Cara Beli SBR Online dan Besaran Kupon SBR Terbaru Periode Juli – Oktober 2020

Salah satu investasi yang bisa dijadikan pilihan adalah SBR (Saving Bond Ritel). Investasi ini cocok bagi investor pemula maupun investor yang sudah berpengalaman investasi di pasar modal.

Menariknya, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) telah mengumumkan nilai kupon terbaru untuk Savings Bond Ritel seri SBR005, SBR006, dan SBR007 periode 11 Juli 2020 hingga 10 Oktober 2020.

Kupon pada SBR adalah bunga atau imbal balik yang akan didapatkan investor. Perhitungan kupon pada SBR berdasarkan presentasi terhadap jumlah pokok utang dalam waktu setahun, dan pembayarannya dapat dilakukan setiap bulan sekali.

Contoh hitungan kupon SBR: Anda investasi SBR seharga Rp100 juta, dengan kupon 8.2% per tahun. Maka dalam satu tahun Anda akan mendapatkan bunga sebesar Rp8,2 juta, atau kupon per bulan yang didapatkan yaitu sebesar Rp683.333,-.

Tertarik beli SBR? Simak ulasan cermati.com tentang rincian kupon SBR tahun 2020 terbaru dan cara beli SBR online dari data Bank Indonesia dan Kemenkeu.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Besaran Kupon SBR Periode 11 Juli - 10 Oktober 2020

sbr
Besaran kupon SBR

SBR005

Tingkat kupon SBR005 periode 11 Juli 2020 sampai 10 Oktober 2020 ialah 8,15 persen.

Tingkat kupon itu menggunakan tingkat imbalan minimal (floor) mengingat hasil penjumlahan dari tingkat suku bunga BI 7-Day (Reverse) Repo Rate dan spread tetap menghasilkan angka yang lebih rendah dari tingkat imbalan minimal (floor) dan spread tetap untuk seri SBR005 yang sebesar 215 bps (2,15 %).

SBR006

Tingkat kupon SBR006 periode 11 Juli 2020 sampai 10 Oktober 2020 ialah 7,95 persen.

 Tingkat kupon tersebut menggunakan tingkat imbalan minimal (floor) mengingat hasil penjumlahan dari tingkat suku bunga BI 7-Day (Reverse) Repo Rate dan spread tetap menghasilkan angka yang lebih rendah dari tingkat imbalan minimal (floor) dan spread tetap untuk seri SBR006 ialah 195 bps (1,95 %).

SBR007

Tingkat kupon SBR007 periode 11 Juli 2020 sampai 10 Oktober 2020 ialah 7,5 persen.

Tingkat kupon tersebut menggunakan tingkat imbalan minimal (floor) mengingat hasil penjumlahan dari tingkat suku bunga BI 7-Day (Reverse) Repo Rate dan spread tetap menghasilkan angka yang lebih rendah dari tingkat imbalan minimal (floor) dan spread tetap untuk seri SBR007 ialah 150 bps (1,5 %).

Baca Juga: Milenial, ini 4 Manfaat Investasi Sejak Muda dengan Pilihan Jenis Investasi yang Tepat

Investasi SBR (Saving Bond Ritel)

Mungkin bagi calon investor pemula belum mengetahui secara detail mengenai SBR. Ya, SBR atau Saving Bond Ritel adalah salah satu alternatif investasi untuk Warga Negara Indonesia yang menawarkan imbalan berupa kupon (bunga). Pmerintah menerbitkan SBR ini juga terdapat tujuannya, yaitu untuk membantu membiayai anggaran negara. Dengan begitu, secara tidak langsung investor turut membangun negara ke arah yang lebih baik.

SBR sendiri menjadi salah satu jenis Surat Utang Negara (SUN) atau juga biasa disebut Surat Berharga Negara (SBN). Surat berharga ini ditawarkan untuk individu atau perseorangan, sehingga dinamakan ritel.

Karakteristik SBR

  1. Untuk Individu Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pemesanan Mulai dari Rp1 juta
  3. Jatuh Tempo 2 tahun
  4. Kupon Mengambang dengan Kupon minimal
  • Mengambang, artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.
  • Kupon Minimal, artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.
  1. Fasilitas Early Redemption

Arti istilah ini adalah investor bisa melakukan pencairan dana lebih awal. Umumnya, investor bisa mencairkan maksimal 50% investasi yang dimilikinya.

Baca Juga: Zaman Now Investasi Jangan yang Biasa Saja, Mahasiswa Coba Deh Investasi Ini

Cara Beli SBR secara Online, Lebih Gampang!

smartphone
Beli SBR online lebih mudah

Daripada harus keluar rumah dan pergi ke tempat penyelenggara investasi yang menawarkan SBR, mending beli kupon SBR secara online dari rumah. Selain itu, beli SBR secara online ini bisa dilakukan kapan saja. Mudahnya, investor hanya perlu melakukan sedikit tahapan saja, antara lain:

  1. Registrasi akun di website atau aplikasi smartphone penyelenggara SBR
  2. Top up saldo dan beli kupon SBR
  3. Memantau perkembangannya hingga masa akhir periode abis.

Berikut daftar mitra distibusi SBR secara online:

  1. E-SBN
  2. BCA
  3. Bank Mandiri
  4. BNI
  5. Bank Permata
  6. BRI
  7. BTN
  8. Bank Maybank Indonesia
  9. Perusahaan Efek (PT. Trimegah Sekuritas Indonesia, PT. Danareksa Sekuritas)
  10. Perusahaan Efek Khusus (Modalku, Investree, Invisee, Tanamduit, Perusahaan Financial Peer to Peer Landing, PT Bareksa Portal Investasi.

Jangan Mudah Tergiur Penawaran Investasi Abal

Siapa yang tidak akan tergiur dengan penawaran investasi yang sangat menarik. Misalnya hanya menyetorkan dana atau moda sedikit, tapi sebagai investor bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar, bahkan jika dihitung bisa tidak bisa masuk akal.

Penawaran investasi tersebut sering sekali dilakukan oleh para oknum yang mengatasnamakan jasa penyelenggara investasi. Jika Anda tertarik dengan investasi abal, maka jangan heran, bila uang yang Anda setorkan bisa hilang dalam sekejap dan pelaku akan menghilang tanpa kabar.

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, lebih baik lakukan penanaman modal investasi di platform yang sudah terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Bila Anda menermukan tawaran investasi yang mencurigakan, Anda bisa konsultasikan atau melaporkan kepada Kontak OJK 157 (WA 081157157157), email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

Baca Juga: Jangan Takut Investasi Kala Virus Corona Merebak, Ini Tipsnya