Cara Make Up Natural, Kisaran Biaya dan Tips Hematnya

Cara makeup natural seringkali menjadi informasi yang banyak dicari oleh kaum hawa, terutama mereka yang harus menjaga penampilan ketika menjalankan rutinitas. Cara makeup natural sehari hari yang tepat akan membuat penampilan tetap cantik, meskipun tidak menggunakan riasan yang berlebihan. 

Pada dasarnya, setiap wanita akan memiliki cara pakai makeup natural sendiri, sesuai dengan kebutuhan riasannya. Sebagian wanita akan cocok dengan cara makeup natural wardah, namun sebagian lainnya bisa saja lebih cocok ketika menggunakan brand kosmetik lainnya. 

Baca Juga:  10 Alat Makeup yang Wajib Pemula Miliki dan Ketahui Fungsinya

Lakukan Cara Makeup Natural dengan Tepat 

loader

Tidak boleh sembarangan, cara pake makeup natural memang harus dilakukan dengan tahap yang benar. Masing-masing kosmetik akan memiliki manfaat dan juga cara penggunaan yang berbeda-beda. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami cara pake makeup natural dengan baik.

Jika tata cara makeup natural dilakukan dengan benar, maka setiap produk kosmetik akan memberikan kontribusi yang maksimal dalam riasan. Cara pakai makeup natural seperti ini akan membantu membuat riasan lebih terlihat segar, tanpa memberi kesan tua pada wajah. 

Berikut ini adalah beberapa langkah tata cara makeup natural yang mudah diterapkan untuk riasan sehari-hari: 

1. Bersihkan Wajah dan Segarkan 

Tata cara makeup natural harus diawali dengan kondisi wajah yang bersih. Cucilah muka dengan menggunakan facial foam atau facial wash yang sesuai untuk jenis kulit wajah. Pastikan semua kotoran terangkan dengan sempurna dan bilas dengan bersih. Jika sudah kering, berikan toner untuk membuat wajah kembali segar dan benar-benar siap untuk penerapan cara makeup natural wardah. 

2. Aplikasikan Pelembab yang Tepat  

Cara makeup natural sehari hari ini bisa dilanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab pada seluruh area wajah dan leher. Pilih jenis pelembab yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit, agar bisa menyerap dengan baik. Aplikasikan pelembab secara merata dan tidak terlalu tebal, agar cara makeup natural sehari hari ini bisa memberikan hasil riasan yang ringan. Pastikan pelembab sudah terserap sempurna, sebelum melanjutkan tahap berikutnya. 

3. Jangan Lupa untuk Menerapkan Sunscreen 

Meski ini hanya cara pake makeup natural saja, pastikan untuk tetap menggunakan sunscreen pada seluruh permukaan wajah. Sunscreen akan melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Pilih sunscreen yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit. Pastikan sunscreen sudah menyerap dengan baik, ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.  

4. Terapkan Foundation 

Lanjutkan cara makeup natural wardah ini dengan menerapkan foundation atau BB Cream secara merata pada wajah. Pilihlah warna yang tepat dengan skin tone, agar foundation bisa memberikan efek natural pada riasan. Selain itu, sesuaikan juga foundation ini dengan jenis kulit, agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Selain meratakan warna kulit, foundation juga berfungsi untuk membuat make up lebih tahan lama

5. Gunakan Concealer 

Gunakan juga concealer pada titik-titik yang dibutuhkan, agar cara pakai makeup natural ini memberikan hasil maksimal. Biasanya warna concealer 2 tingkat lebih cerah dari foundation, sehingga bisa memberi efek yang baik pada riasan. Terapkan produk ini untuk menyamarkan garis senyum, kantung mata, dan yang lainnya dengan menggunakan beauty blender. 

6. Gunakan Loose Powder di Area Berminyak

Lanjutkan cara makeup natural ini dengan menerapkan loose powder pada area wajah yang rentan berminyak, seperti dahi, dagu dan area hidung. Teksturnya yang ringan akan membantu untuk membuat wajah tidak mengkilap dan make up tahan lama. Loose powder bisa diaplikasikan menggunakan puff maupun brush, agar membaur merata pada area yang dikehendaki. 

7. Buatlah Alis yang Natural 

Buat alis senatural mungkin untuk melengkapi cara makeup natural sehari hari ini. Gunakan pensil alis berwarna natural, seperti coklat atau brown grey. Gambarlah alis yang sesuai dan mengikuti garis aslinya, sehingga tidak terlihat berlebihan. Jangan lupa untuk menyikatnya perlahan, agar alis terlihat rapi dan tetap sesuai untuk tata cara makeup natural. 

8. Aplikasikan Blush On  

Cara pakai makeup natural selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan blush on pada area apple cheek. Pilih jenis blush on yang tepat disesuaikan dengan kondisi kulit. Selain itu, gunakan warna blush on yang sesuai dengan warna skin tone. Produk ini berfungsi untuk membuat tampilan segar pada wajah, jadi sebisa mungkin hindari warna blush on yang gelap, namun tidak juga terlalu terang. Blush on dengan warna peach bisa menjadi pilihan yang tepat. 

