Cara Buat Skala Prioritas Ketika Semua Pekerjaan Deadline

Setiap karyawan pasti pernah merasakan pekerjaan yang menumpuk, ditambah lagi banyak pekerjaan yang deadline. Menghadapi situasi kerja yang seperti ini, seringkali membuat karyawan menjadi panik sehingga tak mampu mengendalikan pekerjaannya dengan baik. Alhasil, semua pekerjaan tidak selesai, menjadi berantakan dan berujung stres.

Jika dihadapi dengan banyak pekerjaan yang deadline, hadapilah dengan tenang dan buang rasa panik yang menghampiri pada diri kamu. Ada cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan selesai dengan baik dan tepat waktu, yaitu dengan membuat skala prioritas.

Agar tak bingung dan lebih mudah dalam membuat skala prioritas, simak ulasan lengkapnya berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Buat To Do List

to do list

Hal pertama yang biasanya kamu akan lakukan adalah dengan membuat to do list di kertas note atau notepad pada laptop kamu. Ya, memang dengan adanya to do list memang cukup membantu untuk membuat skala prioritas. Namun, to do list ini juga harus dibuat dengan baik. 

Cantumkan semua pekerjaan mulai dari yang memiliki waktu deadline dalam waktu dekat hingga yang masih lama. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan untuk mengetahui pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan pekerjaan mana yang bisa dikerjakan belakangan. 

2. Tandai Pekerjaan Paling Penting

mendahulukan pekerjaan yang lebih penting

Semua pekerjaan yang diberikan kepadamu merupakan pekerjaan yang penting dan harus diselesaikan dengan baik. Namun, jika semua kamu tandai penting semua, maka kamu sendiri akan kesulitan dalam mengatur skala prioritas dalam pengerjaannya. 

Untuk itu, kamu perlu menentukan pekerjaan yang termasuk paling penting dan paling mendesak. Jika bingung, tentukan dengan cara mempertimbangkan konsekuensi yang bisa didapatkan jika pekerjaan tidak selesai. Lakukan hal tersebut untuk semua pekerjaan penting dan mendesak yang ada di dalam to do list.

Baca Juga: Karyawan Wajib Tahu, Ini trik Jitu Bikin Karier Melejit 

3. Delegasikan Pekerjaan ke Rekan Kerja

delegasikan pekerjaan ke rekan kerja

Ketika panik, seringkali kamu akan lupa bahwa beberapa pekerjaan di dalam to do list bisa didelegasikan atau diberikan ke anggota lainnya alias meminta bantuan ke rekan kerja. Pekerjaan yang bisa diberikan umumnya adalah pekerjaan yang penting tapi tidak cukup mendesak.

Ketika memiliki pekerjaan tersebut, jangan merasa ragu untuk meminta bantuan teman yang memiliki waktu senggang. Contoh beberapa pekerjaan yang bisa didelegasikan yaitu melakukan follow up, melengkapi data, dan lain sebagainya.

4. Cicil Pekerjaan Penting Tapi Deadline Masih Pajang

menyicil pekerjaan

Jika sudah menyelesaikan pekerjaan yang penting yang deadline, maka selanjutnya kamu bisa mencicil pekerjaan penting lainnya yang memiliki waktu deadline yang masih panjang. Hal ini bertujuan agar pekerjaan tersebut memiliki kemajuan sehingga tidak membuatmu bingung saat masuk deadline.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Bosan Akibat Karier yang Tak Mengalami Kemajuan 

5. Pekerjaan Selesai, Hapus dari To Do List

pekerjaan selesai

Cara terakhir untuk membuat skala prioritas dalam pekerjaan deadline yaitu dengan mengecek lagi to do list, kemudian hapus pekerjaan yang bersifat tidak terlalu penting dan deadline masih sangat panjang. Dengan begitu, to do list kamu tidak akan terlihat banyak pekerjaan yang menumpuk yang hanya membuatmu semakin bingung dalam menyelesaikan pekerjaan.

Fokus Jadi Kunci Menyelesaikan Pekerjaan

Sepertinya semua skala prioritas yang kamu buat untuk menyelesaikan pekerjaanmu yang deadline akan percuma saja, jika dalam proses penyelesaian pekerjaan masih banyak bermain, bercanda dan lainnya dengan rekan kerja. Untuk itu, kamu perlu fokus dalam bekerja. Sebab, ini akan menjadi kunci pekerjaan akan selesai dengan baik dan tepat waktu.

Baca Juga: Biar Happy Terus dengan Pekerjaan Saat ini, Coba Lakukan ini