Cara Mengobati Kutu Air dengan Bahan Alami

Sepele, kecil, tapi sangat mengganggu. Mungkin kata-kata inilah yang dirasakan ketika terjangkit penyakit kulit yang satu ini. Ya, siapa sih yang tidak merasa terganggu ketika kaki atau bagian tubuh yang lain terkena kutu air?

Sudah pasti akan ada perasaan menyesal, mengapa selama ini sangat jarang dan malas untuk mengganti kaus kaki. Hanya karena masalah sepele tersebut, kini Anda harus merasakan rasa gatal, atau perih yang cukup mengganggu.

Mungkin jika bisa memutar waktu, Anda akan menjadi orang paling rajin sedunia yang setiap hari akan mengganti dan mencuci kaus kaki. Namun, itu semua hanya penyesalan saja.

Tidak ada yang bisa dilakukan, ketika terjangkit penyakit mengganggu yang satu ini selain mengobatinya. Eits, jangan sampai salah mengobatinya! Salah-salah, kutu air ini justru akan menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Memang benar, kutu air ini merupakan sebuah penyakit kulit yang menular. Coba bayangkan, terkena kutu air di kaki saja bisa membuat Anda tidak nyaman beraktivitas.

Apalagi, jika penyakit kulit tersebut menjalar ke beberapa bagian tubuh yang lain? Bukan tidak nyaman lagi, mungkin penderitanya tidak akan bisa beraktivitas sama sekali. Lalu, bagaimana cara mengobatinya?

Baca Juga: Bukan Cuma Flu, 6 Penyakit Ini Juga Jadi Langganan di Musim Hujan

Penyebab Kutu Air

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati kutu air, Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. 

Lembap 


Beberapa kondisi yang membuat kelembapan semakin meningkat:

  • Tidak Mengganti Kaus Kaki
  • Menggunakan Kaus Kaki yang Masih Basah
  • Sepatu yang Tertutup, Tebal, dan Ketat
  • Kaki Mudah Berkeringat

Memiliki nama medis tinea pedis atau bahasa kerennya athlete's foot, ternyata penyakit ini dulunya sering dijangkit oleh mereka yang berolahraga secara profesional. Mengapa? Karena para atlet tersebut sering tidak memiliki waktu untuk mengganti kaus kaki selama latihan dan bertanding.

Kemudian, sepatu dan kaus kaki yang lembap tersebut memicu tumbuhnya jamur. Biasanya, jamur-jamur ini muncul di sela-sela jari kaki. Selain karena lembap, jamur tersebut juga tumbuh di daerah atau bagian yang kotor (jarang dibersihkan).

Berinteraksi dengan Air (Terutama Air Kotor

Selain atlet, para ibu rumah tangga juga rentan terjangkit penyakit ini. Aktivitas yang sering melibatkan air dengan kotoran (seperti mencuci pakaian, piring, menjemur, dsb) memicu timbulnya penyakit ini.

Menggunakan Sarana Umum (Toilet, Permandian, Kolam Renang)

Tidak ada yang tahu kebersihan tempat--tempat umum tersebut. Sehingga kutu air bisa muncul, bahkan di bagian lain selain kaki dan tangan. 

Hati-hati, penyakit yang satu ini juga menyebabkan peradangan pada kelenjar getah bening jika terlalu lama tidak diobati.

Baca Juga: Kumis Kucing, Satu Tanaman Berjuta Manfaat

Obat Kutu Air 

loader

Kutu Air

Obat kutu air, sebenarnya ada bermacam-macam. Jika langsung pergi ke dokter, mungkin Anda akan diberi resep salep atau tablet. Namun, Anda juga bisa mengobati salah satu penyakit kulit ini di rumah dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

  1. Tea Tree Oil

    Obat alami yang pertama adalah tea tree oil. Ya, bahan yang satu ini tidak hanya bisa digunakan sebagai campuran skincare rutin tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati kutu air.

    Caranya pun mudah, cukup campurkan tea tree oil ke dalam air (air hangat lebih disarankan). Lalu, rendam bagian tubuh yang terinfeksi menggunakan larutan tersebut selama beberapa menit. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengeringkannya.

    Tea tree oil ini berfungsi untuk membasmi jamur dan mencegah penyebaran jamur. Bak sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui. 

    Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan hal ini secara rutin selama beberapa kali.

  2. Cuka Apel

    Selain tea tree oilsari cuka apel juga bisa digunakan untuk mengobati kutu air di kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya. 

    Berbeda dari tea tree oil yang harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air. Anda hanya perlu merendam bagian tubuh yang terinfeksi dengan sari cuka apel secara keseluruhan. Artinya, tidak ada tambahan air yang digunakan. 

    Sari cuka apel tidak hanya berfungsi untuk membunuh jamur dan mencegah penyebarannya. Namun, bahan yang satu ini juga berfungsi untuk mengontrol keringat sehingga khasiatnya bisa dinikmati dalam jangka panjang.

  3. Hidrogen Peroksida

    Pilihan lainnya adalah Hidrogen Peroksida. Berdasarkan riset di BMC Research Notes pada 2013 lalu, bahan ini merupakan musuh utama dari jamur dan bakteri.

    Caranya hampir sama seperti tea tree oil tadi. Anda cukup melarutkan Hidrogen Peroksida ini ke dalam air biasa (tidak harus hangat) karena efeknya sudah cukup kuat untuk membunuh jamur.

    Namun jika menggunakan bahan yang satu ini, Anda harus sedikit kuat karena akan terasa menyengat di kaki. Jangan kaget juga jika ada bagian yang terluka atau terkelupas. Itu menandakan bahwa cairan tersebut sedang bekerja membunuh bakteri dan jamur.

  4. Teh Hijau

    Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai ganti Hidrogen. Teh hijau sendiri, memiliki zat yang mengandung anti jamur dan zat tersebutlah yang akan melawan jamur-jamur kutu air.

    Cukup seduh 5-6 kantung teh hijau dengan air hangat. Lalu, masukkan bagian tubuh yang terinfeksi ke larutan teh hijau tersebut selama 10-15 menit dan keringkan.

  5. Larutan Garam

    Jika semua cara tersebut masih dianggap terlalu mahal, jangan sedih! Karena Anda bisa menggunakan bahan alami yang paling murah dan bisa ditemukan di dapur. Ya, bagian tubuh yang terjangkit jamur bisa langsung direndam di dalam larutan garam selama 10-15 menit.

    Ulangi kegiatan ini selama beberapa kali hingga kutu air benar-benar menghilang.

Buat Salep dari Bahan Alami

  1. Bawang Putih

    Anda juga bisa membuat sendiri salep alami untuk membunuh jamur penyebab kutu air. Salah satunya, adalah dengan memanfaatkan bawang putih.

    Caranya mudah, cincang bawang putih hingga halus kemudian campurkan dengan olive oil atau tea tree oil. Aduk secara merata dan oleskan ke beberapa bagian tubuh yang terinfeksi. 

    Bawang putih dikenal karena memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri. Zat-zat yang ada di dalamnya bisa langsung membunuh jamur dengan cepat. Penggunaannya juga harus dilakukan secara rutin.

    Jangan lupa untuk membasuh bagian tubuh Anda dengan air bersih dan mengeringkannya ketika semua sudah selesai. Tidak seperti salep biasa, salep alami yang satu ini tidak akan menyatu ke kulit. 

  2. Yoghurt

    Bahan lain yang bisa digunakan untuk menjadi obat kutu air secara alami adalah plain yoghurt. Ingat plain yoghurt bukan yoghurt berbagai macam rasa yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

    Caranya, bersihkan kaki atau bagian tubuh yang terkena kutu air terlebih dahulu lalu keringkan. Setelah itu, Anda bisa langsung mengaplikasikan plain yoghurt ke area tersebut.

    Seperti menggunakan bawang putih, Anda juga harus mencuci bersih bagian yang sudah diolesi.

Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Sebaik-baiknya mengobati, memang lebih baik untuk mencegah. Caranya, dengan menjaga alas kaki Anda agar selalu kering. Ganti dan cuci kaus kaki secara teratur.

Anda juga bisa menaburkan sedikit (tapi menyeluruh) baking soda ke dalam alas kaki yang digunakan seperti sepatu. Bahan alami yang satu ini akan menjaga alas kaki agar tetap kering.

Baca Juga: Kebenaran Tentang Manfaat Bawang Putih Sebagai Penyembuh Virus Corona