Cara Jitu Meyakinkan Pihak Bank saat Wawancara Pengajuan KPR

Bagi yang ingin memiliki rumah dengan menggunakan layanan KPR, tentu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Menyiapkan sejumlah uang muka merupakan salah satu yang terpenting. 

Selain itu, Anda juga wajib memenuhi semua persyaratan yang sudah diminta oleh pihak bank. Dalam proses ini, bank akan menerapkan sejumlah syarat yang ketat, mengingat KPR merupakan pendanaan dalam jumlah yang cukup besar.

Setelah semua hal di atas terpenuhi dengan baik, berikutnya juga wajib untuk menghadiri proses wawancara di bank pilihan tersebut. Pihak bank akan mengundang Anda untuk wawancara ini, di mana mereka melihat kesiapan dan kelayakan untuk mengakses layanan KPR tersebut. 

Simak beberapa poin penting berikut ini, yang dapat dilakukan untuk meyakinkan bank saat wawancara pengajuan KPR:

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Datang tepat waktu

loader

Kesan pertama akan selalu menjadi poin penting dalam pertemuan, begitu juga saat akan melakukan wawancara dengan pihak bank. Bank akan melihat keseriusan untuk pengajuan KPR ini, sehingga penting untuk datang tepat waktu dan menunjukkan niat besar dalam proses tersebut. 

Saat akan melakukan wawancara, setidaknya harus tiba 15 menit lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

Datang lebih awal akan membuat perasaan lebih tenang dan tidak terburu-buru. Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri, sehingga bisa menjalani wawancara tersebut dengan nyaman. Semua ini tentu tidak akan bisa dilakukan, jika datang terlambat. 

Sikap yang tepat waktu seperti ini akan menunjukkan kedisiplinan dan bisa membuat pihak bank lebih yakin untuk menyetujui KPR. 

2. Datang dengan penampilan yang tepat

Saat datang ke bank untuk urusan wawancara, maka Anda tentu akan menghadiri sebuah acara yang cukup formal. Meski tidak ada ketentuan khusus terkait dengan pakaian yang dikenakan. 

Pastikan juga untuk tidak datang dalam kondisi yang acak-acakan karena datang untuk sebuah urusan yang penting, maka buatlah penampilan layak untuk kondisi yang penting tersebut. 

Pastikan mengenakan pakaian yang tepat, rapi dan bersih. Penampilan akan menjadi penilaian tersendiri bagi pihak bank, sebab ini bisa menunjukkan cara mengatur segala sesuatunya, termasuk keuangan. 

Penampilan yang rapi dan wangi juga akan membuat lebih nyaman selama berada di sana. Anda bisa menunjukkan keseriusan untuk mengurus segala sesuatunya dengan persiapan yang baik seperti ini.

Baca Juga: Mending KPR Subsidi Tenor Panjang atau Pendek?

3. Jujur dan tidak bertele-tele

loader

Dalam sesi wawancara, pihak bank tentu akan menanyakan berbagai hal terkait pengajuan KPR tersebut. Anda mungkin ingin berusaha keras meyakinkan pihak bank, namun bukan berarti harus berbicara panjang lebar dan berlebihan. 

Hindari pembicaraan yang tidak penting dan bertele-tele, sebab ini bisa saja membuat pihak bank bingung. Berbicaralah dengan tegas dan sesuai dengan kebutuhan saja.

Katakan dengan jujur kondisi keuangan pada pihak bank, termasuk kemampuan untuk menanggung cicilan KPR tersebut. Cobalah untuk tenang dan menyampaikan semua informasi yang dibutuhkan oleh pihak bank, tanpa perlu khawatir akan ditolak. 

Hindari berbohong, agar kelak tidak mengalami masalah. Semua ini akan mempermudah pihak bank dalam mengambil keputusan terkait pengajuan KPR tersebut. 

4. Miliki rasa percaya diri 

Saat menjalani wawancara, kebanyakan orang akan merasa gugup dan tidak nyaman. Hindari kondisi yang seperti ini, sebab bisa membuat rugi diri sendiri. 

Pastikan datang dengan percaya diri dan menjalani sesi wawancara tersebut dengan tenang. Hal ini akan membuat segala sesuatunya bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Jangan lupa untuk mendengarkan semua penjelasan dari pihak bank secara detail. Jika ada yang kurang dipahami, maka pastikan menanyakannya saat itu juga. 

Hal ini akan mencegah Anda mengalami kebingungan dan juga kesalahpahaman dengan pihak bank. Saat menikmati sesi wawancara ini dengan percaya diri, maka pihak bank akan lebih yakin untuk menyetujui pengajuan KPR tersebut. 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Beli Rumah KPR?

Persiapkan Diri dengan Baik

Menjalani sesi wawancara di bank merupakan bagian dari proses pengajuan KPR. Dalam proses ini pihak bank akan menilai kesanggupan dan kemampuan untuk menerima layanan KPR tersebut. Pastikan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, agar wawancara bisa berjalan dengan lancar dan KPR disetujui oleh pihak bank

Baca Juga: Cara Menghitung Cicilan KPR yang Aman agar Keuangan Tak Berantakan