Cegah Penyebaran Corona, Lakukan 7 Cara Asyik Ini Biar Betah di Rumah Aja!

Seiring dengan terus bertambahnya kasus terjangkit corona di Indonesia. Pemerintah pun meminta masyarakat untuk melakuakn self quarantine atau tidak keluar rumah jika tidak harus.

Penyebarannya yang cepat, bisa menyerang siapa saja bahkan mematikan membuat sekolah dan universitas terpaksa harus meliburkan para siswa dan mahasiswanya. Beberapa tempat kerja juga ikut mewajibkan untuk melakukan WFH (work from home) atau bekerja dirumah.

Nah, kamu yang sedang diliburkan dan minta untuk tetap tinggal dirumah pasti akan ada saatnya akan mengalami rasa suntuk dan super bosan. Memang tidak banyak sih kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Tapi bukan berarti tidak bisa dibikin asik!

Jadi, untuk kamu yang lagi work from home (WFH) atau yang sedang diliburkan karena pandemik corona. Ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan biar self-quarantine jauh dari kata bosan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Online Lunchdate via Video Call dengan Teman Kantor

makan siang

Seperti kata pepatah “old habits die hard’’ yang artinya kebiasaan lama itu susah ditinggalkan. Sama seperti kebiasaan kamu yang menghabiskan jam makan siang bersama teman kantor dimana pasti di masa WFH ini akan membuatmu kangen, ditambah kamu tidak bisa kemana-mana untuk makan siang.

Nah, untuk menghilangkan rasa rindu makan siang sama teman-teman kantor kamu dan teman kantor bisa mencoba untuk merencanakan makan siang bersama melalui video call. Caranya gampang, kamu dan teman-teman kantor yang akan kamu invite untuk makan siang sama-sama menentukan jam berapa kalian akan makan siang bersama agar bisa online bersama-sama.

Eits, jangan sampai lupa siapin topik obrolan yang seru biar lunch date onlinenya bisa makin seru.

Baca Juga: Benda Mahal yang Harus Dipikirkan Matang-Matang sebelum Membeli

2. Memanjakan Diri dengan Skincare Baru

skin care

Manfaatkan waktu bekerja dari rumah ini, untuk merawat dan memanjakan diri kamu lebih maksimal lagi. Selama kamu bekerja dirumah tidak akan ada orang yang mengomentari penampilan kamu. Jadi biar semakin glowing dan segar, kamu bisa memanfaatkan momen bekerja dari rumah ini untuk bekerja sambil maskeran atau luluran ketika sudah masuk jam makan siang/istirahat.

3. Cari Hobi Baru

hobi baru

Kamu yang biasanya tidak suka memasak, bisa mencoba belajar memasak selama masa self-quarantine ini. Atau bisa juga mencoba untuk membaca novel atau komik baru. Bahkan kalau perlu kamu juga bisa coba bikin video tik-tok yang lucu dan menarik. Pokoknya apa saja yang penting kegiatan itu tidak mengharuskan kamu untuk keluar rumah.

Mencari hobi baru tidak hanya bisa mengurangi rasa bosan tapi juga bisa menjadi terapi untuk menghilangkan stress loh.

4. Jadi Freelancer untuk Dapat Uang Tambahan

freelancer

Jika biasanya kamu sulit membagi waktu antara kerjaan dan freelanceran. Dengan masa bekerja dari rumah ini, kamu akan lebih mudah membagi waktunya. Caranya tentu saja dengan tetap mengutamakan menyelesaikan pekerjaan utama kamu.

Jadi apa bedanya?

Bedanya adalah kamu masih punya energi tersisa setelah selesai bekerja untuk mengerjakan project freelancer karena kamu dirumah saja, tidak perlu pakai acara lembur di kantor, pulang kemalaman atau kena macet dijalan pulang.

Jika kamu pintar-pintar mengatur fokus kamu dalam menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, maka lebih cepat lagi kamu bisa mengerjakan project freelance kamu.

Baca Juga: Mengenal Capsule Wardrobe, Cara Hidup Simpel dengan Pakaian yang Sedikit

5. Jalin Silahturahmi Lagi ke Orang-Orang yang Sudah Jarang Kamu Temui

hubungi teman

Jika kemarin-kemarin kamu terlalu sibuk untuk sekedar menyapa teman-teman jaman kuliah atau kerabat jauh. Ini lah saat yang tepat. Kamu bisa mengambil waktu istirahat di sela-sela pekerjaan kamu untuk melakukan video call dengan teman-teman lama atau keluarga kamu di kampung.

Jika kamu bosan harus ketahan dirumah, artinya orang lain juga bisa bosan begitu juga mungkin  dengan teman-teman lama kamu. Jadi, siapa yang tidak senang toh dihubungi kembali oleh teman baik yang sudah tidak lama bersua?

6. Coba-Coba untuk Kursus Online

kursus online

Dari segudang hal yang bisa dilakukan dirumah, kayaknya ini yang paling banyak kasih kamu manfaat. Daripada dirumah cuman makan-kerja-tidur saja, coba deh untuk mendaftar kelas kursus online. Seperti kursus bahasa, melukis bahkan sampai coding.

Bisa saja, ilmu yang kamu dapat hasil dari belajar online kamu suatu saat bisa kamu keuntungan tambahan di dunia kerja.

7. Buat Kegiatan Seru sebagai Quality Time dengan Keluarga

keluarga

Bagi yang sudah berumah tangga dan memiliki buah hati. Cobalah cari-cari referensi di internet permainan seru apa yang bisa dimainkan bersama dengan keluarga. Tenang, tidak seperti masker atau hand sanitizer, game board tidak akan mengalami kenaikkan harga kok.

Contoh game board yang seru dimainkan dengan keluarga adalah, Uno Card, Uno Stacko, Monopoli, Ular Tangga, Ludo dan masih banyak lagi.

Jangan Lupa juga Olahraga Ringan secara Rutin dan Makan Makanan yang Sehat selama WFH

Dan yang paling penting adalah tentu menjaga kesehatan dengan tetap melakukan olahraga ringan, minum vitamin, rajin makan buah dan sayur selama dirumah saja. Ohiya jangan lupa juga yah jaga kebersihan dan berjemur matahari pagi. Biar makin bugar.

Dirumah bukan berarti bermalas-malasan. Tetap jalani kewajiban kamu baik sebagai seorang karyawan, mahasiswa, atau ibu rumah tangga dengan baik. Dan mari lawan corona bersama dengan tetap melakukan social distancing di tempat umum. Tetap di dalam rumah saja sebanyak mungkin dan keluar rumah jika memang-memang benar dibutuhkan saja.

Baca Juga: Menghindari Utang di Usia 20 Tahun, ini Cara Efektifnya