5 Cara Efektif Atasi Pegal di Kaki selama Perjalanan Jauh

Saat naik kendaraan dalam waktu yang lama hingga berjam-jam, biasanya keluhan pegal kerap muncul di bagian bawah tubuh terutama kaki.

Pada dasarnya, pegal-pegal di kaki muncul akibat otot yang kurang mendapatkan pasokan darah dan oksigen. Selain itu, perjalanan yang lama membuat seseorang kurang gerak karena terlalu lama duduk, alhasil persendian pun terasa kaku.

Sebetulnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal selama perjalanan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips atasi pegal-pegal di kaki berikut ini.

Baca Juga: Traveller Wajib Tahu! Ini Pentingnya Asuransi Perjalanan Agar Healing Berjalan Lancar dan Minim Kerugian

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Tips Mengatasi Kaki Pegal saat Melakukan Perjalanan Jauh

loader

Mengatasi Kaki Pegal saat Melakukan Perjalanan Jauh

  1. Ganti Alas Kaki atau Lepaskan Saja

    Salah satu penyebab mengapa kaki mudah terasa pegal saat perjalanan jauh adalah karena sepatu atau alas kaki yang digunakan kurang memberi rasa nyaman. Baik karena ukurannya yang terlalu kecil, tak sesuai dengan bentuk kaki, atau bahkan bahannya. 

    Jika sudah begitu, cobalah untuk melepaskan sepatu tersebut sebentar saja. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah di kaki dan menjadikannya lebih rileks.

    Selain itu, jika memang sepatu atau alas kaki yang digunakan membuatmu tidak nyaman, cobalah ganti dengan alas kaki yang lain. Misalnya, sandal jepit, atau alas kaki lainnya yang dirasa lebih nyaman.

  2. Ubah Posisi Duduk agar Lebih Nyaman

    Tahukah kamu, jika posisi duduk bisa memengaruhi kondisi kaki? Apakah posisi tersebut akan membuat kaki terasa pegal atau tidak? 

    Ya, posisi duduk yang terlalu tegak sampai membuat lutut menekuk bisa mengakibatkan kaki cepat merasa pegal. Apalagi, jika posisi kaki menekuk terus-menerus dan tidak berubah sepanjang perjalanan. Ini akan membuat kaki semakin pegal hingga kesemutan dan seolah mati rasa. 

    Kondisi ini bisa membuat kaki semakin tidak nyaman selama perjalanan. Maka dari itu, jika memungkinkan, cobalah untuk menurunkan sandaran tempat duduk yang kamu gunakan. Sehingga kaki memiliki ruang gerak yang lebih luas dan bebas.

  3. Lakukan Peregangan Ringan

    Kaki yang terasa pegal selama perjalanan jauh bisa jadi karena kurang gerak dan berada di satu posisi saja. Maka dari itu, agar otot-otot kaki tetap rileks dan tidak mudah terasa pegal, baiknya lakukan sedikit peregangan.

    Karena kendaraan tidak memiliki ruang gerak yang luas, maka tak perlu lakukan peregangan yang berlebihan. Tapi kamu tetap bisa melakukannya sambil duduk.

    Caranya cukup dengan melakukan senam kaki sederhana, lakukan gerakan memutar di kedua kaki searah jarum jam. Lalu regangkan otot-otot kaki, buat semacam kontraksi perlahan-lahan dan diulang-ulang beberapa kali. 

  4. Berikan Pijatan yang Lembut 

    Memberikan pijatan lembut di bagian kaki bisa membantu menghilangkan pegal-pegal yang dirasakan, lho. Kamu bisa melakukan pijat mandiri selama di perjalanan. 

    Posisikan duduk senyaman mungkin, lalu urut perlahan bagian ujung kaki dengan gerakan memutar. Ulangi pijatan beberapa kali di titik-titik yang terasa pegal. 

    Agar pijatan lebih terasa dan makin efektif, jangan lupa gunakan minyak aromaterapi atau minyak urut saat memijat. Jika perlu pilih minyak yang memberikan sensasi hangat untuk membantu merilekskan otot-otot kaki yang lelah. Pastikan aroma minyak yang digunakan tidak membuat orang lain merasa terganggu, ya.

  5. Mengoleskan Krim Khusus untuk Mengurangi Pegal-pegal 

    Saat ini tersedia banyak sekali krim yang bisa mengurangi rasa pegal yang dijual bebas di pasaran, bukan hanya di kaki tapi juga di bagian tubuh lainnya. Krim ini tentu akan sangat bermanfaat ketika dibawa saat melakukan perjalanan jauh. 

    Biasanya, krim ini akan memberikan sensasi hangat pada kulit sehingga mampu membantu meredakan pegal-pegal selama perjalanan jauh. Kamu hanya perlu mengoleskannya di bagian kaki atau tubuh yang terasa pegal.

    Jangan lupa sambil diberi pijatan lembut, ya. Agar pegal-pegal yang dirasakan mereda sedikit demi sedikit, sehingga kaki pun kembali terasa nyaman di perjalanan.

Baca Juga: Berbagai Hal Terkait Keuangan yang Wajib Disiapkan sebelum Traveling

Atasi Kaki Pegal selama Perjalanan Jauh dengan Langkah Praktis 

Itulah tadi beberapa cara mengatasi rasa pegal di kaki selama perjalanan jauh. Mudah dan praktis, bukan?

Semua langkah tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi kamu selama di perjalanan. Maka dari itu, pastikan untuk mempersiapkan semua keperluan sebelum berangkat, ya. Agar ketika kaki mulai terasa pegal, kamu sudah siap dengan solusinya.

Baca Juga: 10 Tips Perjalanan Jarak Jauh dengan Pesawat, Tetap Nyaman dan Anti Bosan!