9. Gunakan Eyeshadow Berwarna Natural 

Cara makeup natural wardah untuk melengkapi riasan mata adalah dengan menggunakan eyeshadow dengan warna-warna yang natural dan tidak terlalu mencolok. Warna coklat terang dengan sedikit bauran coklat tua pada ujung mata bisa menjadi pilihan yang tepat. Kombinasi dua warna ini akan terlihat natural dan cocok untuk warna kulit Indonesia pada umumnya. Gunakan teknik gradasi pada area kelopak mata dalam, agar kesan alami bisa terlihat pada riasan mata. 

10. Pertegas Mata dengan Eyeliner 

Lengkapi tata cara makeup natural ini dengan menggunakan eyeliner dengan tepat. Eyeliner akan membuat tampilan mata terlihat tegas dan memberi kesan yang berbeda pada wajah. Gunakan eyeliner sesuai dengan bentuk mata, sehingga produk ini tidak memberi kesan mata yang galak atau bahkan terlihat sayu.

Agar kesan natural lebih terlihat, buatlah garis mata yang tipis dan begitu dekat dengan bulu mata. Pilih eyeliner yang tepat dan ujungnya tajam, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan saat mengikuti cara pake makeup natural ini. 

11. Tambah Volume Bulu Mata dengan Maskara 

Untuk melengkapi cara makeup natural sehari hari selanjutnya adalah dengan menambah volume pada bulu mata. Gunakan sedikit maskara untuk membuat bulu mata lebih lentik dan terlihat menarik. Jangan lupa untuk menggunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu, agar hasilnya lebih maksimal.

Bukan hanya bulu mata bagian atas saja, sapukan juga maskara ini pada bulu mata bagian bawah, agar keseluruhannya terlihat seimbang dan natural. 

12. Aplikasikan Lipstik Berwarna Nude 

Seperti cara makeup pada umumnya, cara makeup natural wardah ini juga harus diakhiri dengan sapuan lipstik yang tepat. Hindari warna-warna yang terlalu terang atau bahkan gelap, sebab ini bisa membuat makeup terlihat berlebihan. Saat menggunakan cara pake makeup natural, lipstick dengan warna nude merupakan pilihan yang sangat tepat. Kesan segar dan natural akan didapatkan dengan pulasan tipis lipstick ini pada seluruh area bibir. 

Baca Juga:  10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Biaya yang Dibutuhkan untuk Produk makeup Natural 

loader

Berikut ini adalah estimasi biaya yang diperlukan untuk membeli berbagai produk makeup untuk tampilan yang natural: 

  • Facial foam + toner/ penyegar: Rp 50.000,-
  • Pelembab: Rp 55.000,-
  • Sunscreen: Rp 52.000,-
  • Foundation: Rp  65.000,-
  • Concealer: Rp 45.000,-
  • Loose powder: Rp 40.000,-
  • Pensil alis: Rp 28.000,-
  • Blush on: Rp 60.000,-
  • Eyeshadow: Rp 80.000,-
  • Eyeliner: Rp 50.000,-
  • Maskara: Rp 60.000,-
  • Lipstick: Rp 50.000,- 

Total biaya yang dibutuhkan: Rp 635.000,- 

Besaran biaya di atas tentu akan tergantung pada pilihan produk dan juga mereknya, sebab masing-masing merek akan menerapkan harga yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. 

Tips Belanja Hemat Produk makeup

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat uang ketika sedang belanja produk makeup: 

  • Buat daftar belanja terlebih dahulu dan pastikan semua produk makeup yang akan dibeli memang benar-benar dibutuhkan. 
  • Jangan lupa untuk mencari tahu kisaran harga produk tersebut dahulu secara online dan lakukan perbandingan antara satu toko dengan yang lainnya. 
  • Lihat ulasan pembeli sebelumnya dan jadikan hal tersebut sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih dan membeli produk. 
  • Manfaatkan sample produk yang didapatkan secara gratis. Ini sekaligus bisa menjadi cara untuk mencoba produk yang akan dibeli pertama kalinya. 
  • Pilih produk-produk makeup yang dibuat oleh brand lokal dan biasanya menerapkan harga yang lebih terjangkau. 
  • Fokuslah pada kualitas produk dan jangan hanya tergiur pada kemasannya.
  • Manfaatkan momen promo untuk mendapatkan harga produk kosmetik yang lebih murah. 

Pahami dan Terapkan Cara makeup Natural dengan Baik 

Cara pakai makeup natural kerap menjadi pilihan banyak wanita dalam kesehariannya. Pada dasarnya hal ini tidak rumit, bahkan hanya membutuhkan produk-produk makeup yang terbilang mudah didapatkan. Pahama dan mulai terapkan tata cara makeup natural dengan tepat, agar penampilan selalu maksimal di setiap kesempatan.

Baca Juga: 7 Merek Make Up yang Dibanderol dengan Harga Fantastis! Cek Disini