Cara Atasi Rasa Mual Hingga Muntah Ketika Panik Menyerang

Rasa panik, gugup, atau cemas merupakan emosi yang bisa dialami oleh siapa saja ketika sedang menghadapi sesuatu. Kebanyakan orang, ketika rasa tersebut muncul bisa menimbulkan reaksi mual hingga merasa ingin muntah. Bukan hanya itu saja, nyatanya ketika sedang stres gara-gara di rumah aja juga bisa memicu efek mual tersebut.

Kondisi seperti ini tentunya sangat mengganggu karena tubuh terasa lemas akibat isi perut yang tidak bisa keluar. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Serta, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Simak penjelasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Penyebab Mual Hingga Muntah Ketika Panik

loader
Penyebab mual hingga muntah ketika panik

Muntah kering terkadang dianggap lebih menyiksa karena rasa mual tidak bisa hilang sebelum isi perut keluar. Sedangkan pada kondisi muntah kering, Anda tidak bisa mengeluarkan apa-apa meskipun sudah berusaha keras mengeluarkannya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya muntah kering dengan rasa panik dan cemas. Berdasarkan sebuah situs konsultasi yang dikelola Columbia University, muntah adalah refleks dari tubuh agar seseorang tidak tersedak atau tidak sengaja menelan zat tertentu.

Pada umumnya, refleks muntah ini lebih aktif saat seseorang mencium bau yang mengganggu atau tidak sedap. Selain itu, refleks muntah juga bisa lebih aktif apabila seseorang sensitif terhadap kandungan minuman atau makanan tertentu.

Selain hal-hal tersebut, rasa stress, cemas, panik, dan gugup yang terlalu berlebihan juga menjadi pemicu lain aktifnya refleks muntah. Perasaan mual hingga ingin muntah yang dirasakan seseorang ketika panik dan cemas berlebihan kemungkinan besar karena produksi hormon serotonin yang meningkat.

Hormon serotonin sendiri merupakan hormon yang sering ditemukan pada sistem pencernaan manusia. Hormon ini juga ikut berperan untuk menjaga agar sistem pencernaan bisa tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

Namun apabila kadar hormon serotonin berlebihan maka produksi asam lambung ikut meningkat. Selanjutnya batang otak akan mengaktifkan sinyal mual sehingga Anda akan langsung merasa mual. Meski tidak semua orang merasakannya, namun hal tersebut wajar terjadi pada orang-orang yang merasa panik, cemas, serta gugup secara berlebihan.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Stres

Tips Mengatasi Rasa Mual Hingga Muntah Ketika Panik

Meski sebenarnya bukan masalah serius, namun rasa mual hingga ingin muntah ketika panik dan cemas akan mengganggu aktivitas. Selain itu, perasaan mual hingga ingin muntah pasti membuat Anda merasa tidak nyaman dan sulit untuk mengontrol diri sendiri.

Agar tidak mengganggu aktivitas ataupun membuat tidak nyaman, Anda harus segera mengatasi mual karena panik dan cemas saat mulai merasakannya. Sebenarnya, kondisi tersebut cukup mudah untuk diatasi asalkan Anda bisa menghadapi penyebab utama yang mendasarinya, yaitu stress, gugup, panik, ataupun cemas. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti agar bisa mengurangi ataupun menghilangkan berbagai emosi berlebihan di atas. Langsung saja, berikut ini penjelasan mengenai cara-caranya:

  1. Berusaha untuk tetap tenang

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi mual akibat panik dan cemas adalah dengan berusaha tenang. Pasalnya, rasa gelisah yang terus-terusan dirasakan dapat membuat kepanikan dan kecemasan semakin parah sehingga rasa mual hingga ingin muntah tidak kunjung teratasi.

Jadi segera tenangkan diri ketika merasa panik dan cemas. Coba jauhi keramaian dan mencari tempat yang tenang. Selanjutnya lakukan relaksasi dengan cara menarik napas lewat hidung kemudian buang perlahan lewat mulut.

  1. Menghindari hal-hal yang membuat emosi semakin buruk

Kurang istirahat atau kurang tidur menjadi salah satu penyebab pikiran seseorang menjadi tidak jernih. Terutama jika Anda sering minum kopi atau alkohol di malam hari maka stress dan kecemasan bisa bertambah buruk. Karena hal tersebut, rasa mual dan ingin muntah yang Anda rasakan tidak bisa teratasi dengan baik.

Agar kualitas tidur Anda baik, sebelum tidur cobalah untuk merendam tubuh dalam air hangat. Hal tersebut dapat membantu menenangkan pikiran maupun otot tubuh yang menegang akibat panik dan stress. Selain itu, hindarilah konsumsi kopi, rokok, maupun alkohol sebelum tidur.

  1. Mengalihkan emosi negatif pada hal lain

Perasaan panik dan cemas akan mendorong seseorang untuk memikirkan hal-hal negatif. Jika Anda terlarut dengan pikiran negatif tersebut maka akan semakin sulit untuk mengatasi rasa panik dan cemas yang mengakibatkan rasa mual.

Segera hentikan segala macam pikiran negatif yang ada di otak Anda dengan cara memikirkan hal lainnya, contohnya yaitu mencoba berjalan-jalan di tempat yang nyaman, bermain ponsel, membaca buku, menonton film, atau menonton hal-hal lucu.

  1. Konsultasikan ke dokter

Cara mengatasi rasa mual hingga ingin muntah di atas mungkin berhasil bagi sebagian orang. Namun tidak menutup kemungkinan, Anda tetap akan merasa mual hingga ingin muntah meskipun sudah mengikuti cara-cara di atas.

Jika hal tersebut terjadi, maka Anda membutuhkan bantuan psikolog atau dokter untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, lebih baik segera konsultasi ke dokter atau psikolog jika rasa mual hingga ingin muntah tetap berlanjut.

Baca Juga: Meredakan Maag Tanpa Obat, Bagaimana Caranya?

Tetaplah Berpikir Positif

Panik, cemas hingga stres yang menyebabkan terjadi mual hingga muntah sebenarnya berasal dari pikiran negatif atau memikirkan hal-hal buruk padahal ini belum tentu terjadi kebenarannya. Untuk itu, tetaplah berpiikir positif agar mual atau muntah tidak terjadi.

Baca Juga: 5 Tips Sehat dan Puasa Lancar Buat Penderita Maag