Cara Mudah Mengajukan Visa Kanada agar Potensi Diterimanya Lebih Tinggi

Sebagai negara yang bersandingan dengan Amerika Serikat, hampir seluruh masyarakat dunia tentu tidak asing dengan Kanada. Ya, negara dengan julukan Negeri Pecahan Es ini memang cukup digandrungi karena memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan dan wajib untuk dikunjungi.

Bahkan, saking menakjubkannya, Kanada sempat terpilih sebagai negara yang wajib dikunjungi traveler oleh Lonely Planet pada tahun 2017 lalu. Tak hanya itu, Kanada juga digadang-gadang sebagai salah satu negara dengan masyarakat yang paling ramah di dunia. Tak ayal banyak pelancong dari banyak negara yang ingin bersinggah ke negara tersebut untuk sementara waktu.

Berbicara soal bepergian ke Kanada, tahukah Anda bahwa setiap warga negara asing yang berada di wilayah tersebut harus memiliki visa? Tidak hanya berlaku di Kanada, kepemilikan visa bagi warga asing juga berlaku di hampir seluruh negara di seluruh dunia. Oleh karena itu, pastikan untuk mengurus kebutuhan dokumen resmi saat ingin berkunjung ke Kanada.

Cara pengajuan visa Kanada ini juga tidak terlalu sulit. Jika dibandingkan dengan visa Amerika Serikat, warga Indonesia akan jauh lebih dimudahkan saat mengurus visa Kanada. Nah, daripada bingung bagaimana caranya, yuk simak panduan membuat visa Kanada beserta persyaratannya berikut ini. 

Baca Juga:  Mengingatkan: Sudahkah Anda Terlindungi Asuransi Perjalanan?

Kenapa Harus Memiliki Visa Kanada?

visa kanada

Sudah banyak dipahami jika ingin bepergian ke negeri orang, wisatawan tak hanya perlu memiliki tiket perjalanan dan paspor, namun juga visa. Secara singkat, yang dimaksud dengan visa adalah dokumen resmi yang menjadi bukti izin bahwa warga negara asing dapat berada dan bersinggah di wilayah suatu negara dalam jangka waktu tersebut.

Jika diketahui seorang warga negara asing tidak memiliki dokumen izin tersebut, maka, pihak petugas yang bersangkutan memiliki hak untuk mencekal dan memaksa pulang warga asing tersebut ke negara asalnya. Karena alasan tersebut pulalah mengapa setiap turis asing diwajibkan untuk memiliki visa saat akan bepergian ke luar negeri.

Dalam mengurus visa, pemohon diharuskan untuk menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat pengajuan. Kelengkapan berkas persyaratan tersebut memiliki andil cukup besar pada potensi diterimanya pengajuan visa suatu negara. 

Selain itu, terdapat beberapa tahapan pengajuan visa yang harus dilewati. Beberapa negara  memang memiliki kebijakan yang longgar bagi warga asing yang ingin mengurus visa. 

Namun, ada pula negara yang memiliki aturan yang cukup ketat dalam memberikan visa, sebagai contoh adalah Amerika Serikat dan Kanada. Jadi, pastikan untuk mengikuti seluruh panduan dan berkas yang harus disiapkan saat akan mengurus visa Kanada

Berkas yang Harus Disiapkan untuk Mengajukan Visa Kanada

Seperti halnya pembuatan visa di negara lain, Kanada juga memiliki beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap pemohon. Jika diketahui pemohon tidak melengkapi berkas atau dokumen syarat yang diminta, kemungkinan pengajuan visa tersebut ditolak akan menjadi semakin tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk telah menyiapkan seluruh berkas persyaratan visa Kanada berikut ini.

1. Tiket Pesawat dan Akomodasi

Berkas pertama yang harus dibawa oleh pemohon visa Kanada adalah bukti tiket pesawat. Bukti tiket pesawat ini berguna untuk menunjukkan kapan waktu keberangkatan pemohon menuju Kanada. Jadi, jaga baik-baik bukti reservasi tiket pesawat untuk ditunjukkan kepada pihak pembuat visa Kanada.

Selain tiket pesawat, bukti booking penginapan yang bakal ditinggal selama di Kanada juga harus ditunjukkan. 

Saat pemohon akan bersinggah di rumah kerabat atau saudara, maka bukti kepemilikan rumah atau kontrak dan surat keterangan dari walikota setempat harus sudah dibuat. Surat pernyataan mengenai berapa lama akan singgah dan alamat lengkap tempat tinggal di Kanada juga wajib diberikan kepada petugas pembuat visa. 

2. Asuransi Perjalanan

Berkas yang menjadi syarat mengajukan visa Kanada selanjutnya adalah asuransi perjalanan. Kepemilikan asuransi perjalanan ini menjadi syarat mengajukan visa Kanada karena dapat memastikan bahwa perjalanan pemohon terjaga. Untuk itu, lampirkan polis asuransi perjalanan saat akan mengajukan visa Kanada. 

3. Formulir Aplikasi

Sebelum berangkat menuju kantor VFS Indonesia untuk mengurus visa Kanada, pemohon juga harus telah memiliki formulir aplikasi visa. Formulir aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis melalui situs resmi VFS atau melalui kantornya langsung yang berada di Kuningan City Mall. 

4. Paspor 

Sebagai identitas resmi di luar negeri, pemohon visa Kanada juga wajib telah memiliki paspor yang masih aktif. 

