Cara Bayar BPJS Kesehatan di SHOPEE

Di zaman sekarang ini, semua dapat dilakukan dengan mudah karena perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Bayangkan saja jika sekarang ini semua dapat dilakukan dengan praktis dan serba mudah. Jika kita dulu harus mondar-mandir atau mengantri untuk mendapatkan pelayanan, baik di Bank, kantor pos, dan lain-lain. Nah, sekarang sudah lebih praktis karena segala transaksi dan pelayanan dapat dilakukan secara online.

Salah satunya adalah membayar tagihan BPJS Kesehatan. Ya, sekarang Anda bisa membayar tagihan BPJS Kesehatan dengan mudah hanya dengan smartphone  Anda. Tentu dengan kemudahan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan ini akan lebih memudahkan masyarakat.

Salah satu marketplace online yang sudah populer di Indonesia ini menyediakan layanan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan dengan praktis dan mudah. Marketplace online itu ialah Shopee. Jika biasanya Anda berbelanja di Shopee, bisa juga nih sambil membayar tagihan BPJS Kesehatan. Apalagi Shopee biasanya banyak memberikan cashback pembayaran yang tentu akan menguntungkan para peserta BPJS Kesehatan yang membayar tagihannya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan di Shopee

bayar bpjs pake shopee

Berikut ini cara melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di Shopee

Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di Shopee.

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee atau bisa juga buka browser Anda dan search Shopee
  2. Login dengan akun Shopee Anda
  3. Anda bisa klik menu Pulsa, Tagihan dan Tiket yang ada di halaman utama aplikasi Shopee, lalu klik BPJS.
  4. Setelah itu, Anda bisa masukkan nomor Virtual Account Anda atau keluarga dan pilih periode atau bulan pembayaran.
  5. Selanjutnya nomor virtual account BPJS Kesehatan terdiri dari sebelas sampai enam belas digit. Nah, apabila nomor virtual account BPJS Kesehatan Anda kurang dari enam belas digit, maka sistem Shopee secara otomatis akan menambahkan angka 0 saat Anda klik lihat tagihan BPJS Kesehatan.
  6. Cek jumlah tagihan.  Untuk pembayaran tagihan BPJS Kesehatan diusahakan Anda harus mengecek tagihan pembayaran terlebih dahulu, jadi Anda sudah mengetahui berapa nominal tagihan BPJS Kesehatan yang akan Anda bayar.
  7. Klik lanjut atau next
  8. Nah, disini Anda sudah masuk metode pembayaran BPJS Kesehatan di Shopee. Di aplikasi Shopee, Anda bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Bisa menggunakan kartu kredit, transfer Bank. Alfamart, dan lain-lain.
  9. Jika sudah, Anda pilih Bayar Sekarang
  10. Maka Anda akan menerima notifikasi yang dapat di lihat di halaman rincian pesanan yang ada di pojok kanan atas di halaman utama Shopee
  11. Jika status pesanan yaitu pembayaran BPJS Kesehatan sudah selesai, maka Anda bisa langsung cetak struk pembayaran BPJS Kesehatan dengan mengklik download struk pembayaran.
  12. Selanjutnya maka akan menampilkan struk pembayaran iuran BPJS Kesehatan di aplikasi Shopee.

Itu cara bagi peserta BPJS Kesehatan khususnya bagi pengguna aplikasi Shopee untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Selanjutnya kami juga akan memberikan informasi nih untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan jika Anda adalah mitra shopee.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara Cek Tagihan dan Bayar BPJS Kesehatan di Traveloka

Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Bagi Mitra Shopee

Cara pembayaran yang kedua ini dikhususkan untuk pembayaran oleh Mitra Shopee. Berikut adalah cara-caranya.

  1. Buka aplikasi Shopee atau bisa dengan buka browser dan search Shopee
  2. Login dengan akun Mitra Shopee Anda
  3. Pertama, Anda bisa klik menu Pulsa, Tagihan dan Tiket yang ada di halaman utama aplikasi Shopee, lalu klik BPJS.
  4. Setelah itu, Anda bisa masukkan nomor Virtual Account Anda atau keluarga dan pilih periode atau bulan pembayaran.
  5. Selanjutnya nomor virtual account BPJS Kesehatan terdiri dari sebelas sampai enam belas digit. Nah, apabila nomor virtual account BPJS Kesehatan Anda kurang dari enam belas digit, maka sistem Shopee secara otomatis akan menambahkan angka 0 saat Anda klik lihat tagihan BPJS Kesehatan.
  6. Cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan, dan Anda dapat membayar tagihan BPJS Kesehatan ini sampai dengan 12 bulan kedepan
  7. Selanjutnya periksa tagihan BPJS Kesehatan Anda
  8. Klik Bayar Sekarang
  9. Masukkan pin saldo mitra Shopee Anda
  10. Selanjutnya konfirmasi pembayaran dan dapat dilihat dengan klik transaksi di pojok kanan atas halaman utama Shopee.

Cara kedua diatas adalah bagaimana Anda membayar tagihan BPJS Kesehatan apabila Anda mitra Shopee. Sebenarnya pembayarannya sama saja yang membedakan jika Anda adalah mitra Shopee maka Anda harus memasukkan  pin saldo mitra Shopee Anda.

Baca Juga: Cara Bayar BPJS Kesehatan di Bukalapak, Gampang Banget

Praktis dan Aman Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Untuk pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di Shopee sangat mudah dan praktis. Bahkan hanya dalam beberapa menit saja Anda sudah berhasil membayarkan tagihan BPJS Kesehatan. Selain itu kelebihan lainnya yaitu Anda bisa download struk pembayaran di aplikasi Shopee. 

Jadi dapat terlihat jika Anda melakukan transaksi pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di Shopee. Dan juga kelebihan lainnya sudah cukup banyak metode pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di Shopee.

Demikianlah informasi Cara Membayar BPJS Kesehatan di Shopee. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam membayar tagihan BPJS Kesehatan di Shopee.

Baca Juga: Cara Bayar BPJS Kesehatan di Tokopedia