Cara Membuat Vlog Lebih Menarik dan Keren untuk Pemula

Kegiatan yang disebut dengan vlogging (video blogging) tersebut juga di inspirasi dari tren dunia internet sebelumnya, blog. Banyak orang yang menjadi cukup terkenal dan kaya melalui blog, begitu halnya dengan vlog. Kegiatan ini bahkan banyak ditekuni sebagai sebuah profesi dan sumber pendapatan utama bagi sebagian orang. Bahkan, anak – anak sekolah dasar pada masa ini banyak yang bercita – cita menjadi seorang vlogger atau youtuber.

Semenjak tahun 2013, Youtube dapat memberikan uang kepada para pengunggah video yang jumlahnya penontonnya banyak melalui adsense. Semenjak hal tersebut, munculah banyak orang yang mengunggah bermacam jenis video yang berbeda – beda ke platform Youtube untuk sekedar hobi ataupun mencari pemasukan. Maka jangan heran bila ada seorang vlogger yang sudah meraup penghasilan hingga miliaran rupiah walau hanya dari video Youtubenya.

Lalu, bagaimana cara membuat vlog yang menarik untuk pemula?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Merencanakan Ide

loader
Merencakan ide

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan ide konten video tersebut. Catatlah konsep – konsep yang muncul dalam pikiran, lalu lakukan breakdown mengenai ide yang paling menarik dan unik. Kamu juga bisa membuat dialy vlog yang dimana hanya merekam kegiatan sehari-hari. Tapi pastikan dengan matang, video yang dibuat memiliki sesuatu hal yang menarik baik itu dari alur setiap videonya ataupun kreativitas dalam mengeditnya.

Ide disini juga termasuk dalam menentukan nama channel Youtube. Kamu bisa menggunakan nama sendiri atau nama lain yang menarik dan unik, sehingga akan lebih mudah diingat oleh para penonton.

Baca Juga: Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses

2. Menyiapkan Peralatan

loader
Menyiapkan peralatan

Setelah menentukan ide – ide dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan sebagai acuan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan. Mungkin banyak orang berpikir bahwa membuat sebuah vlog membutuhkan banyak sekali peralatan, namun tidak pada kenyataannya.

Di zaman yang sudah serba maju ini, kamu sudah bisa membuat vlog hanya dengan ponsel saja. Dengan catatan, kamera dari ponsel tersebut haruslah berkualitas cukup baik. Agar kualitas video semakin bagus, sebaiknya tambahkan beberapa alat seperti tripod, stabilizer, dan satu buah ponsel lain untuk menjadi perekam suara atau mic. Bila ingin menghasilkan karya video yang lebih bagus lagi dengan resolusi yang tinggi gunakan kamera. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Lakukan Pengambilan Gambar, Editing, dan Unggah Video

loader
Lakukan proses pengambilan gambar, editing hingga unggah

Dalam melakukan pengambilan gambar, perhatikan pencahayaan yang baik, sudut pengambilan gambar, dan cinematografi dasar lainnya. Hal – hal kecil tersebut akan membuat video terlihat lebih elegan dan menarik.

Saat editing, dapat menggunakan berbagai software yang mudah digunakan seperti Camtasia untuk sistem operasi Windows dan Screenflow untuk sistem operasi Mac ketika ingin merekam. Saat proses editing, aplikasi yang ramah pengguna dan mudah digunakan salah satu contohnya adalah MovieMaker untuk Windows atau iMovie untuk Mac. Agar lebih bagus dalam proses editing, maka dapat menggunakan berbagai aplikasi tambahan, salah satu contohnya adalah Adobe After Effect yang dapat digunakan untuk editing greenscreen dan sebagainya.

Bagi yang menggunakan ponsel sebagai sarana vlogging, masih bisa menggunakan berbagai aplikasi bantuan dalam pengeditan video. Misalnya saja, PowerDirector, Intro Maker, Editor Video dan masih banyak lagi. Kamu bisa temukan aplikasi ini di playstore atau appstore. Sebaiknya dalam melakukan editing, lakukan pertimbangan komposisi yang baik antara isi konten, kreativitas menggunakan efek hingga durasi video.

Setelah selesai edit video, unggah ke akun Youtube channel dengan pemilihan judul, deskripsi video, dan gambar icon video (thumbnail) yang menarik perhatian. Pemberian tanda pagar tertentu juga akan sangat membantu para calon penonton menemukan video.

4. Promosikan Video

loader
Mempromosikan video

Sebagai permulaan, pasti akan sulit mendapatkan penonton untuk video. Karena itu ada baiknya meminta bantuan dan mempromosikan video melalui media sosial mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram ataupun secara personal ke orang – orang terdekat. Dengan begitu, video akan dapat tersebar dengan cukup luas untuk awal sebelum akhirnya muncul di berbagai suggestion video lain.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Youtuber adalah Profesi yang Menjanjikan

5. Menentukan Tujuan Membuat Vlog

loader
Menentukan tujuan membuat vlog

Tujuan merupakan salah satu hal penting yang harus ditentukan sedari awal ketika ingin menjadi vlogger. Apakah hanya untuk kepuasan pribadi, sekedar hobi, atau ingin mendapatkan uang dari vlog tersebut.

Dengan begitu tentunya akan mempengaruhi kinerja dalam membuat vlog. Misalnya saja, jika hanya keisengan saja, maka kamu dapat mengunggah video kapan saja dan tema video pun dapat berubah-ubah sesuai keinginan. Beda halnya untuk mendapatkan uang, maka harus melakukannya dengan konsep yang jelas. mulai dari pemilihan konten, editing, hingga penjadwakan tayang video di Youtube channel.

Platform Youtube sendiri mempunyai algoritma untuk mempromosikan video yang diunggah secara konsisten dalam tenggang waktu tertentu. Bila benar – benar memiliki niat yang tinggi, maka dapat merekam dan mengedit beberapa stok video terlebih dahulu kemudian menguploadnya setiap hari. Dengan begitu, algoritma dari Youtube itu sendiri akan membuat video lebih mudah ditemukan.

Kuncinya adalah Kreativitas, Ketekunan, dan Kerja Keras

Untuk dapat menjadi seorang vlogger yang dikenal banyak orang dan video disaksikan ribuan hingga jutaan orang. Maka kamu membutuhkan usaha yang setimpal. Semua hal harus dirintis sedikit demi sedikit untuk akhirnya menjadi besar. Selain itu, kreativitas akan berperan penting untuk hal ini. Kamu harus kreatif dalam menentukan persona, tema video, dan juga jeli dalam melihat selera para pengguna Youtube pada saat ini (tren yang sedang booming). Lakukan dengan serius dan tekun untuk menjadi seorang vlogger sukses.

Baca Juga: Pajak Youtuber: Cara Hitung dan Lapor SPT Pakai Form 1770