Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah dan Aman!

Banyak orang menyadari jika menjaga kebersihan dan keputihan gigi sangat berpengaruh terhadap penampilannya. Saat gigi terlihat tidak terawat, atau terlihat kuning, rasa percaya diri seseorang tentu akan menurun drastis. Selain itu, sebagai pintu masuk dari segala asupan yang diperlukan tubuh, kamu perlu memastikan bahwa kondisi gigi dan mulut senantiasa sehat dan terjaga. 

Tidak perlu sampai operasi yang memakan biaya besar, cara paling mendasar untuk mendapatkan kondisi gigi yang sehat dan tampak putih bersih adalah dengan rutin menyikat gigi paling tidak 2 kali sehari. Namun, jika ingin memiliki tampilan gigi yang terlihat lebih memesona dan indah, kamu tentu perlu melakukan langkah ekstra untuk bisa mewujudkannya.

Mulai dari menghentikan kebiasaan meminum kopi atau teh terlalu sering, merokok, serta menyikat gigi dengan pasta gigi dan cara yang lebih tepat. Tidak hanya itu, ada beragam cara lain yang bisa dilakukan agar bisa membuat gigi terlihat lebih putih dan sehat secara alami. Tidak sulit dan dapat dilakukan sendiri menggunakan bahan yang ada di rumah, inilah 8 cara memutihkan gigi secara alami yang layak untuk kamu coba. 

Baca Juga: Serba-Serbi Pemasangan Gigi Palsu, Lakukan Ini agar Gigi Terpasang Sempurna

8 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

loader

Cara Memutihkan Gigi Kuning

  1. Rutin Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

    Sebelum mencoba cara lain untuk membersihkan dan menjaga kecerahan warna gigi, langkah pertama dan utama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kebersihan mulut dan gigi senantiasa terjaga. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kesehatan dan kebersihan gigi terjamin.

    Salah satunya tentu saja rutin menyikat gigi paling tidak 2 kali dalam sehari, 3 kali untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Dengan rutin menyikat gigi, kamu bisa mencegah serta menghilangkan penumpukan noda yang bisa menjadi penyebab gigi tampak kuning dan tidak sehat. 

    Tidak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela gigi yang mungkin masih tertinggal. Caranya dengan menggunakan dental floss atau benang gigi. Jika dirasa perlu, gunakan pula mouthwash untuk memastikan kesehatan dan kebersihan gigi, tapi jangan langsung dilakukan pasca menyikat gigi karena bisa menghilangkan perlindungan pasta gigi. 

  2. Campurkan Baking Soda Saat Menggosok Gigi

    Percaya atau tidak, baking soda sudah sejak lama dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, termasuk menjadikannya tampak lebih putih dan cerah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengganti pasta gigi yang biasa kamu gunakan saat ini dengan pasta gigi yang memasukkan baking soda menjadi salah satu kandungan utamanya.

    Jika tidak menemukan, kamu juga bisa kok membuat pasta gigi dengan campuran soda kue sendiri di rumah. Mudah saja, caranya dengan mencampurkan sekitar 1 sendok teh soda kue dengan air sebanyak 2 sendok teh. Lalu, langsung tambahkan saja larutan baking soda tersebut pada pasta gigi saat akan menggosok gigi untuk bisa mendapatkan manfaat memutihkannya. 

  3. Biasakan Mengonsumsi Buah yang Mengandung Asam Malat

    Selain cara di atas, kamu juga bisa menjadikan gigi tampak lebih putih dan bersih dengan membiasakan diri mengonsumsi buah yang mengandung asam malat. Tidak hanya memutihkan, manfaat dari asam malat ini juga mampu menghilangkan noda yang mungkin tampak pada gigi. 

    Tidak sulit untuk mencari buah dengan kandungan senyawa ini. Jenis buah yang memiliki kandungan tersebut, antara lain, stroberi, apel, dan juga semangka. Manfaat dari asam malat dalam memutihkan gigi ini pun telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian dan studi. 

    Selain mengonsumsi buah yang memiliki kandungan asam malat, sejumlah jenis buah lain seperti nanas, pepaya, dan juga jeruk juga diklaim bermanfaat untuk memutihkan gigi dengan ampuh. Jadi, sembari menikmati buah yang memiliki cita rasa lezat tersebut, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan manfaat untuk menyehatkan dan memutihkan gigi.

  4. Berkumur dengan Oil Pulling atau Minyak Nabati

    Cara memutihkan gigi kuning selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan oil pulling atau minyak nabati. Beberapa jenis minyak nabati, misalnya minyak kelapa, diyakini dapat menjadi alternatif untuk mempercantik tampilan gigi. 

    Alasannya sederhana, yaitu karena minyak nabati memiliki kandungan asam laurat yang mampu mencegah terjadinya peradangan di mulut. Khasiat lainnya dari bahan tersebut adalah menumpas bakteri yang bisa menjadi penyebab munculnya plak sampai menumpuk serta merusak gigi.

    Jika tertarik mencoba cara ini, kamu bisa berkumur menggunakan minyak nabati sebanyak satu sendok makan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Jika dilakukan setiap hari, dijamin gigi akan tampak lebih sehat dan putih bersih. Namun, pastikan untuk tak sampai menelan minyak kelapa dan langsung membuangnya pasca berkumur. 

  5. Hentikan Kebiasaan Merokok Jika Masih Dilakukan

    Tak sedikit pihak yang menyuarakan tentang bahaya merokok dan berbagai dampak buruk yang ditimbulkannya. Di antara beragam efek negatifnya, kebiasaan merokok ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya noda di gigi dan sangat sukar dibersihkan. Bahkan, dalam jangka panjang, merokok juga bisa memicu masalah kesehatan mulut, misalnya, kanker mulut dan radang gusi. 

    Tentu saja kamu harus menghentikan kebiasaan ini jika ingin memiliki tampilan gigi yang lebih putih secara alami. Tidak hanya membuat gigi tampak lebih sehat dan cerah, berhenti merokok bisa membuat tubuh jauh lebih sehat serta terhindar dari berbagai macam risiko masalah kesehatan yang fatal, seperti, gangguan pernapasan, kanker paru, stroke, sampai penyakit jantung. 

    Hal serupa juga berlaku bagi kamu yang masih doyan mengonsumsi kopi, soda, dan teh terlalu sering. Jika memang masih harus mengonsumsi jenis minuman tersebut, pastikan untuk menggunakan sedotan, atau langsung sikat gigi agar tak menimbulkan plak membandel. 

  6. Oleskan Minyak Kelapa pada Gigi secara Merata

    Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, minyak kelapa yang merupakan salah satu jenis minyak nabati mampu membuat gigi terlihat lebih putih. Bahkan, tak sedikit orang yang telah mempraktikkan cara ini dan merasakan hasilnya.

    Untuk caranya sendiri, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ini pada gigi secara merata setelah menggosok gigi. Lalu, diamkan selama sekitar 20 menit, dan bersihkan gigi juga mulut dengan cara berkumur, serta jangan sampai ada yang tertelan secara tidak sengaja. 

  7. Hilangkan Noda Gigi dengan Bubuk Kunyit

    Jika terkena pada pakaian, kunyit memang bisa menyebabkan noda yang sulit dibersihkan. Tapi, hal tersebut tidak berlaku pada gigi karena bubuk kunyit ternyata malah bisa membuat gigi menjadi lebih bersih dan mencerahkannya. Selayaknya saat menggunakan baking soda, manfaat bubuk kunyit ini bisa didapatkan dengan cara membalurkannya pada sikat gigi lalu gosokkan pada gigi.

    Setelah itu, diamkan sekitar 5 menit, dan berkumur sampai bersih. Selanjutnya, gosok gigi menggunakan pasta gigi seperti biasa. Dengan melakukan cara ini secara rutin, dijamin gigi akan tampak lebih bersih dan menghilangkan noda yang mungkin menempel. 

  8. Manfaatkan Active Charcoal atau Arang Aktif

    Cara memutihkan gigi secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan active charcoal atau arang aktif. Kamu tentu tidak asing dengan jenis zat ini karena telah digunakan pula pada sejumlah produk pasta gigi yang ada di pasaran. 

    Meskipun berwarna hitam, arang aktif mempunyai pori yang daya serapnya tinggi sehingga mampu mengikat zat yang membuat gigi tampak kuning dan kecokelatan, contohnya tanin. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu menjaga tingkat keasaman mulut dan mencegah munculnya karang gigi. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menaburkan arang aktif ini pada sikat gigi, maupun mencampurnya dengan air dan digunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Ada 12, Ini Jenis Perawatan Gigi yang Penting untuk Dilakukan

Rasa Percaya Diri Tak Akan Menurun Karena Masalah Gigi Kuning dan Tampak Tidak Sehat

Itulah 8 cara yang bisa dilakukan untuk membuat gigi tampak lebih sehat dan putih. Karena alami, cara memutihkan gigi di atas mungkin baru akan menampakkan hasilnya saat dilakukan secara rutin selama beberapa waktu. Jadi, tetap konsisten demi mengatasi masalah gigi kuning atau tampak tidak sehat agar rasa percaya diri tidak ikut menurun. 

Baca Juga: Jangan Tunggu Sakit, Ketahui Manfaat dan Cara Memilih Asuransi Gigi Terbaik