5. Pas Foto

Selain paspor, pemohon juga harus menyiapkan pas foto berukuran 3,5 x 4,5 sentimeter dengan latar belakang putih. Pastikan foto bergaya formal dan memperlihatkan bentuk telinga dengan jelas. 

6. Bukti Keuangan dan Surat Keterangan 

Tak hanya itu, bukti keuangan serta surat keterangan kerja wajib untuk dilampirkan oleh pemohon yang berprofesi sebagai karyawan. 

Bukti keuangan yang dilampirkan bisa berupa rekening koran pada tiga bulan terakhir dan telah dilegalisir oleh bank. Sedangkan, surat keterangan kerja menjadi syarat pembuatan visa karena menjadi bukti bahwa pemohon telah memiliki pekerjaan tetap dan pasti akan kembali ke Indonesia. 

Bagi berprofesi sebagai wirausahawan, pemohon dapat melampirkan SIUP dan ibu rumah tangga dapat menunjukkan surat keterangan kerja dari sang suami. Untuk pelajar, pemohon wajib melampirkan surat keterangan dari universitas atau sekolah.

7. Itinerary

Terakhir, pemohon visa Kanada harus membawa rencana perjalanan atau itinerary yang telah dibuat dengan detil dengan berisi hari, tanggal, jam, serta lokasi atau kegiatan apa yang akan dilakukan. Berkas ini wajib dilampirkan karena pengurus visa akan mampu mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilakukan di Kanada beserta waktunya. Jadi, dengan membuat rencana perjalanan, potensi diterimanya pengajuan visa akan menjadi lebih tinggi.

Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan Bisa Online dan Offline, Cek Disini

Alur Pembuatan Visa Kanada

Sebenarnya, pembuatan visa Kanada bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara online dan offline. Perbedaan dari kedua cara tersebut hanya pada keperluan mencetak formulir aplikasi visa dan formulir khusus pengajuan offline saja. 

Selebihnya, alur pengajuan visa Kanada secara online dan offline tidak jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai cara pembuatan visa Kanada, berikut adalah tahapan yang harus dilalui oleh setiap pemohonnya. 

1. Melakukan Cek Kelayakan

Sebelum memutuskan untuk mengajukan visa Kanada, pemohon diharap telah melakukan pengecekan akan keberhakan memiliki visa tersebut. Untuk memastikan hal tersebut, pemohon dapat mengunjungi situs www.canada.ca dan menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur. 

Setelah melakukan pengecekan tersebut, pemohon akan mendapatkan kode referensi personal yang dibutuhkan untuk mendaftar akun pembuatan visa Kanada.

2. Mengisi Formulir

Adapun beberapa formulir yang harus diisi oleh pemohon visa Kanada, seperti formulir visa kunjungan sementara, data keluarga, dokumen checklist, serta surat pernyataan VFS

3. Pembuatan Akun

Setelah semua dokumen formulir tersebut terisi, pemohon dapat melakukan pembuatan akun pengajuan visa secara online. Akun ini nantinya berguna untuk mengajukan aplikasi visa, membayar biayanya, serta melihat status permohonan visa.

Akun pengajuan visa tersebut juga berguna untuk memilih jenis visa apa yang diminta oleh pemohon, seperti, visa pengunjung, visa belajar, visa bekerja, dan lain sebagainya. Kode referensi personal yang didapatkan sebelumnya juga akan diminta pada akun tersebut, beserta formulir pengajuan visa dan seluruh dokumen syarat yang telah disiapkan.

4. Pembayaran

Setelah dokumen syarat yang diunggah sudah diverifikasi, pemohon akan dibawa ke halaman situs untuk melakukan pembayaran biaya visa. Besaran biaya visa Kanada adalah 100 Dolar Kanada atau sekitar 1 jutaan Rupiah. 

5. Mengunjungi Kantor VFS

Dengan melunasi pembayaran visa, pemohon akan mendapatkan bukti pembayaran yang bisa ditunjukkan ke kantor VFS. Terdapat dua kantor VFS yang bisa dikunjungi, yakni yang berlokasi di Jakarta dan Bali. Dengan alamat lengkap berikut:

*Jakarta:

Kuningan City Mall, Lt. 2 No. L2-19

Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta

12940

*Bali:

Benoa Square 3rd floor No. 7-9.3/A

Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A

Kedongan, Kuta, Bali

80361

Di kantor VFS yang dikunjungi, pemohon dapat langsung menuju loket dan menyerahkan paspor, bukti pembayaran, dan pas foto. Kemudian, pihak VFS akan memberikan tanda terima untuk mengambil visa nantinya.Selang waktu empat sampai lima hari kerja, pemohon akan mendapatkan notifikasi pengambilan visa melalui email jika diterima. 

Masa aktif visa Kanada disesuaikan dengan paspor dan bersifat multi entry. Jadi, bagi Anda yang baru saja memperpanjang masa berlaku paspor, maka visa Kanada yang didapatkan akan tetap aktif selama lima tahun ke depan dan dapat digunakan berulang kali. 

Pengajuan Visa Berhasil, Saatnya Meluncur Ke Kanada

Pengajuan visa Kanada memang tidak sesulit negara tetangganya, Amerika Serikat. Meski begitu, mengajukan visa Kanada tetap harus dilakukan dengan tertib dan sesuai aturan agar permohonan visa diterima. Dengan begitu, impian menginjakkan kaki di Negeri Pecahan Es tidak menjadi isapan jempol belaka. 

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan