Mengenal Canva: Fitur Gratis, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Berbeda dengan aplikasi desain lainnya yang terbilang rumit, Canvas cukup simpel dan mudah untuk digunakan, bahkan untuk para pengguna pemula sekalipun. 

Canva web akan menyajikan dengan simpel berbagai fitur yang bisa diakses oleh para penggunanya, dimana berbagai kebutuhan desain bisa dilakukan dengan mudah di Canva. com. Namun untuk mengakses semua layanan di Canva com, pengguna tentu harus memahami dengan baik aplikasi yang satu ini terlebih dahulu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Fitur-fitur Gratis Canva

loader

Sebagaimana aplikasi desain pada umumnya, Canva online bisa diakses dengan mudah, kapan saja dan di mana saja, selama pengguna terhubung dengan layanan internet. Di Canva. com, pengguna bisa menemukan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat desain, bahkan secara online. 

Berikut ini adalah beberapa fitur gratis yang bisa ditemukan dalam Canvas secara gratis: 

1. Animasi

Canva com menyediakan sejumlah fitur animasi berbentuk GIF yang bisa diakses pengguna secara gratis. Berbagai fitur ini akan mempermudah pembuatan desain yang diinginkan, meskipun jumlah fitur gratis ini tentu cukup terbatas dan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan ketika menggunakan Canva web berbayar. 

Baca Juga: Profesi Animator: Pengertian, Jenis, Skill yang Dibutuhkan, Jenjang Karir

2. Template Desain

Jika tidak ingin membuat desain dari awal, maka pengguna bisa memanfaatkan template desain yang sudah tersedia di Canva online. Pengguna bisa menemukan banyak desain template, mulai dari desain untuk postingan media sosial, laporan, dan yang lainnya. Fitur Canvas yang satu ini akan membuat proses desain menjadi jauh lebih mudah dan cepat, tanpa perlu repot sama sekali. 

3. Foto & Audio

Canva online juga menyediakan banyak koleksi foto berkualitas yang bisa digunakan oleh para pengguna, termasuk untuk pengguna yang mengakses layanan ini secara gratis. Berbagai foto ini bisa dimanfaatkan untuk membuat desain yang dibutuhkan, seperti poster dan juga motion graphics. 

4. Edit Foto

Canva. com juga menyediakan fitur edit foto yang memungkinkan pengguna menambahkan foto yang dimilikinya ke dalam desain yang sedang dibuat. Selain menambahkan, fitur ini tentu bisa digunakan untuk mempercantik atau mengedit foto-foto yang akan digunakan tersebut. 

Cara Bikin Akun Canva

Untuk bisa mengakses dan menggunakan layanan Canva web, pengguna tentu wajib memiliki akun terlebih dahulu. Tidak akan sulit, pembuatan akun di Canva com ini hanya membutuhkan beberapa langkah mudah saja, sehingga bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membuat akun di Canva online: 

  • Kunjungi situs resmi Canvas di www.canva.com 
  • Klik “sign up” sesuai dengan akun yang diinginkan (Google, Facebook, Email)
  • Ketikkan alamat email yang lengkap (jika sign up menggunakan email), atau lakukan authorize access (jika sign up menggunakan akun Google atau Facebook). 
  • Lengkapi semua data yang diminta.
  • Klik “sign up” untuk mengaktifkan akun Canvas. 

Jika semua langkah di atas telah berjalan dengan sukses, maka pengguna sudah bisa mengakses semua layanan gratis yang ada di Canva. com

Cara Membuat Desain Pertama Menggunakan Canva Web

loader

Jika sudah memiliki akun di Canva, maka pengguna bisa mengakses Canva online melalui laptop atau komputer. Kebanyakan orang biasanya lebih nyaman untuk membuat desain melalui komputer seperti ini, sebab bisa lebih leluasa.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat desain pertama di Canva com: 

1. Log in ke Akun Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bisa mengakses semua layanan di Canva com adalah dengan login ke akun Canvas terlebih dahulu. Ketikkan email atau akun Google dan juga password yang telah dibuat sebelumnya. 

2. Klik “Buat Desain” 

Jika sudah berhasil login, maka lanjutkan dengan meng-klik salah satu desain yang diinginkan terlebih dahulu. Canva. com menyediakan banyak pilihan desain yang berbeda, pilih salah satu desain yang paling tepat dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Ingin Belajar Desain Grafis? Ini Aplikasi yang Harus Kamu Pelajari

3. Pilih Template 

Untuk mempercantik desain yang dibuat, gunakan template yang terdapat di Canva web. Ada banyak pilihan template yang disediakan secara gratis di dalam aplikasi yang satu ini, sehingga pengguna akan leluasa untuk memilih dan menggunakan salah satu di antaranya. 

