Cara Lengkap Cek Saldo Bank Mandiri via SMS Banking, Internet Banking, dan ATM

Kebutuhan banyak orang yang dari hari ke hari makin beragam mendorong lembaga-lembaga perbankan di Indonesia berlomba-lomba untuk menghadirkan beragam cara alternatif untuk memuaskan keinginan nasabahnya. Hal ini berlaku untuk layanan transaksi finansial semisal transfer ataupun transaksi nonkeuangan semisal cek saldo dan sebagainya.

Bank Mandiri termasuk salah satu bank dengan nasabah terbanyak yang memberikan fasilitas layanan ini demi kemudahan dan menjaga loyalitas nasabahnya.

Bank Mandiri yang didirikan sejak 2 Oktober 1998 merupakan bank hasil reformasi perbankan yang lahir dari gabungan empat bank milik Pemerintah, yaitu Bank Pembangunan Indonesia, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, dan Bank Ekspor Impor Indonesia.

Bank Mandiri dikenal sebagai bank berintegritas tinggi dalam melayani nasabah, khususnya korporasi. Citra tersebut secara tidak langsung mendorong banyaknya nasabah untuk percaya pada layanan Bank Mandiri.

Baca Juga: KPR Mandiri: Macam Produk dan Keunggulannya

Kemudahan dalam Layanan Menjadikan Bank Mandiri sebagai Pilihan

Kantor Pusat Bank Mandiri

Kantor Pusat Bank Mandiri di Jakarta via bisnisjakarta.co.id

 

Transformasi yang terjadi membuat Bank Mandiri semakin matang dalam melayani nasabahnya. Hal ini juga didukung permodalan Bank Mandiri yang tercatat memiliki aset terbesar di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan banyak nasabah perorangan juga tertarik untuk bergabung dan menjadi nasabah.

Pengalaman panjang sebagai korporasi perbankan serta nilai-nilai yang diusung menjadikan Bank Mandiri masuk dalam kategori service excellence. Salah satu hal penting yang menjadi perhatian Bank Mandiri adalah detail dari pelayanan nasabah, seperti cek saldo dan layanan nonperbankan lainnya.

Produk Tabungan Bank Mandiri

Sebagai bukti nyata, Bank Mandiri menghadirkan ragam layanan perbankan mulai dari tabungan, deposito, giro, pinjaman, serta investasi yang semuanya ditawarkan kepada publik dengan kualitas layanan yang prima. Untuk tabungan, Bank Mandiri memiliki beragam pilihan yang dimasukkan dalam kelompok Mandiri Tabungan, di antaranya:

  • Mandiri Tabungan
  • Mandiri Tabungan Bisnis
  • Mandiri Tabungan Rencana
  • Mandiri Tabungan Investor
  • Mandiri Tabungan Haji
  • Mandiri Tabungan Valas

Layanan tersebut didukung fasilitas SMS Banking dan Internet Banking agar nasabah dipermudah dalam berhubungan dengan Bank Mandiri.

Kemajuan Teknologi Komunikasi Makin Mengeratkan Bank Mandiri dengan Nasabah

SMS Banking Bank Mandiri

Layanan SMS Banking Bank Mandiri via likethisya.com

Dahulu bisa jadi seseorang enggan untuk datang ke bank karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah lamanya antre yang banyak menyita waktu. Ambilah satu contoh, untuk mengecek saldo saja, seseorang terkadang harus antre berlama-lama. Tentu saja sangat tidak praktis dan menyita waktu.

Namun, teknologi turut mengubah beberapa hal dalam keseharian banyak orang. Semakin banyak aktivitas yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone atau gadget, termasuk menjalankan aktivitas perbankan, baik yang bersifat transaksional maupun yang nontransaksional.

Termasuk mengecek saldo tentunya, yang saat ini menjadi aktivitas yang sangat mudah untuk dilakukan. Banyak bank yang kini telah menyediakan fasilitas SMS Banking dan Internet Banking yang semuanya memudahkan dalam aktivitas mengecek saldo dan hal-hal lainnya bagi nasabah bank tersebut, termasuk nasabah Bank Mandiri.

