Cara Sukses Bisa Kuliah ke Korea Selatan

Biasanya para pecinta musik dan drama Korea atau biasa di sebut Kpopers, tidak hanya jatuh hati dengan para artisnya tapi juga negara dan kebudayaan Negara Gingseng ini. Nah, tentu untuk kamu para Kpopers pasti pernah berkeinginan untuk bisa menimba ilmu ataupun melanjutkan kuliah disana.

Terus kenapa masih belum berangkat juga?

Impian kamu untuk jadi mahasiswa di Korea Selatan bisa diwujudkan kok, asal kamu tau langkah-langkahnya terlebih dahulu. Ini dia caranya biar bisa berkuliah ke salah satu universitas di Korea Selatan dengan mudah bahkan gratis.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Salah Satu Gedung Universitas Ternama Korea Selatan, Yonsei University
Salah Satu Gedung Universitas Ternama Korea Selatan, Yonsei University

1. Mendaftar Melalui Seleksi Kedubes Korea Selatan

Melalui cara ini, kamu bisa memilih maksimal 3 Universitas yang diinginkan, dan Kedubes sendiri yang akan mengirimkan aplikasi pendaftaran kamu ke masing-masing universitasnya. Jika kamu lolos maka tahap seleksi berikutnya adalah wawancara dan tes kesehatan yang langsung dilakukan di kantor Kedubes Korea Selatan.

Baca Juga: Liburan Berkesan dan Murah untuk Para Kpopers Sejati

2. Melalui Program Beasiswa KGSP (Korean Goverment Scholarship Program)

Jika ingin kuliah gratis ke Korea, kamu bisa mengikuti program beasiswa ini. Untuk info lebih lengkapnya kamu bisa lansung mengunjungi website resminya http://www.niied.go.kr . Tidak hanya ke Korea, KGSP juga memberikan bantuan dana beasiswa ke negara Jepang.

3. Mendaftar ke Program Beasiswa dari Universitasnya Langsung

Universitas-universitas di Korea masing-masing memiliki program beasiswa yang memang dikhuskan untuk para calon mahasiswa asing. Seperti Beasiswa Ewha Womans University (http://www.ewha.ac.kr) dan Beasiswa KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology) (http://www.kaist.edu). Cara ini biasanya lebih cepat di proses daripada program beasiswa dari pemerintah.

4. Mengikuti Voluntering Program

Kamu tidak bisa langsung kuliah ke Korea sih melalui program ini, karena ini adalah program untuk relawan di bidang pendidikan. Tapi, sertifikat yang kamu dapatkan dari program ini akan sangat berguna untuk memudahkan kamu mendapatkan beasiswa kuliah bahkan bekerja ke Korea selatan.

 

AIESEC (Association internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales) adalah salah satu organisasi relawan terkenal di Indonesia, ini dia website resmi untuk informasi lengkapnya http://aiesec.or.id/

5. Mendaftar Langsung ke Website Resmi Universitas yang Kamu Inginkan

Jika kamu ingin cara yang lebih cepat lagi, bisa langsung mendaftar ke Universitas Korea Selatan impian kamu. Tinggal kunjungi website resminya dan ikuti segala persyaratannya. Tenang saja kamu tidak langsung di wawancarai menggunakan bahasa Korea, tapi menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

Mulai Menyicil Belajar Bahasa Korea

Jika kamu memang sudah memantapkan hati untuk melanjutkan pendidikan ke Korea maka kamu juga harus sudah mempersiapkan diri dengan bahasanya. Dan jangan lupa untuk lebih mengasah bahasa inggris kamu juga. Karena untuk mahasiswa asing di Korea Selatan wajib menggunakan bahasa Inggris dan Korea sebagai bahasa pengantarnya.

Baca Juga: Ini Dia 10 Idol Terkaya di Korea Tahun Ini, Siapa Biasmu?