakukan secara rutin di dalam bisnis tersebut. 

Baca Juga:  Ini Pilihan Bisnis yang Kebal Inflasi

Tujuan Bukti Transaksi

Selain memberikan manfaat yang besar, bukti transaksi juga memiliki tujuan yang krusial di dalam bisnis. Ada banyak tujuan bukti transaksi di dalam bisnis, berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

  • Memberikan informasi yang detail terkait perubahan keuangan dalam sebuah bisnis. 
  • Menjabarkan informasi tentang sumber pemasukan dan juga pengeluaran sebuah bisnis, baik itu modal maupun berbagai kewajiban yang harus diselesaikan. 
  • Memberikan informasi terkait keuangan bisnis, agar bisa dijadikan sebagai dasar perhitungan untuk mendapatkan keuntungan. 
  • Menghindari terjadinya selisih dalam pencatatan keuangan. 

8 Jenis Bukti Transaksi dalam Bisnis

Pada dasarnya, bukti transaksi tidak hanya berguna untuk proses pencatatan keuangan bisnis saja. Namun bukti transaksi juga akan dibutuhkan untuk mengurus berbagai hal lainnya di dalam bisnis, seperti pengurusan izin atau urusan dengan pihak di luar perusahaan itu sendiri. Masing-masing bukti transaksi ini akan memiliki bentuk dan juga fungsi yang berbeda. 

Berikut ini adalah beberapa jenis bukti transaksi yang kerap digunakan di dalam bisnis: 

Jenis Bukti Transaksi

Keterangan

Faktur penjualan

Ini merupakan bukti transaksi yang memuat persetujuan antara dua belah pihak, yakni penjual dan pembeli, di mana ada banyak informasi yang tertera di dalamnya, antara lain: data penjual dan juga pembeli, nama produk, jumlah produk, harga produk, nomor NPWP pihak terkait dan yang lainnya.

Faktur pembelian

Ini merupakan bukti transaksi di mana perusahaan sudah melakukan pembelian barang atau jasa dari pihak lain. Ada beberapa informasi yang tertera dalam faktur pembelian ini, mulai dari tanggal transaksi, jumlah produk, harga produk, dan yang lainnya.

Nota retur

Ini adalah bukti pengembalian produk yang sudah dijual atau dibeli oleh pihak perusahaan.

Kuitansi

Ini merupakan bukti pembayaran atas transaksi penjualan maupun pembelian sebuah produk.

Faktur pajak

Ini merupakan nota bukti pembayaran pajak, baik itu dari pembeli maupun penjual.

Kas keluar

Ini merupakan bukti transaksi di mana perusahaan sudah melakukan pembelian peralatan maupun hal lainnya yang dibutuhkan dalam aktivitas bisnis.

Kas masuk

Ini adalah bukti transaksi saat perusahaan sudah mendapatkan sejumlah pembayaran dari klien atas penjualan produk bisnis.

Setoran bank

Ini merupakan dokumen penting dalam pencatatan kas keluar perusahaan. Biasanya bukti transaksi ini juga digunakan sebagai bukti pelunasan maupun pembayaran kepada pihak lain.

Baca Juga:  Dana Darurat Bisnis, Bagaimana Cara Mempersiapkannya?

Kenali Bukti Transaksi dan Gunakan dengan Tepat

Bukti transaksi menjadi bagian penting dari proses pencatatan yang dilakukan dalam bisnis. Ada banyak bukti transaksi yang lazim digunakan, tentunya tergantung kebutuhan dan juga skala bisnis itu sendiri. Kenali setiap bukti transaksi ini dan gunakan dengan tepat, agar pencatatan keuangan bisnis bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: 26 Bisnis Modal Kecil yang Bisa jadi Usaha Sampingan dengan Cuan Melimpah