Kebenaran Tentang Manfaat Bawang Putih Sebagai Penyembuh Virus Corona

Dewasa ini, virus Corona telah merebakan rasa gentar pada masyarakat di seluruh dunia. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok, ini telah menyebar dan menjangkiti warga di banyak negara. Bahkan, tak sedikit negara yang harus rela warganya kehilangan nyawa akibat infeksi virus tersebut.

Karena hal tersebut, pemerintah dan seluruh tenaga medis dibuat ketar-ketir sebab banyak pasien COVID-19 baru bermunculan setiap harinya. Hal ini membuat tenaga medis kewalahan untuk menangani semua pasien Corona. Belum lagi kemampuan menular dari virus tersebut juga terbilang mengerikan sehingga penanganan harus dilakukan dengan ekstra waspada. 

Namun, di balik kekhawatiran akan virus Corona tersebut, masih ada juga oknum yang menyebarkan berita bohong alias hoax. Di tengah kepanikan yang muncul dan mencari cara untuk mencegah tertular virus Corona, muncul berita tentang khasiat bawang putih untuk menangkal COVID-19. 

Dilansir dari situs resmi kominfo, klaim tentang bawang putih tersebut telah dibuktikan sebagai berita bohong belaka. Bawang putih belum terbukti ampuh dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus Corona. Untuk lebih lengkapnya mengenai khasiat bawang putih tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Klaim Bawang Putih Dapat Menyembuhkan Virus Corona Tidak Benar

loader

Tak beberapa lama lalu, warganet membaca sebuah kabar gembira tentang manfaat bawang putih yang dapat menyembuhkan virus Corona. Dalam informasi tersebut, dijelaskan pula bagaimana tata cara mengolahnya agar dapat menjadi penawar virus mematikan yang membuat geger masyarakat di seluruh dunia tersebut.

Membaca berita tersebut, tak sedikit netizen yang langsung memercayainya tanpa membuktikan kebenarannya terlebih dahulu. Alhasil, berita tentang khasiat bawang putih sebagai obat virus Corona tersebut langsung menyebar secara pesat dan dibaca oleh lebih banyak masyarakat.

Padahal, setelah ditelusuri lebih lanjut, klaim bahwa bawang putih dapat menyembuhkan virus Corona tersebut tidaklah benar atau hoax. Fakta tersebut disampaikan oleh dr Dirga Sakti Rambe, selaku ahli vaksin di OMNI Hospitals Pulomas. 

Dalam penjabarannya, dr Dirga menyatakan bahwa hingga kini, vaksin atau obat untuk penyembuhan virus Corona masih belum tersedia. Meski peneliti telah banyak yang berusaha untuk menemukan penangkal COVID-19, kebanyakan masih memerlukan penelitian lebih lanjut serta uji coba yang lebih spesifik kepada manusia. 

Tentunya, saat telah teruji dan terbukti dapat menyembuhkan penderita COVID-19, vaksin virus Corona tersebut akan langsung diproduksi masal. Dengan begitu, seluruh negara yang memiliki kasus virus tersebut dapat segera menyembuhkan warganya yang terjangkit dengan virus Corona. Jadi, sebelum datang kabar resmi tentang vaksin atau obat penyembuh virus Corona, hindari untuk langsung memercayai berita tentang ditemukannya penangkal virus tersebut. 

Baca Juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kenali Jenis Empon Empon dan Khasiatnya

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan yang Sebenarnya

Bawang putih memang tidak terbukti dapat menyembuhkan virus Corona, namun, jenis tanaman umbi tersebut ternyata memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Bahkan, beberapa diantaranya ada yang dapat mencegah tertularnya, serta meredakan gejala yang ditimbulkan oleh COVID-19, seperti batuk dan pilek. Jadi, mengonsumsi bawang putih masih bisa dibilang dapat membantu tubuh agar lebih mampu menangkal virus Corona.

  1. Mampu Membuat Tubuh Lebih Bertenaga

    Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga stamina tubuh. Melalui rutinitas sehari-hari atau beban pekerjaan, tidak jarang seseorang akan merasa lelah dan letih. Kurang mendapatkan istirahat juga dapat membuat stamina tidak prima sehingga kapasitas untuk bekerja menjadi berkurang.

    Percaya atau tidak, masalah tersebut dapat teratasi dengan mengonsumsi bawang putih. Khasiat bawang putih ini telah dikonfirmasi pada sebuah studi yang menyatakan bahwa rasa lelah karena berolahraga bisa dikurangi dengan mengonsumsi bumbu dapur tersebut. Jadi, tubuh akan lekas berstamina lagi dan dapat beraktivitas seperti biasa.

    Dalam beberapa kasus virus Corona, diketahui bahwa penderitanya dapat merasa kurang bertenaga dan selalu merasa lelah. Hal tersebut tentu dapat sedikit diatasi dengan rutin mengonsumsi bawang putih. Dengan begitu, rutinitas sehari-hari tetap dapat dijalankan tanpa gangguan yang berarti.