4. Tambahkan foto

Canva online juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan foto ke dalam desain yang sedang dibuat. Pilih fitur foto yang terdapat pada bagian pojok kiri, maka akan ada banyak koleksi foto yang bisa digunakan untuk mempercantik desain tersebut. Cek mana saja foto yang bisa digunakan secara gratis, sebab sebagian foto ini memang untuk pengguna Canva berbayar (premium). 

5. Tambahkan Tulisan

Bukan hanya foto, pengguna Canva juga bisa menambahkan tulisan pada desain yang dibuat. Klik menu “teks” yang ada di sisi kiri, lalu pilih font dan ketikkan tulisan yang ingin ditambahkan. Tulisan ini tentu akan membuat desain semakin indah dan bisa sesuai dengan kebutuhan. 

6. Gunakan Filter dan Sesuaikan Gambar

Jika gambar yang dibuat terasa kurang pas, maka manfaatkan filter yang sudah disediakan Canva online. Filter bisa mempercantik tampilan gambar, sehingga menjadi lebih maksimal. Selain itu, sesuaikan juga warna dan kecerahan gambar seperti yang diinginkan. 

7. Download atau Bagikan 

Saat gambar sudah benar-benar sesuai dengan yang diinginkan, maka pengguna bisa men-download gambar tersebut dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu, Canva juga memungkinkan pengguna untuk membagikan gambar kepada orang lain melalui email. Ini akan memudahkan distribusi gambar, jika ternyata gambar tersebut akan digunakan oleh pihak lain.

Cara Membuat Desain Menggunakan Canva di Smartphone

Selain di laptop atau komputer, Canva juga bisa digunakan pada smartphone dengan beberapa langkah mudah berikut: 

1. Login ke Akun Canva 

Untuk bisa mengakses layanan Canva, maka mulailah login ke akun Canva terlebih dahulu. Ketikkan email atau akun Google, lalu lanjutkan dengan mengetikkan password yang benar. 

2. Mulai Desain 

Jika sudah login, maka klik “+” untuk memulai desain yang akan dibuat. Pilih jenis desain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, agar proses menggambar bisa menjadi lebih mudah. 

3. Memasukkan Gambar atau Video

Aplikasi Canva pada smartphone juga memungkinkan pengguna memasukkan gambar maupun video. Pilih gambar atau video yang tepat, sehingga hasil desain menjadi lebih maksimal dan sesuai kebutuhan. 

4. Tambahkan Teks dan Sesuaikan Gambar 

Jangan lupa untuk menambahkan teks pada desain yang dibuat. Hal ini biasanya dibutuhkan untuk memperjelas desain itu sendiri, sehingga orang lebih mudah untuk memahaminya. Sesuaikan juga gambar yang dihasilkan, misalnya dengan menambahkan warna dan yang lainnya. 

5. Simpan atau Bagikan 

Klik “simpan” jika desain yang dihasilkan sudah benar-benar sesuai. Pilih lokasi penyimpanan yang tepat. Jika dibutuhkan, bagikan hasil desain ini kepada orang lain dengan mudah melalui layanan email atau media sosial. 

Manfaat Canva dalam Bisnis 

loader

Sebagai aplikasi desain yang terbilang sangat banyak digunakan, Canva juga banyak dimanfaatkan dalam mendukung berbagai pekerjaan. Bukan hanya oleh pekerja kantoran, aplikasi yang satu ini bahkan banyak digunakan oleh para pebisnis, termasuk pebisnis skala mikro sekalipun. 

Penggunaan Canva ini tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis itu sendiri, mengingat sebagian besar bisnis telah mulai beralih ke sistem digital/ online. Daripada menggunakan jasa desainer, membuat desain sendiri tentu bisa menjadi pertimbangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pebisnis dari aplikasi Canva: 

  • Membuat slide presentasi.
  • Membuat proposal bisnis.
  • Membuat konten media sosial.
  • Membuat desain brosur dan banner untuk bisnis.
  • Membuat laporan tentang pekerjaan/ bisnis. 
  • Membuat poster bisnis.
  • Membuat cover Ebook. 
  • Membuat desain kemasan produk.
  • Dan yang lainnya. 

Gunakan Aplikasi Canva dengan Maksimal 

Canva merupakan aplikasi desain yang sangat populer dan memiliki jumlah pengguna yang terbilang banyak. Bukan hanya mudah untuk digunakan, Canva juga bisa bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Pahami dan gunakan aplikasi ini dengan cara yang tepat, agar bisa memberikan manfaat yang maksimal dalam pekerjaan atau bisnis. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto ini Bikin Feed Instagram Jualan Makin Menarik