Cara Daftar BPJS Kesehatan Tanpa Antre lewat Call Center

Siapa pun setuju kalau mengantre itu adalah hal yang membosankan. Apalagi jika mengantre hanya untuk melakukan pendaftaran. Sistem pendaftaran yang ada sebaiknya diperbaiki sehingga pelanggan tidak harus mengantre untuk mendaftar. Hal ini karena waktu yang digunakan untuk mengantre dapat dialihkan untuk melakukan aktivitas lain.

Terlebih lagi jika Anda adalah pribadi yang sibuk di mana sudah banyak pekerjaan yang sedang menanti untuk Anda kerjakan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengantre. Atas dasar itulah, BPJS Kesehatan kini mengambil kebijakan untuk menyediakan fasilitas pendaftaran online.

BPJS Kesehatan merupakan sebuah instansi yang membantu masyarakat dalam hal pembayaran biaya pengobatan, baik di rumah sakit maupun puskesmas. Setiap masyarakat yang ingin menjadi peserta harus melakukan pendaftaran.

Selain pendaftaran online, BPJS Kesehatan juga menyediakan fasilitas call centre bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta mandiri JKN-KIS atau BPJS. Mau tahu lebih lengkapnya? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Ingin Pindah Fasilitas Kesehatan di BPJS Kesehatan? Ini Caranya

1. Daftar BPJS Kesehatan di Nomor 1500400

loader
Cara Daftar BPJS Kesehatan lewat Call Center via twitter.com/bpjskesehatanri

Sekarang jika Anda ingin terdaftar sebagai pelanggan mandiri JKN-KIS atau BPJS, Anda tidak lagi harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Pendaftaran sudah dapat dilakukan secara online ataupun via telepon. Bagi yang ingin mendaftarkan diri via telepon, Anda tinggal menghubungi call centre BPJS Kesehatan di nomor 1500400.

Fasilitas ini tentunya akan meringankan Anda, terlebih lagi jika Anda berdomisili di daerah yang jauh dari kantor BPJS. Bukan hanya itu, kartu BPJS Anda juga akan diantar langsung ke rumah Anda sehingga dapat menghemat waktu.

Dengan begitu, secara otomatis juga akan mengehemat biaya karena Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi ke kantor BPJS untuk mendaftarkan diri.

2. Syarat Daftar BPJS Kesehatan lewat Call Center

loader
Persiapkan Dokumen yang Diminta

Jika Anda tertarik dan ingin menikmati fasilitas ini, Anda harus mempersiapkan beberapa hal. Pihak BPJS Kesehatan akan meminta nomor Kartu Keluarga, nomor Induk Kependudukan, nomor telepon, email, dan nomor rekening.

Selain itu, Anda juga harus memberikan alamat lengkap, mengingat kartu BPJS Anda akan diantar langsung ke rumah. Apabila Anda sudah yakin bahwa persyaratan tersebut telah siapkan, Anda dapat menikmati layanan tersebut.

Setelah melakukan pendaftaran via call centre, Anda akan diberikan nomor Virtual Account (VA). VA dapat diberikan melalui nomor telepon ataupun email yang sudah Anda berikan sebelumnya saat menelepon call centre. VA inilah yang akan menjadi identitas Anda saat ingin melakukan pembayaran di bank.

Anda cukup menunjukkan VA Anda kepada teller dan mereka akan meng-input-nya ke sistem sehingga Anda sah menjadi pelanggan JKN-KIS atau BPJS. Batas paling lama Anda melakukan pembayaran ke bank adalah 30 hari setelah penerbitan VA. Setelah itu, Anda resmi terdaftar sebagai peserta JKN-KIS atau BPJS.  

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

3. Tingkat Kepuasan Pelayanan Call Center BPJS Kesehatan

  loader
Ilustrasi Layanan Call Center BPJS Kesehatan

Berdasarkan data tertanggal 9 Februari 2018, sebanyak 192.429.151 peserta terdaftar melalui fasilitas call centre. Meningkatnya peserta dari waktu ke waktu menandakan bahwa fasilitas ini mampu memuaskan penduduk Indonesia terkait layanan yang dapat membuat proses pendaftaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Mengingat semakin banyaknya penduduk yang membutuhkan layanan ini, BPJS Kesehatan juga melakukan kerja sama dengan 21.763 puskesmas, rumah sakit daerah, dan dokter gigi. Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati 2.937 layanan apotek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: BPJS Kesehatan, Apa Kelebihan dan kekurangannya?

Adanya Layanan Call Center, Masyarakat Semakin Terbantu

Tersedianya layanan call centre menandakan BPJS Kesehatan memudahkan akses masyarakat untuk mendaftarkan diri. Karena itu, melalui sistem baru yang telah diberikan, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga tentunya akan memberikan terobosan-terobosan lainnya untuk bisa tetap memenuhi kebutuhan masyarakat. Karena itu, diharapkan masyarakat bisa lebih peka lagi terhadap informasi mengenai sistem baru yang diterapkan BPJS Kesehatan sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang terbantu dengan sistem baru tersebut.

Baca Juga: BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Mana yang Lebih Baik?