  2. Mencegah Datangnya Flu

    Bawang putih mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga gejala flu dapat segera teratasi. 

    Namun, perlu diingat pula bahwa salah satu jenis bawang ini hanya meringankan gejala yang disebabkan oleh flu. Untuk lebih amannya, pastikan untuk mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, penyakit yang diderita dapat segera sembuh. 

  3. Mengatur Kadar Gula Darah

    Bawang putih memiliki khasiat untuk mengatur gula darah dalam tubuh dan meningkatkan insulin. Dengan begitu, kadar gula dalam darah dapat terkendali, terutama pada penderita penyakit diabetes. Karena menjaga kadar gula dalam darah adalah suatu perkara yang penting.

  4. Dapat Mengaktifkan Enzim Pembuang Racun dalam Tubuh 

    Bawang putih mengandung Allicin yang berguna untuk mengaktifkan enzim pembuang racun dalam tubuh. Allicin adalah antioksidan kuat dan mampu menghalau radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan atau gangguan kesehatan pada tubuh, termasuk masalah pada organ hati. Khasiat bawang putih ini juga dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur. 

  5. Mengatasi Penyakit Hipertensi

    Hipertensi adalah pemicu utama dari penyakit paling mematikan di dunia, serangan jantung serta stroke. Meski tidak menimbulkan gejala yang membahayakan, hipertensi harus segera ditangani karena dapat menimbulkan penyakit lain yang lebih kronis. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih.

    Diketahui bahwa 600 sampai 1500 mg ekstrak bawang putih memiliki efek yang setara dengan khasiat yang diberikan oleh obat atenolol saat dikonsumsi. Jadi, dalam kurun waktu sekitar 24 minggu, rutin mengonsumsi ekstrak bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

  6. Menjaga Ritme Jantung Tetap Teratur

    Bagi Anda yang merasa memiliki ritme jantung yang tidak teratur, bisa jadi mengonsumsi bawang putih dapat menjadi solusinya. Bawang putih dipercaya mampu menjaga ritme jantung agar tetap teratur. Dengan begitu, risiko terjadinya gangguan jantung dapat dihindari.

  7. Menekan Risiko Munculnya Sel Kanker

    Khasiat bawang putih selanjutnya adalah sebagai antikanker dalam tubuh dan membuat sel kanker lebih sukar untuk berkembang. Khasiat antikanker yang dimiliki oleh bawang putih tersebut berasal dari kandungan yang disebut Allyl Sulfide yang mampu memperbaiki kerusakan pada DNA dan mencegah kanker, terutama kanker paru.

    Bawang putih sebagai antikanker ini akan dapat bekerja dengan lebih baik jika dikonsumsi secara mentah. Agar tidak terasa terlalu pahit, Anda dapat memotongnya terlebih dahulu baru dikonsumsi. Nasihat ini dikutip melalui penuturan oleh seorang dokter dari website Klik Dokter. 

  8. Meningkatkan Kualitas Gigi dan Tulang

    Pada wanita, bawang putih memiliki khasiat untuk menghambat tubuh dalam mengurangi produksi hormon estrogen pasca menopause. Fungsi dari estrogen setelah menopause adalah untuk menjaga tulang agar tetap padat. 

    Sedangkan untuk kesehatan gigi, bawang putih yang dioleskan pada sumber sakit gigi dapat meredakan rasa nyerinya. Hal ini terjadi karena bawang bersifat antibakteri dan juga analgesik. 

    Namun, perlu dipahami jika pengolesan ini dapat menyebabkan gusi iritasi. Jadi, gunakan bawang putih secukupnya untuk meredakan rasa sakit pada gigi akibat terinfeksi bakteri.

  9. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

    Penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung dapat terjadi karena adanya penyempitan karena gumpalan pada pembuluh darah. Dengan mengonsumsi bawang putih, darah dalam tubuh akan menjadi lebih tipis sehingga tidak mudah menggumpal di pembuluh darah. Hal tersebut juga membuat zat besi lebih mudah mengalir dalam tubuh dan menyehatkan kinerja jantung. 

  10. Disarankan untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Hipertiroidisme

    Memiliki kadar yodium tinggi, bawang putih terbukti ampuh menjadi salah satu obat alternatif bagi penderita hipertiroidisme. Karenanya, tak sedikit pasien dengan gejala penyakit tersebut yang kondisi kesehatannya membaik setelah rutin mengonsumsi bawang putih. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!

Tidak Terbukti Dapat Menyembuhkan Corona, Bawang Putih Masih Memiliki Khasiat Hebat bagi Kesehatan

Kabar tentang khasiat bawang putih sebagai obat penyembuh virus Corona memang telah dibuktikan sebagai berita bohong. Namun, tanaman jenis umbi tersebut masih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terlebih untuk menjaga sistem imun tubuh. Untuk itu, pastikan untuk tetap mengonsumsi bawang putih agar mendapatkan manfaat kesehatannya.  

Baca Juga: Berbagai Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, Apakah Mampu Cegah Corona?