Cara Buat Akun Linkedin untuk Bantu Tingkatkan Karirmu

Dengan kecanggihan teknologi internet saat ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang sulit lagi dan menganggur pun bukan hal yang perlu ditakuti lagi. Tidak ada lagi uang yang keluar sia-sia mencetak lamaran kerja kebanyak perusahaan sekaligus.

Semua kegiatan mencari dan melamar pekerjaan manual sudah digantikan oleh banyaknya website-website lowongan kerja yang memungkinkan seluruh proses penyebaran CV hingga undangan interview secara online. Selain melalui website, ternyata mencari kerja pun bisa melalui sosial media yang dikonsep khusus untuk menunjang karir profesional kamu. Salah satunya yang paling populer adalah LinkedIn.

LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002. Berbeda dengan media sosial lain, LinkedIn dapat dibilang sebagai media untuk memasarkan diri kamu kepada perusahaan atau para profesional lain yang ada di sana dengan cara yang lebih mudah tapi berkualitas.

Tutorial Lengkap Membuat Akun Baru LinkedIn untuk Pribadi

LinkedIn akan memberikan penggunanya beberapa pilihan pekerjaan yang sesuai dengan passion, tidak hanya itu di LinkedIn pun kamu bisa melihat profil-profil dan melamar langsung ke perusahaan yang sedang kamu incar hingga kemungkinan dapat tawaran pekerjaan langsung ke akun LinkedIn sendiri.

Segeralah memulai registrasi dan memiliki sosial media profesional LinkedIn demi meningkatkan karir profesional kamu. Ini dia tutorial cara membuat akun LinkedIn, sosial media untuk profesional:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Buka website www.linkedin.com , isi nama lengkap depan dan belakang, email yang aktif dan password keamanan pada form box yang unik dan klik tombol Join Now.

linkedin
via carazain.blogspot.com

2. Lengkapi data yang diminta yaitu: Country (negara), Postal Code (kode pos), I am currently pilih antara 3 yaitu Employed (sudah bekerja), Job Seeker (pencari kerja) atau Student (pelajar) dan lainnya, lalu klik Create my profile.

linkedin
via carazain.blogspot

3. Berikutnya akan muncul dialogue box Grow your network on LinkedIn, klik continue kalau ingin import address book dari email, klik Skip this step kalau tidak mau.

linkedin
via carazain.blogspot

4. Kemudia pop up Skip seeing who you already know? Akan muncul, kamu boleh langsung saja klik Skip jika ingin langsung ke proses berikutnya.

linkedin
via carazain.blogspot

5. Jika menggunakan email Gmail kamu akan disuruh untuk konfirmasi seperti gambar berikut lalu klik Confirm my Google account.

linkedin
via carazain.blogspot

Baca Juga: Sukses Cari Pekerjaan di LinkedIn, Sudahkah Melakukan Hal-Hal Berikut?

6. Browser secara otomatis akan membuka tab baru untuk login ke akun google pribadi, masukkan alamat email dengan passwordnya dan klik Sign in.

linkedin
via carazain.blogspot

7. Konfirmasi dari Linkedin akan keluar untuk mengakses email, klik Accept agar akun LinkedIn bisa digunakan.

linkedin
via carazain.blogspot

8. Setelah terkonfirmasi / terverifikasi alamat email, klik Add connection yang sebelumnya. Centang untuk orang yang dikenal jika tidak, langsung saja klik Skip this step untuk ke proses selanjutnya.

linkedin
via carazain.blogspot

9. Pilih negara dan masukkan nomor hp yang aktif. Jika ingin mendownload aplikasi Linkedin ke hp smarthphone klik Get app jika tidak klik Skip.

linkedin
via carazain.blogspot

10. Kemudian akan muncul 2 jenis pilihan akun Linkedin yaitu Basic Account jika kamu ingin akun yang free dan Premium Account untuk yang berbayar. Pilih jenis akun yang diinginkan.

 

linkedin
via carazain.blogspot

11. Berikutnya kamu masuk ke tampilan LinkedIn dan diminta untuk melengkapi data profile yaitu Exprience (pengalaman), Skills & Expertise (keahlian dan ketrampilan), Education (pendidikan), Languages (mengganti bahasa) dan Photo (menambahkan foto). Kalau menulis status untuk di share bisa berikutnya untuk klik Home yang ada diatas setelah melengkapi data yang diminta.

linkedin
via carazain.blogspot

12. Setelah masuk ke homepage akun kamu selanjutnya tulis status apa yang ingin dibuat pada kotak yang ada jika sudah lalu klik tombol Share.

linkedin
via carazain.blogspot

Manfaatkan LinkedIn untuk Maksimalkan Karir Profesional

Tidak hanya bisa menjadi pengganti CV, LinkedIn juga bisa jadi tempat untuk memperlihatkan keterampilan kamu yang lain. Kamu bisa meng-upload link video, blog atau link website/platform online lain untuk memamerkan skill kamu yang lain seperti videografi, tulisan, desain bahkan karya seni lukis dan banyak hal lainnya.

Bagi yang sudah memiliki akun linkedIn jangan lupa untuk selalu meng-update dan mengepos berbagai hasil karya kamu. Urus akun LinkedIn kamu serapi dan serajin kamu mengurus akun sosial media yang lain.

Baca Juga: Manfaat LinkedIn Bagi Karir Kamu