Cara Cari Kerja di Era New Normal Biar Nggak Nganggur Lagi

Indonesia sempat mengalami goncangan ekonomi akibat pandemi covid-19. Mengikuti aturan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di berbagai daerah yang memiliki kasus terjangkit covid-19 membuat beberapa bisnis mulai dari skala besar sampai kecil terpaksa gulung tikar karena tidak sanggup menutup kerugian yang menjadi salah satu dampak dari pandemi ini.

Jangankan mencari lowongan kerja, yang ada kasus PHK semakin banyak setiap harinya selama status PSBB dijalankan. Banyaknya lowongan kerja yang terpaksa harus ditutup karena defisit akibat coronavirus membuat baik para fresh graduate atau korban PHK di perusahaan sebelumnya harus ekstra bersabar dalam mencari dan menunggu panggilan kerja.

Tapi, mengingat status PSBB sudah dan akan di non-aktifkan di banyak daerah, termasuk Jakarta yang sedang dalam masa transisi menuju new normal bisa menjadi kabar baik bagi para pencari kerja yang terpaksa haru menganggur selama masa PSBB.

Dengan bangkitnya kembali ekonomi Indonesia secara perlahan, artinya akan ada banyak perusahaan yang secara perlahan mulai membangun kembali bisnisnya dan mampu membuka lowongan kerja kembali.

Bangkit dari corona, ini dia tips mencari kerja di era new normal bagi para pemburu lowongan kerja:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jangan Lupa Update Kembali CV Kamu

update cv

Untuk para pencari kerja yang selama ini harus tertahan menunggu panggilan kerja karena PSBB jangan lupa untuk update kembali CV ketika kamu akan kembali mencari lowongan pekerjaan. Jangan lupa memasukan skill baru yang kamu dapatkan selama menganggur biar CV semakin dilirik oleh HR atau Recruiter.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

2. Perbanyak Sebar CV untuk Perusahaan yang Bergerak di Bidang Digital

sebar cv

Dampak covid tidaklah terlalu parah untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang digital. Karena perusahaan yang bergerak full dibidang digital risiko terdampak corona yang dialami tidak separah jenis bisnis lainnya.

Justru, bisnis yang bergerak di bidang online menjadi sangat populer di masa PSBB seperti grab/gofood, online shop untuk kebutuhan sehari-hari dan jasa pengganti belanja di mini atau supermarket.

Untuk itu, bisnis seperti e-commerce, penyedia jasa layanan antar barang atau toko-toko online besar biasanya masih memasang lowongan kerja untuk posisi-posisi tertentu seperti admin, marketing dan content writer. Jadi jeli-jeli yah ketika cari lowongannya.

3. Internet Tetap Harus Stabil untuk Interview Online

interview online

Interview kerja secara online sepertinya akan semakin sering digunakan di era new normal. Untuk itu, walaupun dilakukan secara online tapi tetap tidak boleh disepelekan. HR atau user yang mewawancarai kamu tetap bisa menilai sikap dan kepribadian kamu walau hanya dari sebatas monitor saja.

Walaupun online dan dilakukan di rumah, kamu harus tetap memperlakukan sesi interview online ini layaknya sesi interview secara langsung. Gunakan pakaian yang rapih, pilih ruangan yang kira-kira bisa meminimalisir gangguan suara, pencahayaan yang cukup dan tentunya internet yang stabil.

Baca Juga: Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!

4. Coba Jadi Freelancer

freelancer

Jika mencari kerja kantoran masih sulit walaupun sudah memasuki era new normal jenis karir lain yang bisa dicoba untuk sementara waktu adalah menjadi freelancer. Membangun karir menjadi freelancer sama sulitnya dengan membangun bisnis sendiri. Jadi persiapkan dari sekarang sebelum keuangan cekak.

Coba kunjungi website untuk lowongan freelancer, buat akun, pilih kategori pekerjaan yang ingin dilakukan dan jangan lupa tulis sebaik dan sebagus apa skill dan kemampuan kamu untuk bidang pekerjaan yang kamu pilih.

5. Hati-Hati dengan Penipuan

lowongan kerja palsu

Kepanikan yang dirasakan banyak orang saat ini karena sulit mencari kerja membuat beberapa oknum memanfaatkan menjadi peluang untuk kejahatan seperti penipuan lowongan kerja. Jadi, seapapun terdesaknya kamu dalam membutuhkan pekerjaan baru, tetap harus hati-hati dalam menilai lowongan kerja yang ada di situs-situs lowongan kerja.

Pahami ciri-cirinya seperti penawaran gaji yang terlalu tinggi, syarat yang terlalu mudah, atau permintaan biaya administrasi untuk proses CV. Jangan sampai kepanikan malah bikin sengsara.

Baca Juga: Jangan Jadi Korban Berikutnya! Kenali Ciri-Ciri Modus Penipuan Lowongan Kerja Palsu Berikut Ini

Jangan Mudah Putus Asa dan Jangan Lupa untuk Selalu Jaga Kesehatan

Persiapan yang paling penting lainnya ketika akan mencari pekerjaan baru di era new normal adalah tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat kamu bisa dengan lancar menjalani proses perekrutan seperti interview, tes psikotes dan proses lainnya yang sering dilakukan untuk merekrut calon karyawan baru.

Karena pandemi corona belum selesai jika ada undangan interview atau tes psikotes yang mengharuskan kamu mendatangi langsung kantornya. Selain dokumen yang dibutuhkan jangan lupa untuk membawa masker dan hand sanitizer yah biar tidak mudah tertular virus.