Cara Mudah Cek Saldo Bank Mandiri

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo rekening. Cek saldo rekening Mandiri bisa melalui SMS Banking, Internet Banking, maupun dengan memanfaatkan mesin ATM yang ada. Berikut ini caranya:

1. Cek Saldo Mandiri via SMS Banking

Mengecek saldo rekening melalui SMS Banking tidaklah sulit. Pertama, silakan melakukan registrasi No. Handphone (HP) yang akan dipergunakan. Untuk melakukan itu ,terlebih dahulu daftarkan No. HP Anda ke Kantor Cabang Bank Mandiri yang menjadi tempat melakukan pembukaan rekening. Ini penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian cara berikutnya sangat mudah.

Cukup kirimkan SMS dengan format: SAL (spasi) Indeks Rekening (spasi) 4 Digit Nomor Rekening Terakhir ke nomor 3355. Untuk diketahui, setiap pengiriman SMS akan dikenakan biaya sebesar Rp500. Dan PIN yang digunakan di sini adalah sama dengan yang dipakai saat bertransaksi melalui ATM.

2. Cek Saldo melalui Internet Banking Mandiri

Penggunaan internet yang sudah akrab di tengah-tengah masyarakat disikapi lembaga perbankan dengan pengembangan teknologi perbankan. Sudah banyak bank, baik swasta maupun Pemerintah, yang menyediakan layanan Internet Banking atau e-Banking. Bank Mandiri tentunya juga menyediakan layanan e-Banking dengan mudah. Caranya cukup Login ke ib.bankmandiri.co.id, setelahnya ikuti panduan berikut ini.

  • Lihat menu pojok kanan, di sana bisa memilih personal aktivasi.
  • Lalu akan ditujukan pada halaman persetujuan, lalu klik setuju.
  • Selanjutnya mengisi data pribadi seperti ID Access yang biasanya tertera pada kartu depan ATM Mandiri sejumlah 16 digit angka.
  • Isikan Access Code yang dimiliki.
  • Terakhir akan dimintai data diri dan masukan PIN yang sudah diperoleh. Lalu masukkan ke Internet Banking (PIN tidak boleh sama dengan Access Code atau PIN rekening).

Di balik kemudahannya, kadang kala muncul bug (system error) atau koneksi down. Gangguan atau masalah teknis seperti ini sifatnya temporer.

3. Cek Saldo melalui ATM Bank Mandiri

Cara cek saldo yang paling konvensional dan masih saja banyak dilakukan nasabah adalah melalui mesin ATM. Mengecek saldo via mesin ATM sangat mudah. Selain karena ini adalah cara yang lazim, menu yang ditayangkan pun tersedia langsung di tampilan layarnya. Cukup dengan memasukkan PIN ATM yang dimiliki selanjutnya ikuti langkah-langkah seperti yang tertera di layar mesin ATM tersebut.

Baca Juga: Mandiri Call: Layanan Call Center 24 Jam Bank Mandiri

Pilihlah yang Sesuai dengan Kondisi dan Kebutuhan

Mengecek saldo adalah kegiatan yang sangat lazim dilakukan seorang nasabah perbankan. Ini perlu agar seorang pemilik rekening mengetahui jumlah uang yang tersisa di dalam rekeningnya. Untuk itu, Bank Mandiri menghadirkan aneka ragam cara untuk mengecek saldo untuk memudahkan para nasabahnya.

Banyaknya variasi cara yang ditawarkan semata-mata agar nasabah dapat memilih metode yang paling pas dan sesuai dengan kondisi saat itu. Sebagai contoh, mungkin bagi seseorang cek saldo dengan fasilitas Internet Banking Bank Mandiri terlihat dan terasa mudah tapi bagi yang lain tidak. Hal ini adalah sesuatu yang wajar. Pilih metode yang paling pas serta sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Baca Juga: Mandiri Tabungan: Pilihan Beragam, Syarat Mudah, dan Biaya Terjangkau